Peringati HKN Ke-52, Pemko Gelar Serangkaian Kegiatan


Kamis, 10 November 2016 - 00:16:01 WIB
Peringati HKN Ke-52, Pemko Gelar Serangkaian Kegiatan Walikota Ramlan Nurmatias canangkan HKG PKK KB-Kesehatan, tingkat Kota Bukittinggi, di Kantor Camat Mandiangin Koto Selayan (MKS). (GATOT)

BUKITTINGGI, HALUAN — Dalam rang­ka pelaksanaan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke 52 tahun 2016, Pemko Bukittinggi bakal menggelar serangkaian kegiatan untuk memeriahkan pelaksanaan HKN di Kota Bukittinggi.

Beragam acara yang akan digelar itu  di­anta­ranya pengabdian masyarakat, lomba olah­raga dan acara hiburan. Semen­tara un­tuk upacara peringatan HKN ke-52 dise­leng­garakan di lapangan Kantin pada 13 No­vember besok. Dalam kegiatan puncak HKN di Bukittinggi, juga dilakukan donor da­rah yang bekerja sama dengan PMI Kota Bu­kit­tinggi dan kegiatan bugar dengan ja­mu  yang berkerjasama dengan lembaga far­masi.”Sejumlah persiapan telah kita lak­sa­nakan untuk memperingati HKN terse­but. Tahun ini peringatan HKN mengangkat te­ma, Masyarakat Hidup Sehat, Indonesia Kuat,” ujar Ketua Pelak­sana HKN, Yendrizal Jafri dalam dialog Selamat Pagi Walikota bersama Radio Elsi FM, Selasa (8/11).

Menurut Yendrizal, momen hari keseha­tan nasional tahun ini lebih diarahkan pada usaha merubah persepsi dan perilaku masyarakat ke arah lebih baik. Artinya bagaimana memberikan kesadaran kepada setiap keluarga sebagai unit terkecil masyarakat tentang pentingnya hidup sehat dan bersih.

Hal ini juga sejalan dengan program gerakan masyarakat sehat, yang mengkam­panyekan pentingnya melakukan kegiatan fi­sik dan olahraga, cuci tangan dengan sa­bun, makan buah dan sayur, serta pemerik­saan kesehatan berkala. “oleh karena itu un­tuk mensukseskan Peringatan HKN ting­kat Kota Bukittinggi  ini diperlu­kan du­ku­ngan dari pemerintah daerah,” ungkap­nya.

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan Kota Bukittinggi yang diwakili Sekretaris, Deni Efriyanti mengungkapkan, perilaku hidup sehat dan bersih harus mendapat dukungan seluruh stake holder kota. Mulai dari pemerintah, institusi pendidikan, para pelaku kesehatan, tokoh masyarakat, dan seluruh keluarga.

Kepala seksi pengabdian masyarakat Aria Wahyuni menambahakan, untuk pengabdian masyarakat terdapat beberapa kegiatan yang telah dilaksanakan. Dianta­ranya penyuluhan tentang  bahaya peya­lah­gunaan Napza  dan deteksi dini anemia bagi siswa SMP. Dari kegiatan tersebut didapat sekitar 20% dari siswa terdeteksi HB kurang dari normal. Hal ini sekaitan dengan pola makan dan asupan gizi.

Kegiatan pengabdian lainnya adalah penyelenggaraan senam sroke dan manaje­men stres bagi Lansia. Hal ini dilakukan, terang Aria karena dari hasil penelitian 50% dari Lansia yang terserang hipertensi diawali dengan stres. Stres juga menjadi penyebab dari penyakit lainnya yang cukup membahayakan kesehatan lansia. (h/tot)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM