Hingga November 2016, TRTB Terima 1.152 Permohonan IMB


Rabu, 09 November 2016 - 00:15:06 WIB

PADANG, HALUAN — Jumlah pemohon izin mendirikan ba­ngu­nan (IMB) di Kota Padang terus meningkat setiap tahun. Tahun ini, berdasarkan catatan Dinas Tata Ruang dan Tata Bangunan (TRTB) Kota Padang, dari Januari hingga 8 November 2016 ada 1.152 permohonan IMB.

“Jumlah tersebut lebih banyak daripada tahun lalu yang tidak sampai menyentuh angka 1.000. Ada kemungkinan hingga akhir tahun jumlahnya mencapai 1.500 pemohon,” ujar Kepala Dinas TRTB, Afrizal BR kepada Haluan di ruang kerjanya, Selasa (8/11).

Sementara itu, kata Afrizal, jumlah permohonan keterangan rencana kota (KRK) dan IMB sampai hari ini mencapai 1.462 pemohon. KRK merupakan salah satu syarat untuk mengurus IMB. “Meng­u­rus KRK bisa bersamaan dengan proses mengurus IMB,” katanya menambahkan.

Dari data pemohon IMB tahun ini, sekitar 1.000 permohonan sudah di­kabul­kan. Sisanya ada yang sedang diproses, ditangguhkan (karena belum bayar retri­busi), dan ditolak.

 Tercatat ada delapan permohonan yang ditolak karena berbagai alasan, di antaranya berada di rencana jalan, berada di ruang terbuka hijau, dan tidak sesuai dengan fungsi ruang (misal, lahan sawah didirikan rumah).

Sebagian besar permohonan IMB tahun ini adalah untuk mendirikan rumah (tempat tinggal). Selebihnya adalah bangunan lainnya, seperti hotel, mall, ruko, gedung perkantoran, dan gudang.

“Tahun ini ada dua mall dan lima hotel yang telah terbit izinnya,” kata Afrizal melanjutkan.

Selanjutnya, Afrizal menjelaskan, memang tidak ada sanksi bagi masyarakat yang tidak mengurus IMB. Meski demiki­an, banyak keuntungan jika sebuah bangu­nan memiliki IMB, antara lain punya kepastian hukum, nilai jual tinggi, dan bisa dijadikan jaminan bila meminjam di bank.

“Kalau tidak ada IMB, pihak bank tidak mau mencairkan pinjaman. Selain itu, bila ada rencana pembebasan lahan oleh pemerintah, nilai ganti ruginya lebih besar daripada yang tidak ada IMB,” ujarnya.

Kemudian, untuk menghindari adanya penolakan permohonan IMB ada hal-hal yang mesti diperhatikan pemohon. Bangu­nan tidak boleh didirikan di ruang terbuka hijau, dekat dengan jalur kereta api, di perbukitan yang kemiringannya lebih dari 20 derajat.

Afrizal juga mengimbau pemohon untuk mengurus secara langsung tanpa ada perantara untuk menghindari praktik percaloan. “Boleh diwakilkan kepada orang lain, tapi harus pakai surat kuasa,” kata Afrizal. (h/mg-sas)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM