Wartawan dan Ormas Ikuti Pelatihan Bela Negara


Kamis, 10 November 2016 - 00:15:01 WIB
Wartawan dan Ormas Ikuti Pelatihan Bela Negara WARTAWAN dan Ormas ikuti pelatihan Bela Negara di Aula Kodim 0304 Agam. (GATOT)

BUKITTINGGI, HALUAN — Sekitar 70 orang wartawan dan organisasi masyarakat (or­mas) mengikuti pelatihan Bela Ne­gara yang diselenggarakan oleh Ko­dim 0304 Agam, sela­ma tiga hari, yang berlangsung Se­­nin (7/11) hingga Rabu (9/11).

Kegiatan pelatihan yang bekerjasama dengan Pemko Bukittinggi itu, disamping diikuti oleh puluhan warta­wan, juga diikuti oleh berbagai ormas yang ada, seperti Orga­nisasi Pemuda Pancasila, FKP­PI dan LSM. Pelatihan Bela Negara ini dibuka secara langsung oleh Wakil Walikota Irwandi, di­dam­pingi Dandim 0304 Agam Letkol Kav Salim Kurniawan Dewantara, Senin (7/11) di Au­la Pertemuan Kodim setem­pat.

Dalam kesempatan itu Ir­wan­di mengajak seluruh kom­po­nen masyarakat khususnya generasi muda  untuk mencintai bangsanya secara terus menerus hingga memiliki kebanggaan menjadi bagian dari Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Menurutnya, kesadaran bela negara tidaklah tumbuh dengan sendirinya, tetapi harus dita­nam­kan sejak dini melalui pen­didikan kewarganegaraan. Selu­ruh komponen bangsa, masya­rakat khususnya kepada gene­rasi muda harus terus menerus diajak untuk mencintai bang­sanya, mencintai tanah airnya sehingga memiliki kebanggaan menjadi bagian dari NKRI. “Pelatihan bela negara ini sa­ngat penting untuk mening­katkan kesadaran masyarakat Kota BUkittinggi tentang pen­ting­nya bela negara dan seka­ligus dapat mensosialisasikan dan diinternalisasikan diling­ku­ngannya masing-masing, se­hingga nilai-nilai bela negara menjadi landasan sikap dan perilaku dalam kehidupan seha­ri-hari,” ujar Irwandi.

Sementara itu Dandim 0304 Agam Salim Kurniawan me­nga­takan, kegiatan pelatihan bela negara yang diseleng­garakan dapat membantu me­lin­dungi generasi muda dari perilaku menyimpang ke arah perilaku yang positif.

“Pelatihan bela negara dapat menjadi bekal bagi generasi muda sebelum mengambil tin­da­kan agar selalu berlandaskan semangat cinta Tanah Air. Salah satu bentuk kegiatan untuk menanamkan rasa cinta tanah air itu adalah melalui pelatihan bela negara kepada masyarakat maupun bagi ormas yang ada,” ujar Salim.

Dengan dielenggarakannya pelatihan bela Negara ini, ulas Salim, diharapkan peserta pela­tihan  dapat membagi pengeta­huannya kepada masyarakat di lingkungan tempat tinggal me­reka masing-masing. Begitu juga bagi kalangan wartawan untuk dapat dapat membantu menumbuhkan semangat cinta tanah air lewat tulisan maupun pemberiataannya. (h/tot)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM