DPRD Setujui Ranperda Penyelenggaraan Keolahragaan


Kamis, 10 November 2016 - 00:26:55 WIB

PADANG, HALUAN — Fraksi-Fraksi DPRD Sumbar setuju Ranperda ten­tang penyelenggaran keolahragaan ditetapkan sebagai Ranperda Usul Prakasa DPRD. Persetujuan disam­paikan oleh sembilan fraksi di DPRD Sumbar melalui paripurna yang ber­langsung, Rabu (9/11).

Ketua DPRD Sumbar, Hendra Irwan Rahim menuturkan, pada Perda Pe­nyelenggaraan Keolahragaan yang tengah disusun, hal yang berhu­bungan dengan pengembangan, pembinaan serta anggaran untuk bidang keolah­ragaan akan diatur. “Kita berharap dengan adanya Perda ini dunia olahraga di Sumbar bisa bangkit. Kebutuhan pendanaan akan bisa diakomodir dengan lebih mudah, tentunya dengan tidak me­langgar aturan yang ada,” kata Hendra saat ditemui usai kegiatan paripurna di gedung DPRD Sumbar.

Sementara itu, Ketua Pem­baha­san Ranperda Penyelenggaran Keolah­ragaan, Apris Yaman menyampaikan, Ranperda Penyelenggaraan Ke­olah­ragaan adalah ranperda inisiatif DPRD. Yakninya diprakasai oleh Komisi V DPRD Sumbar.

Latar belakang dibentuknya re­gulasi berangkat dari sistem pem­binaan bidang keolahragaan yang selama ini dilihat belum begitu ter­arah, terpadu dan berkesinambungan. Ke depan pembinaan bidang ini akan diatur agar bisa lebih terencana dengan baik. Ditambahkan Apris salah satu yang ingin dicapai dengan adanya Perda ini adalah agar pretasi bidang olahraga bisa meningkat. Bibit-bibit potensial yang dimiliki Sumbar akan didorong untuk  berkembang.

“Dengan jumlah penduduk Sum­bar lebih kurang dari 5,5 juta jiwa potensi bidang ini tentu sangat besar sekali. Namun karena perencanaan yang dimiliki selama ini masih lemah belum semua potensi itu ter­gali,” katanya.

Selain mendorong pengem­ba­ngan bibit potensial yang bisa mendukung peningkatan prestasi, ke depan Perda Penyelenggaraan Keolahragaan juga akan mendukung berkembangnya olahraga tradisional yang terdapat di daerah. Salah satunya seperti pencak silat. Selanjutnya masalah penyediaan sarana dan prasarana juga akan diatur.

Tak hanya itu, Ranperda Ke­olah­ragaan juga akan mendorong ber­kembangnya olahraga rekreasi, olah­raga pendidikan, dan olahraga untuk penyandang disabilitas. Dengan ada­nya Perda penyelenggaran ke­olah­ra­gaan ia berharap gerakan me­ma­syarakatkan olahraga dan me­ngolah­ragakan ma­syarakat bisa terwujud. Sehingga nantinya bidang olahraga mampu menjadi bagian yang men­dorong pembangunan di Sumbar.

“Dalam Perda penyelenggaran keolahragaan nantinya juga akan ada poin yang mengatur hak dan kewajiban dari pihak yang terkait didalamnya. Baik itu pelaku olahraga, orang tua, masyarakat, pemerintah daerah dan dunia usaha,” pungkas Apris yang juga Ketua Komisi V DPRD Sumbar ter­sebut. (h/len)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM