Tak Gunakan Kartu Parkir Meter, Kendaraan Digembok dan Ditilang


Rabu, 09 November 2016 - 00:10:50 WIB

PADANG, HALUAN —  Pe­ringa­tan keras dikeluarkan oleh Pemerintah Kota Padang untuk pemilik kendaraan yang parkir tidak menggunakan system parkir meter di Jalan Pondok, Niaga dan Permindo.

Dalam waktu dekat, akan dilakukan penindakan kepada kendaraan yang tetap membandel berupa penggembokan dan pe­nilangan.

Kadishubkominfo Kota Pa­dang, Dedi Henidal mengatakan langkah penggembokan dan pe­nilang­an ini sedang dibahas dengan beberapa Instansi yang bertugas untuk mensukseskan Parkir Meter.

Pasalnya setelah dilakukan tinjauan dan mengkaji selama dua bulan terakhir, kesadaran masya­rakat untuk menggunakan parkir meter masih rendah dan juru parkir liar masih banyak yang berkeliaran.

“Jika tidak ada penindakan, kebijakan dan komitmen Walikota Padang untuk menata sistem perparkiran di Kota Padang ini tidak akan jalan. Jadi kami ber­sama beberapa instansi sedang merumuskan bagaimana skenario dan pola penindakan ini nantinya.

Yang jelas, kendaraan yang tidak parkir sesuai marka jalan Parkir Meter akan digembok dan pemiliknya akan ditilang jika tidak menggunakan system parkir meter,” katanya.

Sementara itu Kepala Cabang PT MATA, Hardian mengatakan di ruas jalan yang ada Parkir Meter sudah ada juru parkir resmi. Jika pengendara ingin parkir, petugas parkir meter yang akan mengaturnya nanti.

“Jika ingin parkir di Jalan Permindo, Niaga dan Pondok, juru parkir resmi kami sudah ada. Mereka menggunakan seragam parkir meter. Jadi mintalah ke­ama­nan kepada mereka,” kata Hardian.

Karena Parkir Meter tidak menggunakan uang tunai melain­kan dengan kartu digital, meng­gunakan kartu, Hardian menga­rah­kan pemilik kendaraan bisa membelinya kepada juru parkir yang sedang stand by disana dengan harga yang beragam.

Untuk Kartu seharga Rp20 ribu akan mendapatkan saldo Rp10 ribu, Kartu seharga Rp30 ribu untuk saldo Rp20 ribu dan Rp60 ribu untuk saldo Rp50 ribu.

“Kami meminta agar pemilik kendaraan tidak menggunakan sistem parkir manual yang lama lagi. Dengan adanya parkir meter ini, jaminan dan keamanan ken­da­raan selama terparkir adalah tanggung jawab dari PT MATA.

Jika tidak mengerti bagai­mana system parkir meter, kami selalu menugaskan pemandu di lokasi parkir meter, termasuk bagaimana mengisi ulang saldo di dalam kartu,” kata Hardian. (h/mg-ang)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM