Harga Cabai di Pessel Rp85 Ribu per Kg


Kamis, 10 November 2016 - 00:30:35 WIB
Harga Cabai di Pessel Rp85 Ribu per Kg Ilustrasi.

PAINAN, HALUAN — Tingginya harga cabai merah di Pesisir Selatan (Pessel) membuat kaum ibu resah. Saat ini, harga cabai merah di kabupaten itu mencapai Rp85 ribu per kg dari Rp30 ribu per kg sebe­lumnya. Kondisi ini jelas menjadi beban serius bagi masyarakat, terutama bagi mereka yang pere­konomiannya lemah.

Mahalnya harga cabai dipicu oleh kurangnya pasokan dari peta­ni, sedangkan kebutuhan pasar terus meningkat. Karena itu, peda­gang enceran di pasar tradisional terpaksa membeli dengan harga mahal, lalu menjualnya dengan harga yang lebih tinggi.

Meriati (47), warga Pasar Baru, Ke­camatan Bayang, mengatakan, ting­ginya harga cabai di pasaran sa­ngat memengaruhi perbelanjaan da­lam keluarga. Hal itu diperparah oleh pendapatan yang semakin ber­ku­rang dan kebutuhan keluarga yang te­r­us meningkat selain kebu­tu­han da­pur seperti biaya pen­di­di­kan anak.

Komentar senada diungkapkan Siswati  (45), warga Painan. Yang ia rasakan, tingginya harga cabai saat ini memberikan dampak buruk terhadap keluarganya karena ia terpaksa mengurangi porsi cabai yang dikonsumsi keluarganya untuk menutup kebutuhan lainnya.

Meriati dan Siswati berharap ke­pada pemerintah untuk me­ngatasi tingginya harga cabai di pasaran, setidaknya dapat dijang­kau oleh masyarakat kalangan bawah.

Selain harga cabai, harga bawang merah juga naik di Pessel. Saat ini, harga bawang merah mencapai Rp40 ribu per kg dari sebelumnya Rp18 per kg. (h/mjn)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM