ASN Pasbar Diingatkan Jauhi Pungli


Rabu, 09 November 2016 - 00:09:14 WIB
ASN Pasbar Diingatkan Jauhi Pungli Wakil Bupati Pasbar, Yulianto saat memasangkan PIN Anti Pungli ke perwakilan ASN di Lingkungan Pemeritah Daerah Pasaman Barat. (IDEN)

PASBAR, HALUAN — Aparatur SipirNegara (ASN) Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar) jangan sampai ada yang terlibat pungli. Hal ini ditegaskan Wakil Bupati Pasbar, Yulianto pada acara Penyematan PIN Anti Pungli Pemerintah Daerah Kabupaten Pasbar di Halaman Kantor Bupati Pasaman Barat, Senin (7/11).

Dalam sambutannya, Yulianto menyam­paikan, seluruh ASN Pasbar harus benar-benar bertanggungjawab penuh dalam melaksanakan tugas serta memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat terkait pelayanan publik. Selain itu disiplin pegawai juga harus ditegakkan demi peningkatan kinerja ASN di Pasbar.

“Saya tidak ingin ada ASN Pasbar yang melakukan pungli. Karena setiap bentuk pungutan yang tidak punya dasar hukum adalah pungli. Pungli harus diberantas karena akan merusak tatanan pemerintahan. Sebagai abdi negara dan abdi masyarakat kita harus ber­tanggung jawab untuk pelayan yang baik. Pelayanan tanpa pungli,” tegas Yulianto.

Disamping itu, Yulianto juga menekankan tanggungjawab besar yang harus diemban seorang ASN. Seperti disiplin yang menjadi sebuah kewajiban bagi ASN. “Saya tidak mau mendengar ketidakhadiran ASN yang sama setiap apel gabungan. Hal ini perlu ditin­daklanjuti. Kepada BKD saya intruksikan untuk memberikan sanksi tegas kepada ASN yang tidak disiplin. Bagaimana kita bisa mendapatkan kinerja maksimal apabila kehadiran kita saja masih bermasalah,” ingatnya.

Yulianto berharap, dengan penyematan PIN Anti Pungli yang diberikan kepada beberapa SKPD yang berhubungan langsung dengan pelayanan publik seperti, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, BPMT2T Pasbar, Dispenda dan lain-lain dapat terhindar dari praktik pungli yang dapat merusak citra pemerintah khususnya Pemerintah Kabupupaten Pasaman Barat.

Sementara itu, Sekda Pasbar, Manus Handri, dalam kesempatan yang sama juga menegaskan penyematan PIN Anti Pungli adalah sebuah bentuk deklarasi dan pernyataan sikap yang tegas dari pemerintah daerah terhadap segala bentuk praktik pungli di Pasbar. “Penyematan PIN Anti Pungli ini adalah untuk kita bersama. Saya harap hal ini bukan hanya sebatas seremonial belaka. Akan tetapi benar-benar merupakan pernyataan sikap kita bersama. Bersama menolak pungli,” pungkas Manus. (h/idn)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM