Pauh Duo Nan Batigo Bangun Kantor Walinagari


Rabu, 09 November 2016 - 00:34:24 WIB

SOLSEL, HALUAN — Dalam rangka optimalisasi dan men­ciptakan suasana kerja yang nyaman dan berkompeten, Pemerintah Nagari Pauh Duo Nan Batigo, Kecamatan Pauh Duo, Solok Selatan (Solsel) bangun kantor nagari yang respresentatif. Hal itu dika­takan wali nagari, Lukfi pada Haluan, Selasa (8/11). “Dengan kondisi pekerjaan di nagari yang cenderung sibuk saat ini sehingga kantor wali nagari yang lama dirasakan kurang respresentatif sebab ruangan ralatif kecil. Berdasarkan kese­pakatan Bamus dan tokoh masyarakat maka dibangun kantor yang lebih luas, 2017 bisa ditempati,” kata Lukfi.

Menurutnya, pembangunan kantor baru menggunakan lahan yang telah dibeli pihak nagari, terletak di Koto, Jorong Taratak Bukareh. Untuk kantor yang lama akan dimanfaatkan sebagai kantor Bamus. Luas tanah bangunan sekitar 165 meter persegi, diba­ngun secara swakelola. “Pemba­ngunana kantor memanfaatkan dana desa, tahap awal pada 2015 dengan membangun pondasi dengan anggaran Rp 65 juta Dan 2016 dilanjutkan pem­bangu­nannya dengan anggaran Rp 478 juta,” terangnya.

Kondisi pembangunan kan­tor nagari hingga saat ini telah tuntas sekitar 65 persen katanya, pembangunan tuntas hingga akhir 20­16.”Tapi pemba­ngu­nan harus dilanjutkan pada 2017 sebab dengan dana Rp478 masih ter­beng­­kalai, masih tersisa untuk pembangunan lantai. Lan­tai nantinya meng­gunakan granit agar ta­han dalam waktu lama,” lanjutnya.

Nagari Pauh Duo Nan Batigo memiliki empat jorong dengan jumlah penduduk berkisar 3.500 orang dengan mata pencaharian mayoritas sebagai petani. Adapun Jorong Taratak Bukareh, Paninjauan, Bukit Sikumpa dan Jorong Pinang Awan. (h/jef)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]