DUKUNG NAWACITA PRESIDEN

Seleksi CPNS Dibuka Tahun Depan


Rabu, 09 November 2016 - 00:18:24 WIB
Seleksi CPNS Dibuka Tahun Depan Kepala BKN, Bima Haria Wibisana didampingi Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno, meresmikan Unit Pelayanan Teknis (UPT) di Provinsi Sumbar untuk mendekatkan pelayanan terutama kepegawaian. UPT BKN Padang ini menjadi yang keenam yang telah diresmikan dari 7 UPT yang akan diresmikan tahun ini di seluruh Indonesia.

PADANG, HALUAN — Penerimaan seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) rencananya akan kembali dibuka tahun 2017 mendatang. Jabatan yang diprioritaskan untuk seleksi CPNS tahun depan yaitu, jabatan yang mendukung nawacita , seperti jabatan guru dan tenaga kesehatan, dan juga tenaga Informasi dan Teknologi.

Hal ini disampaikan Ke­pala Badan Kepegawaian Nasional (BKN) Bima Haria Wibisana saat peresmian kan­tor unit penyelenggara seleksi calon dan penilaian kom­petensi pegawai aparatur sipil negera, Selasa (8/11) di Ge­dung Rohana Kudus, Kom­plek GOR H Agus Salim, Padang.

Dikatakannya, untuk ta­hun 2016 kemungkinan di­tia­dakan karena keter­ba­tasan waktu. Dimana untuk tahun ini hanya tinggal dua bulan lagi, sementara untuk persiapan pembukaan CPNS butuh waktu hingga empat bulan. “Jadi sangat tidak mungkin dilakukan tahun ini. Makanya dilakukan tahun depan,” katanya.

Ditegaskannya, infor­masi penerimaan CPNS yang beredar di media sosial saat ini tidak benar, karena be­lum ada persetujuan dari Pre­siden. “Persetujuan pre­siden tentu juga mem­per­timbangkan anggaran yang tersedia,” ujarnya.

Dijelaskannya, untuk pembukaan CPNS tahun depan itu memang dikhu­suskan untuk bidang yang mendukung nawacita Joko Widodo. Sementara untuk bidang administrasi untuk saat ini perekrutannya diber­hentikan dahulu karena ter­lalu banyak.

Untuk bidang yang men­dukung nawacita tersebut seperti, tenaga guru yang nanti diharapkan untuk me­wu­judkan indonesia pintar, tenaga kesehatan yang ber­guna untuk mewujudkan Indonesia sehat, dan bidang IT menggantikan pekerjaan yang selama ini manual.

Lebih lanjut ia me­nga­takan, dalam perekrutan CPNS nanti, UPT BKN yang ada di daerah akan berperan aktif. “UPT dilengkapi juga dengan infrastruktur tek­nologi informasi yang cu­kup untuk melaksanakan ujian CPNS,” ujarnya.

 Saat ini, UPT BKN telah ada Semarang, Jambi, Se­rang, Gorontalo, Mataram dan Padang. Saat ini BKN telah memiliki 14 kantor regional seluruh Indonesia. “Tahun ini kami sudah me­res­mikan lima kantor UPT kepegawaian, dan UPT BKN Padang menjadi yang ke-6 dari tujuh UPT yang akan kita resmikan tahun ini, “ ujarnya.

Ia menambahkan, pela­yanan kepegawaian ini yang mengunakan Computer As­sis­ted Test (CAT) tidak ha­nya untuk rekruitment CPNS, tapi juga dapat untuk hal lainnya seperti ujian dinas, pe­nye­suaian ijazah, bahkan pro­mosi dapat meng­gunakan CAT. “Jadi ASN yang ada di Sumbar untuk mengurus keperluan kepegawaiannya tidak mesti ke Kantor Reg­i­o­nal XII BKN Pekanbaru, tapi sudah bisa dilakukan disini UPT BKN Padang,” tuturnya.

Sekertaris Utama Badan Kepegawaian Negara (BKN) Usman Gumanti men­je­las­kan, ini merupakan bentuk kerjasama anatara BKN de­ngan Pemprov Sumbar da­lam bentuk izin pinjam pa­kai tanah dan bangunan selama lima tahun terhitung tanggal 14 Juni 2016 sampai dengan 14 Juni 2021 yang berlokasi di GOR H Agus Salim Padang. 

UPT BKN Padang ini me­nyediakan sarana CAT de­ngan kapasitas 50 unit PC untuk berbagai keperluan kepegawaian. “Jadi PC yang sudah berbasis CAT di UPT ini dapat digunakan untuk pelaksanaan rekrutmen CPNS, seleksi dalam jabatan, seleksi ujian ikatan dinas maupun pemetaan pegawai,” ulasnya.

Sementara itu, Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno sangat mengapresiasi hadirnya UPT BKN di Sumbar, karena ini menjadi jawaban bagi Apa­ratur Sipil Negara (ASN) se­hing­ga setiap urusan kepega­waian dapat diselesaikan disini dan tidak mesti harus ke kantor regional. “Hadir UPT BKN di Padang menjadi solusi ASN dalam menyelesaikan segala urusan, jadi tidak mesti ke regional yang ada di Jakarta maupun Pekanbaru,” pung­kasnya. (h/isr)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 04 Oktober 2017 - 00:26:41 WIB

    Damkar Seleksi 590 Pegawai Kontrak

    Damkar Seleksi 590 Pegawai Kontrak PADANG, HALUAN - Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Padang melakukan tes terhadap 590 orang calon tenaga kontrak Damkar di Gelanggang Olahraga (GOR) H Agus Salim Padang, Selasa (3/10)..
  • Rabu, 28 September 2016 - 02:32:44 WIB

    Seleksi Calon Sekda Kota Padang, Pansel Rekomendasikan Tiga Nama

    PADANG, HALUAN — Tim Panitia Seleksi (Pansel) Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Padang, menyatakan keempat calon yang mengikuti lelang jabatan sudah memiliki kompetensi yang dibutuhkan untuk menduduki jabatan tersebut..
  • Jumat, 16 September 2016 - 03:56:52 WIB

    Seleksi Guru Garis Depan Dimulai

    PADANG, HALUAN — Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) bagi calon Aparatur Negara Sipil Negara Guru Garis Depan (GGD) tahun 2016 serentak dimulai dari 15-18 September. Untuk Kota Padang ujian dilaksanakan di SMAN 1 Padang dan SMKN.
  • Selasa, 02 Agustus 2016 - 03:30:14 WIB

    IAIN Seleksi Calon Mahasiswa Asal Thailand

    IAIN Seleksi Calon Mahasiswa Asal Thailand PADANG, HALUAN— Tahun ini, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Imam Bonjol Padang kembali me­nerima calon mahasiswa baru dari Thailand. Se­banyak 10 orang maha­siswa asing ini akan mengikuti ujian jalur mandiri. Sebelumny.
  • Rabu, 27 Juli 2016 - 07:40:00 WIB

    1.589 Peserta Jalani Seleksi SM3T

    1.589 Peserta Jalani Seleksi SM3T PADANG, HALUAN — Para pen­daftar Sarjana Mengajar di daerah Terdepan, Terluar, Tertinggal (SM3T) angkatan VI LPTK Universitas Negeri Padang (UNP) yang lulus seleksi administrasi mulai mengikuti tes seleksi, Selasa (26/7). .
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM