Dana Pengamanan Pilkada Mentawai Dan Payakumbuh Dikucurkan


Selasa, 08 November 2016 - 23:58:08 WIB
Dana Pengamanan Pilkada Mentawai Dan Payakumbuh Dikucurkan Petugas keamanan terlibat baku hantam dengan pengunjuk rasa pada salah satu rangkaian simulasi pengamanan Pilkada. Dua daerah di Sumbar masing-masingnya Mentawai dan Payakumbuh yang akan menggelar Pilkada serentak 2017 mendatang, sudah mengucurkan dana pengamanan kepada pihak kepolisian.

PADANG, HALUAN — Genderang Pilkada serentak 2017 di Sumbar, sudah ditabuh. Dua daerah yang akan menghelat pesta demokrasi lima tahunan itu, masing-masingnya Kabupaten Mentawai dan Kota Payakumbuh, telah pula mengucurkan dana pengamanan untuk menyukseskan Pilkada yang akan digelar Februari 2017 mendatang.

Kapolres Mentawai, AK­­BP Hasanuddin menye­but­kan, dana pengamanan Pil­kada Mentawai 2017 diang­garkan sebesar Rp2,2 miliar. “Untuk dana penga­manan kami sudah terima sebesar Rp1 miliar, sisanya Rp1,2 miliar, masuk dalam pen­cairan tahap kedua yang di­jadwalkan pada awal 2017,” kata Hasanuddin, Selasa (8/11).

Jumlah personel yang akan dilibatkan dalam penga­manan itu terang Hasa­nud­din, sedikitnya akan diter­junkan sebanyak 261 per­sonel. Dengan rincian 171 personel dari Polres Men­tawai dan 90 personel lainnya Bantuan Kendali Operasi (BKO) dari Polda Sumbar.

“BKO itu terdiri dari 30 personel dari Ditsbahara, Pol Air 30 personel dan 30 perso­nel dari Brimob,” jelasnya seperti diwartakan antara­sumbar.com.

Ia menambahkan, untuk penempatan personel BKO tersebut, 30 personel Dits­bahara akan ditempatkan di Polres Mentawai, 30 per­sonel Brimob ditempatkan di Ke­po­lisian Sektor (Pol­sek) Sika­kap dan Polsek Sioban Pulau Sipora, dan 30 personel Pol Air di­tem­patkan di Polsek Muara Sikabaluan dan Polsek Mua­ra Siberut, Pulau Siberut.

Sebagaimana diketahui, Pilkada Mentawai 2017 akan diikuti dua pasangan calon masing-masingnya Rijel Sa­mo­loisa-Binsar Sa­le­leubaja dan pasangan Yu­das Sabag­galet-Kortanius Sabeleakek.

Sementara Pemko Pa­ya­­kumbuh juga sudah me­nye­rahkan dana hibah se­be­sar Rp1,7 miliar kepada Polres setempat untuk pe­nga­ma­nan Pilkada. Penye­rahan dana hibah tersebut ditandai de­ngan penan­datanganan nas­kah peker­jaan hibah oleh Kapolresta Payakumbuh AK­BP Kus­woto dengan Plt. Walikota Payakumbuh, Pria­­­di Syu­kur, Senin (7/11) lalu.

Priadi menyebutkan, be­sa­ran hibah yang diserahkan ke Polres Payakumbuh itu telah disusun dengan me­ngacu pada standar biaya sesuai aturan, serta perun­dang-undangan yang ber­laku. Ia mengatakan, penga­manan Pilkada itu dimulai dari tahap persiapan, pe­nyelenggaraan, hingga di­lantiknya kepala daerah terpilih.

Kapolres Kota Paya­kum­buh, AKBP Kuswoto ter­pisah mengatakan, pihaknya akan menurunkan 296 per­sonil untuk mengamankan Pilkada Payakumbuh 2017 men­da­tang. Jumlah tersebut me­ning­kat dibanding pelak­sanaan Pilgub Sumbar 2015 lalu. Hal itu disebabkan ada­nya penambahan jumlah Tem­pat Pemungutan Suara (TPS).

“Personil yang di­tu­gas­kan itu siap me­ngamankan Pilka­da, termasuk untuk antisipasi dini jika ada po­tensi-potensi gangguan ke­amanan selama tahapan pesta demokrasi itu ber­langsung,” katanya. (h/yan)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]