POLEMIK GAJI THL

Plt Wako Harap Tidak Dikurangi


Kamis, 10 November 2016 - 00:11:03 WIB

PEKANBARU, HALUAN — Plt Walikota Pekanbaru Edwar Sanger, berharap gaji Tenaga Harian Lepas (THL) kebersihan yang berada di lingkungan Pemerintah Kota Pekanbaru tidak dipotong. Hal itu menyusul kisruhnya polemik terhadap kebijakan yang diberlaukan Sekretaris Daerah Pekanbaru, HM Noer, dituangkan dalam Surat Edaran yang dikeluar­kannya beberapa waktu lalu.

“Kita harapkan pembayaran gaji THL kebersiahan berjalan seperti biasanya, yang bilang dipotong siapa?, tak ada dipo­tong,” kata dia, Rabu (9/11).

Sebelumnya terkait per­soalan, Sekda Pekanbaru, M Noer dalam pertemuan yang digelar belum lama ini menga­takan, pihaknya sudah meng­instruksikan kepala Dinas Ke­ber­siahan dan Pertamanan agar menyesuaikan pembayaran gaji THL berdasarkan surat edaran yang telah disampaikan. “Kita sudah sampaikan sejak awal, ini kan rasionalisasi (kondisi ke­uangan), kita sudah sampaikan ada penetapan yang dikeluarkan sesuai dengan Surat Edaran, mudah- mudahan semua bisa menyesuaikan. Ini bukan pemo­tongan, rasinoalisasi, mengu­rangi, untuk semua, bukan untuk satu instansi,” kata Sekda.

Terhadap kebijakan pengu­rangan gaji yang akan dilaku­kan tersebut, M Noer meminta seluruh kepala dinas yang terkait agar bisa memahami situasi dan kondisi yang terjadi saat ini di Pemko Pekanbaru. Kesera­gaman pengurangan gaji THL yang akan dilakukan meng­hindari kecemburuan diantara sesama THL di ma­sing- masing Satuan Kerja Perangkat Daerah.

Ditanyakan waktu itu, apa­kah Pemko tidak khwatir kalau kebijakan pengurangan gaji tetap diberlakukan akan berdampak terhadap mogok kerja yang dilakukan THL kebersihan, seperti yang pernah terjadi sebelumnya, M.Noer.mejawab, mogok kerja akan terjadi apabila THL tidak diberi pengertian. Tapi kalau THL diberi penger­tian tentu mereka bisa me­mahami, apalagi THL itu juga butuh pekerjaan untuk meng­hidupi keluarganya.

“Itulah ini akan dibahas, kita harap mereka bisa memahami ini, tidak ada niat kita untuk tidak memberikan yang terbaik bagi mereka (THL), tapi kita sekarang dihukum situasi dan kondisi. Kalau bisa jelas kita akan menambah lagi angka rupiahnya kepada mereka, tapi kalau tidak ada anggaran mau dibayar pakai apa, kan susah juga,” kata M Noer.

Diketahui berdasarkan Surat Edaran tanggal 23 Juli 2016, terhitung sejak bulan Agustus, gaji THL dibayarkan berda­sarkan tingkat pendidikan. THL tamatan SD-SMP maksimal menerima gaji Rp 1.500.000/bulan, Diploma III, menerima gaji Rp 1.650.000/bulan, se­dang­kan tamatan SI - S2, sopir, dan pimpinan menerima gaji Rp 1.750.000/bulan. (h/her)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 14 September 2016 - 02:09:26 WIB

    PLTU Tenayan Sudah Bisa Dijual

    PLTU Tenayan Sudah Bisa Dijual PEKANBARU, HALUAN —- Melihat progres pengetesan daya yang dilakukan PT PLN (Persero) pada akhir pekan kemarin, dengan melepas Daya hingga 100 Megawatt di tahap pertama dan 89 Megawatt di tahap kedua. Diupayakan Pembangkit L.
  • Kamis, 08 September 2016 - 01:33:53 WIB
    RAPAT PERTEMUAN DI KANTOR BUPATI TERTUTUP

    Plt Bupati Rohul Bungkam

    Plt Bupati Rohul Bungkam PASIRPANGARAIAN, HALUAN — Ratusan warga Desa Bonai, Kecamatan Darussalam, mendatangi Kantor Bupati Rokan Hulu (Rohul), Rabu (7/9). Kedatangan mereka itu untuk bertemu dengan Plt Bupati Rohul, Sukiman..
  • Selasa, 26 April 2016 - 02:41:48 WIB

    Juli, PLTU Tenayan Raya Difungsikan

    Juli, PLTU Tenayan Raya Difungsikan PEKANBARU, HALUAN—Hingga saat ini proses pengerjaan Pembangkit Listrik Tenaga Uap yang berada di Tenayan Raya, kini sudah mencapai 95 persen. Proses pengerjaan tersebut sudah masuk ke tahap steam blowing finish, yang merupa.
  • Jumat, 01 April 2016 - 03:39:42 WIB

    Plt Gubri Diminta Segera Lakukan Mutasi

    PEKANBARU, HALUAN—Kalangan DP­RD Riau meminta Pelaksana tugas Gu­bernur Riau untuk segera melakukan mutasi jika kinerja bawahnya tidak maksimal..
  • Senin, 28 Maret 2016 - 02:49:56 WIB

    DPRD Pertanyakan Progres Proyek PLTU Tenayan Raya

    PEKANBARU, HALUAN — Hingga kini Progres pembangunan PLTU 2x100 MW di kawasan industri Tenayan Raya Kota Pekanbaru tak kunjung selesai. Padahal, beberapa waktu lalu PLN berjanji PLTU itu beroperasi pada awal tahun 2016..
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM