Pertunjukan Seni Meriahkan Pembukaan FKI ke 9


Rabu, 09 November 2016 - 00:02:29 WIB
Pertunjukan Seni Meriahkan Pembukaan FKI ke 9 Rektor ISI Padang Panjang Novesar Jamarun, Sekretaris Dirjen Pembelajaran dan Kemahasiswaan Sutrino Wibawa dan Gubernur Sumbar Irwan Prayitno menabuh gendang pertanda dibukanya FKI-9 di ISI Padang Panjang, Selasa (8/11). (APIZ JACKSON)

PADANG PANJANG, HALU­AN — Berbagai pertunjukan seni dari para delegasi mampu mena­rik antusias dan perhatian ratusan hadirin dalam kegiatan pem­bu­kaan Festival Kesenian Indonesia (FKI) ke-9 yang digelar di kam­pus Institut Seni Indonesia (ISI) Padang Panjang, Selasa (8/11).

Saat pembukaan FKI tersebut setiap delegasi dari masing-masing perguruan tinggi seni mempertontonkan pertunjukan seni dan budaya khas daerah mereka di Lapangan Hijau ISI Padang Panjang setelah mela­kukan pawai budaya dari Kantor Balaikota Padang Panjang menuju Kampus ISI Padang Panjang.

Iven FKI kali ini diikuti oleh sembilan perguruan tinggi seni di antaranya, ISI Padang Panjang, ISI Yogyakarta, ISI Surakarta, ISI Denpasar, ISBI Bandung, ISBI Aceh, ISBI Papua, Institut Ke­senian Jakarta dan Sekolah Tinggi Kesenian Wilwatikta Surabaya. 

Rektor ISI Padang Panjang Prof Dr Novesar Jamarun, MS dalam sambutannya mengatakan, FKI ke-9 yang digelar di ISI Padang Panjang ini, akan menjadi wahana yang memiliki kontribusi dalam pengayaan pemikiran dan gagasan artistik dan juga mampu me­num­buhkan spirit kreatifitas yang tak pernah mengenal kata takluk, terutama dalam merespon dina­mika dan perkembangan kesenian di tengah-tengah masyarakat.     

“Iven FKI ini bukan sekedar ajang untuk kembali menuangkan kekayaan estetik dan konsepsi-konsepsi kesenian di tengah kehidupan kita yang penuh ke­beragaman. Lebih dari itu, ajang ini mendorong kita untuk me­neguh­kan kembali semangat reflektif, semangat kotemplatif, semangat muhasabah atau di­as­pora dalam menilai kembali peran institusi kita bagi perkembangan seni dan budaya bangsa kita ini,” ujar Novesar Jamarun. 

Sementara, Gubernur Pro­vin­si Sumatera Barat Irwan Prayitno yang juga menghadiri pembukaan FKI ke-9 ini sangat mengapresiasi kegiatan Festival Kesenian Indo­nesia yang digelar di kampus ISI Padang Panjang ini.

 ”Kegiatan ini sangat bagus untuk mempertahankan seni dan budaya kita di Indonesia, semoga dengan kegiatan ini Seni dan Budaya yang ada akan semakin maju dan tak pudar oleh ke­canggihan zaman. Gubernur siap membantu apapun kegiatan seni yang digelar ISI Padang Panjang,” sebut Irwan Prayitno saat pem­bu­kaan FKI-9 di kampus ISI Padang Panjang sore kemarin. (h/mg-pis)




Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
BERITA TERKAIT

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM