H Agus Susanto Dukung Penuh Penataan Nagari


Rabu, 09 November 2016 - 12:03:40 WIB
H Agus Susanto  Dukung Penuh Penataan Nagari H. Agus Susanto, SH Anggota DPR RI, pembicara kunci pada Sosialisasi dan Aspiratif Persiapan Penataan Nagari Ujunggading. IST
H Agus Susanto  Dukung Penuh Penataan Pemerintahan  Nagari  
 
UJUNG GADING, HALUAN-Penataan Pemerintahan Nagari di Pasaman Barat, provinsi Sumbar  sudah sangat tepat dilakukan dalam  kondisi sekarang.  Karena pelayanan bagi rakyat itu harus dilakukan dengan cepat dan murah. 
 
 Begitupun dalam menata Nagari Ujung Gading juga  tidak hanya untuk hari ini,  kita memandang secara visioner untuk jauh kedepan. "Saya sangat mendukung penataan ini yang tidak akan memekarkan Nagari secara kesatuan masyarakat hukum adat. Dengan kata lain, Kerapatan Adat Nagari akan tetap satu,  yang akan  menjadikan perekat silaturahim anak,  cucu dan kemanakan,  anak nagari Ujung Gading  keseluruhan," ujar H. Agus Susanto, SH  Anggota DPR RI pada  Sosialisasi dan Asfiratif Persiapan Penataan Nagari, Selasa.
 
Acara itu  dilaksanakan oleh Kerapatan Adat Nagari (KAN) Ujunggading yang dihadiri  Panitia Pemekaran Nagari Pasaman Barat, Anggota DPR RI, Anggota DPRD Pasaman Barat , Bamus , Wali Nagari, Camat, Panitia Penataan Nagari Ujunggading, Ninik Mamak Ujunggading, Tokoh Pemuda serta Tokoh Masyarakat. 
H Agus Susanto  Anggota DPR RI yang  juga tokoh masyarakat  setempat,  mendukung penuh penataan Pemerintahan Nagari.  "Keberadaan 19 Nagari di Pasaman barat sejak dimekarkan menjadi kabupaten otonom 12 tahun silam,  belum sekalipun dilakukan penataan.  Kalau seandainya kita membandingkan dengan daerah  lainnya di  Sumatera Barat,  Kabupaten Pasaman Barat lah yang memiliki Nagari paling sedikit dari kesemua  Kabupaten di Sumbar,"  ujarnya prihatin.
 
Menurut Agus Suanto,  sekarang sudah  demikian besar  semangat dan kepedulian pemerintahan Republik Indonesia pada Desa atau Nagari, antara lain  dengan memberikan anggaran yang begitu besar   kepada Desa, sehingga dengan peredaran uang yang begitu besar di nagari, secara otomatis akan meningkatkan kesejehataraan dan  pembangunan masyarakat nagari."Pemberian dana desa/nagari yang secara proporsionalitas tentu  akan menciptakan asas pemerataan terhadap nagari-nagari yang ada di Pasaman Barat,  yang  kedepan akan dijadikan sebagai pemerintahan desa. "Selain itu,   nagari-nagari yang akan menjadi Nagari Persiapan, tenjtu  harus menciptakan potensi-potensi pendapatan asli dari nagari itu sendiri,  sehingga nagari persiapan itu nantinya dapat menjadi nagari defenitif yang berdikari," harapnya.
 
Akhirnya  dalam menusyawarah tersebut,   Bamus , Wali Nagari, Camat, Panitia Penataan Nagari Ujunggading, Ninik Mamak Ujunggading, Tokoh Pemuda ,Tokoh Masyarakat, setuju melakukan penataan Nagari dengan tidak menghilangkan nama Ujunggading. (h/dn/*)
 


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM