Sumbar Targetkan Perbaiki Peringkat di Popwil


Kamis, 10 November 2016 - 00:29:59 WIB

PADANG, HALUAN — Sumatera Barat menargetkan untuk memperbaiki peringkat dan menambah medali di ajang Pekan Olahraga Pelajar Wilayah (Popwil) Sumatera yang digelar 13-20 November mendatang di Pekanbaru. Untuk mencapai target tersebut Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) sudah menggelar TC.

“Pada Popwil lalu di Jambi, Sumbar berada di peringkat tiga. Pada Popwil di Pekanbaru nanti kami menargetkan bisa memperbaiki peringkat mi­nimal ke peringkat kedua. Selain itu kami juga menar­getkan memperbaiki pero­le­han medali. Popwil lalu Sum­bar meraih empat medali emas,” ujar Kadispora Sumbar Priadi Syukur, melalui Kabid Pe­ning­katan Prestasi Olahraga Ra­fli Efendi didampingi Kasi Pem­bibitan Olahraga Elvis Martin, Selasa (8/11).

Para atlet sendiri menjalai TC dari tanggal 9-13 November di dua lokasi yaitu di PHI Rasuna Said dan SLB Ma­ngunsakoro. “TC ini diberikan untuk pematangan teknik dan mental pada atlet. Jadi saat turun di Popwil nanti mereka sudah siap untuk bertanding,” sambungnya.

Total kekuatan Sumbar untuk mengikuti Popwil di Pekanbaru adalah sebanyak 149 orang. “Atlet yang akan bertanding yaitu sebanyak 117 orang. Pelatih yang akan men­dampingi atlet sebanyak 20 orang dan official sebanyak 12 orang,” ungkapnya.

Cabang yang diikuti ada­lah pencak silat, voli indoor, tenis meja, tenis lapangan, bulutangkis, sepakbola dan sepak takraw. “Pencak silat kami kirim 14 atlet putra dan 13 atlet putri. Sepak takraw 12 atlet putra, voli indoor 12 putra dan 12 putri. Basket 12 putra, sepakbola 18 putra, tenis lapangan empat putra dan empat putri. Tenis meja dan bulutangkis masing-masing empat putra dan empat putri,” jelasnya.

Lebih jauh dikatakan kalau untuk mencapai target tersebut ada beberapa daerah yang akan menjadi sandungan. “Lawan terberat nantinya di Popwil nanti adalah Sumatera Utara dan Riau. Bukan berarti daerah lainnya tidak bisa memberikan sandungan,” ungkapnya.

Untuk cabang yang di­andalkan untuk mendulang medali adalah pencak silat dan tenis lapangan. “Bukan berarti cabang lain tidak memiliki peluang. Semua cabang me­miliki peluang untuk meraih medali emas. Sementara itu atlet yang turun di Popwil lalu hanya sekitar lima sampai sepuluh persen. Sebab mereka sudah banyak juga yang tamat sekolah,” be­bernya.

Sementara itu atlet yang diturunkan Popwil ini ber­dasarkan hasil seleksi oleh Pengrpov. “Selain itu juga hasil dari Popda tahun 2015 lalu dan pantauan kami. Atlet yang sudah mengikuti TC ini tidak akan diganti lagi,” tuturnya. (h/san)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis, 12 Maret 2020 - 09:51:17 WIB

    Majukan Olah Raga Sumbar, Mulyadi Dukung Penuh Minangkabau Cup 2020

    Majukan Olah Raga Sumbar, Mulyadi Dukung Penuh Minangkabau Cup 2020 PADANG, HARIANHALUAN.COM - Turnamen sepakbola antar kecamatan se Sumbar yang sudah terkenal, “Minangkabau Cup” 2020, resmi dilaunching oleh Gubernur Prof. Ir. Irwan Prayitno, Psi di Hotel Pangeran Beach Padang, Rabu (11/3.
  • Rabu, 11 Maret 2020 - 17:34:12 WIB

    Atlet Gantole Sumbar Asal Sawahlunto Juara di Kejurnas Bupati Padang Pariaman Cup

    Atlet Gantole Sumbar Asal Sawahlunto Juara di Kejurnas Bupati Padang Pariaman Cup SAWAHLUNTO,HARIANHALUAN.COM -- Atlet Gantole asal Kota Sawahlunto NSR Yalatif, berhasil menyabet juara dalam iven Kejuaraan Nasional (kejurnas) Gantole Bupati Padang Pariaman Cup di Gunung Kanter Kecamatan Batang Anai Kabupat.
  • Rabu, 11 Maret 2020 - 11:57:52 WIB

    Pengprov PRSI Sumbar akan Dilantik 18 April 2020

    Pengprov PRSI Sumbar akan Dilantik 18 April 2020 PADANG, HARIANHALUAN.COM - Pengurus Provinsi (Pengprov) Persatuan Renang Seluruh Indonesia (PRSI) Sumbar akan dilantik tanggal 18 April 2020 mendatang, di Padang, oleh Ketua PB PRSI, Anindya Bakri..
  • Selasa, 03 Maret 2020 - 17:37:48 WIB

    Koni Solsel Matangkan Persiapan Porprov Sumbar 2020

    Koni Solsel Matangkan Persiapan Porprov Sumbar 2020 SOLOK SELATAN, HARIANHALUAN. COM -- Komite Olahraga Nasional Indonesia (Koni) Solok Selatan (Solsel) persiapkan 33 cabang Olahraga (Cabor) untuk ajang Porprov XVI 2020 yang akan diselenggarakan di 13 kabupaten/kota di Sumbar..
  • Ahad, 23 Februari 2020 - 18:06:26 WIB

    Pertandingan SSB Bayang Cup I se Sumbar Digelar 2 Hari

    Pertandingan SSB Bayang Cup I se Sumbar Digelar 2 Hari PAINAN, HARIANHALUAN.COM - Camat Bayang Ilham Saputra membuka pertandingan sepak bola, SSB Putra Bayang Cup I, se Sumatra Barat, di lapangan Kenagarian Kapelgam, Sabtu (22/2)..
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM