Tanah Datar Punya Program ‘Nagari Transparan’


Kamis, 10 November 2016 - 00:13:39 WIB

BATUSANGKAR, HALUAN — Pemkab Tanah Datar men­dukung program “Nagari Trans­paran” atau keterbukaan informasi di nagari dalam bentuk pemajangan papan informasi yang ditempatkan pada lokasi yang mudah dilihat masyarakat.

“Pemda meminta setiap pemerintah nagari dapat me­majang dokumen program dan anggaran di papan informasi atau warung sebagai bentuk dukungan dalam keterbukaan informasi publik,” kata Bupati Tanah Datar Irdinansyah Tar­mizi saat membuka sosialisasi keterbukaan informasi di Pa­garuyung, Selasa (8/11).

Kegiatan sosialisasi itu diikuti oleh para wali nagari dan sekretaris nagari se-Kabupaten Tanah Datar. Materi disam­paikan oleh Ketua KI Sumbar Syamsu Rizal dan Komisioner Sondri.

Bupati menyampaikan do­ku­men kegiatan dan anggaran yang ditetapkan pemerintah nagari merupakan sumber in­formasi bagi masyarakat se­hingga perlu ditempelkan di lokasi yang mudah diakses masyarakat.

Bupati Irdinansyah Tarmizi menambahkan bahwa dalam menunjang keterbukaan infor­masi publik, pemerintah daerah melalui Pejabat Pengelola In­formasi dan Dokumentasi (P­PID) akan memanfaatkan ber­bagai sarana dan fasilitas yang ada seperti website pemda, website PPID dan radio Pemkab Tanah Datar.

“Ke depan diharapkan seti­ap nagari memiliki website sendiri sehingga semua infor­masi yang ada dapat diakses masyarakat dengan cepat, baik masyarakat yang ada di kam­pung halaman maupun yang tengah bermukim di rantau orang,” katanya.

Sementara itu, Ketua Ko­misi Informasi Sumbar Syamsu Rizal menyebutkan, lemba­ganya ini bertugas mengawasi pelaksanaan hak-hak ma­sya­rakat untuk memperoleh infor­masi secara terbuka dan trans­paran.

“Kami saat ini meren­cana­kan program Nagari Trans­paran, di mana alokasi dana melalui APBD dan APBN un­tuk nagari cukup besar, se­hingga masyarakat perlu me­nge­tahui untuk apa anggaran itu digunakan,” katanya.

“Sesuai UU No.14 tahun 2009, tidak ada informasi yang tidak bisa dipublikasikan ke masyarakat, hanya informasi pribadi dan mengancam per­saingan usaha tidak sehat saja yang bisa dikategorikan sebagai informasi yang dikecualikan,” tambahnya.

Sementara itu, Komisioner KI Sumbar Sondri, menga­takan, pihaknya mempunyai tugas dan fungsi sebagai lem­baga yang mengawal keter­bukaan informasi publik pada badan publik dan sebagai lem­baga yang menerima, mem­eriksa dan memutuskan permo­honan apabila terjadi sangketa informasi publik melalui me­diasi dan atau ajudikasi non-ligitasi.

“Informasi pada badan publik termasuk pemerintahan nagari harus transparan dan dipublikasikan ke masyarakat sehingga masyarakat dapat mengawasi, mengawal dan bahkan ikut berperan aktif dalam pembangunan,” kata­nya.(h/emz)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 18 Maret 2020 - 12:20:51 WIB

    Perangi Corona, Polres Tanah Datar Lakukan Giat Bersih-bersih

    Perangi Corona, Polres Tanah Datar Lakukan Giat Bersih-bersih TANAH DATAR, HARIANHALUAN.COM -- Menangani virus Corona atau Covid-19, Kapolres Tanah Datar melalui Satpas SIM Satlantas Polres melakukan giat bersih tangan sebelum melakukan proses identifilasi pencetakan SIM..
  • Kamis, 05 Maret 2020 - 07:35:19 WIB

    Alhamdulillah! Abu Nawas Akhirnya Bisa Umroh ke Tanah Suci

    Alhamdulillah! Abu Nawas Akhirnya Bisa Umroh ke Tanah Suci PAINAN, HARIANHALUAN.COM -- Rezeki memang tak berpintu, bahkan hebatnya datang dari segala penjuru. Jika memang Allah SWT berkehendak, maka tak satupun dapat menghalanginya..
  • Kamis, 06 Februari 2020 - 18:09:12 WIB

    Embung Tanah Kareh Selesai, Petani Tak Menunggu Hujan Lagi

    Embung Tanah Kareh Selesai, Petani Tak Menunggu Hujan Lagi PAINAN, HARIANHALUAN.COM -- Para petani di Kecamatan Batang Kapas, Pessel merasa lega dengan selesainya pembangunan embung di Tanah Kareh, Nagari Koto Nan Tigo, Kecamatan Batang Kapas, Pessel. Pembangunan embung yang menelan .
  • Rabu, 05 Februari 2020 - 21:53:03 WIB

    Anggaran Dinas PUPR Dan Pertanahan Kota Pariaman Berkurang

    Anggaran Dinas PUPR Dan Pertanahan Kota Pariaman Berkurang PARIAMAN, HARIANHALUAN.COM- Anggaran Dinas PUPR dan Pertanahan Kota Pariama tahun 2020 berkurang dari tahun lalu, kekurangan anggaran itu berdampak kepada sejumlah pekerjaan yang telah disusun dalam rencana kerja jadi tertunt.
  • Senin, 03 Februari 2020 - 18:10:31 WIB

    PUPR dan Pertanahan Kota Pariaman Bakal Buat Penataan Aliran Batang Sikijang

    PUPR dan Pertanahan Kota Pariaman Bakal Buat Penataan Aliran Batang Sikijang PARIAMAN, HARIANHALUAN.COM-Perencanaan penataan Aliran Batang Sikijang, Kota Pariaman tahun 2020 ini dibuat. Kepala Dinas PUPR dan Pertanahan Kota Pariaman, Asrizal menjawab harianhaluan.com, Senin (3/2-2020), tahun ini pihak.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM