BERSIAP JADI PERCONTOHAN

UPTD Pasar Alai Tertibkan PKL


Rabu, 09 November 2016 - 00:12:02 WIB

PADANG, HALUAN — UPTD Pasar Alai tertibkan kurang lebih 30 orang Pedagang Kaki Lima (PKL) yang berjualan di sepanjang jalan masuk ke dalam pasar. Penertiban ini dilakukan agar kondisi pasar lebih bersih dan tertata rapi.

Kepala UPTD Pasar Alai, Irvan DS memindahkan PKL tersebut ke tempat- tempat yang telah disediakan Dinas Pasar. Mereka tidak boleh berjualan di area jalan ke dalam masuk pasar, karena akan mengganggu akses ke luar masuk pasar.

“Kebanyakan PKL yang berjualan di jalan masuk pasar ini adalah pe­dagang sayuran dan juga buah-buahan. Meski ada sedikit penolakan dalam proses pemindahan, namun akhirnya mereka mau juga dipindahkan,” kata­nya pada Haluan, Selasa (8/11).

Irvan mengatakan pasar yang beralamat di Jln Teuku Umar, Keca­matan Padang Utara ini sedang bersiap menjadi pasar percontohan yang rapi dan bebas sampah.

Ia mengatakan sudah disediakan sebanyak 191 toko dan kios serta 72 meja batu tempat para pedagang berjualan. Selain itu, juga ada Los A bangunan semi permanen untuk 144 pedagang.

Selain itu, untuk melengkapi se­luruh sarana dan prasarana yang dibutuhkan pasar, juga disediakan toilet, tempat parkir, dan juga mushal­lah bagi para pedagang dan pembeli serta tempat sampah untuk menam­pung sampah pasar.

“Semua itu dipersiapkan agar pasar alai bisa menjadi pasar percontohan bagi pasar yang lain yang peduli dengan kebersihan dan tertata dengan rapi,” katanya.

Staf UPTD Pasar Alai, Asri Suhaini mengatakan pihak UPTD berusaha memberikan yang terbaik demi ke­maju­an pasar. Ia menginginkan pe­dagang dan juga pembeli merasakan kenyamanan saat berkunjung ke pasar.

Sejauh ini, meski sudah dilakukan penertiban, masih ada pedagang yang nakal berjualan di jalan masuk pasar ini. Ia dan petugas, sudah sering mem­peringat­kan, namun belum ada tang­gapan dari PKL tersebut.

Pasalnya, para pedagang adalah warga pribumi Gunung Pangilun, Kelurahan Alai Parak Kopi, sehingga mereka merasa lebih berkuasa dan sulit ditertibkan. Namun, pihak UPTD akan berusaha menertibkan mereka, se­hingga tidak ada lagi pedagang yang berjualan di area ini.

“Usaha yang dapat dilakukan adalah dengan melakukan pendekatan dan memberikan peringatan serta sanksi bagi pedagang yang melanggar aturan,” katanya. (h/mg-eby)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Sabtu, 26 November 2016 - 01:29:10 WIB

    UPTD Pasar Lubuk Buaya Akan Bangun Kios di Lantai Dasar

    PADANG, HALUAN—UPTD Pasar Lubuk Buaya Padang berencana akan membangun kios untuk pedagang di lantai dasar pasar. Staf Administasi Pasar Lubuk Buaya, Febri Harda, Jumat (25/11) mengatakan, kebanyakan pedagang di lantai dasar.
  • Kamis, 06 Oktober 2016 - 03:33:21 WIB

    UPTD Museum Adityawarman Gelar Atraksi Budaya

    UPTD Museum Adityawarman Gelar Atraksi Budaya PADANG, HALUAN — Pengelola Museum Adityawarman kembali menggelar atraksi budaya. Sebelumnya atraksi budaya yang ke tujuh sudah digelar pada Minggu (25/9)..
  • Kamis, 02 Juli 2015 - 18:56:43 WIB

    Patuh dan Tepat Waktu, UPTD Rusunawa Purus Beri Reward

    PADANG, HALUAN — Pasca pemeriksaan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI atas Rumah Susun Sewa Sederhana (Rusunawa) Purus, Padang. Dalam satu pekan, tim penertiban rusunawa lakukan tindakan awal, mulai dari .

  • Senin, 02 Maret 2015 - 19:22:37 WIB

    Sekda Sarankan Kadis TRTB Ganti Kepala UPTD Rusunawa

    PADANG, HALUAN  — Menindaklanjuti permasalahan yang saat ini terjadi di Rumah Susun Sederhana Sewa (Rusunawa ) Purus Padang, Kepala Dinas Tata Ruang Tata Bangunan (TRTB) Padang, Afrizal mengadakan perte.

  • Ahad, 01 Maret 2015 - 18:55:18 WIB

    Kepala UPTD Rusunawa, Sudah Dua Minggu Tak Ngantor

    PADANG, HALUAN — Tak hanya menghilang dari kantornya pada Jumat (27/2) lalu, ternyata Kepala Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Rusunawa Zahirwan sudah tidak masuk kantor sejak dua minggu lalu. Namun alasan ketakutan Za.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM