Payakumbuh Siap Rebut Adipura 2017


Kamis, 10 November 2016 - 00:34:42 WIB

PAYAKUMBUH, HALUAN — Tim penilai Adipura dari Kementerian Kehutanan dan Lingkungan Hidup RI bakal datang ke Payakumbuh pada pekan ketiga November 2017.

Penilaian tahap awal (P-1) itu, sangat menentukan bagi Payakumbuh, untuk maju ke penilaian tahap dua (P-2). Untuk itu, Plt. Wa­likota Payakumbuh H. Priadi Syukur tak ingin, dita­ngan­nya, Payakumbuh gagal maju ke P-2, sehingga Piala Adi­pura 2017, lepas dari geng­gaman Kota Batiah ini.

Kepada SKPD terkait, Dinas Tata Ruang dan Ke­bersihan (DTRK) serta Kan­tor Lingkungan Hidup (KLH) Payakumbuh, diminta wali­kota untuk melakukan aksi positif dalam menghadapi P-1. Walikota juga mengajak seluruh SKPD serta warga kota, terlibat aktif meng­hadapi penilaian dimaksud. Dengan menggerakkan  ke­giatan gotong royong ling­kungan serta memelihara dan meningkatkan K-3 setiap perkantoran.

Keterangan Plt. Walikota, Priadi Syukur saat dihubungi Rabu (9/11), pihaknya sudah melakukan koordinasi de­ngan semua jajaran SKPD dan elemen masyarakat, agar kegiatan bersih-bersih dan pemeliharaan lingkungan lebih diintensifkan. Jika pada kegiatan P-1, Payakumbuh gagal mencatat nilai lebih baik, sesuai dengan passing grade yang ditentukan tim, tentu warga kota akan berse­dih.

Bagi Payakumbuh sen­diri, piala Adipura 2017 nanti, merupakan piala Adi­pura ke-10. Setelah sembilan kali diperoleh Payakumbuh, sejak era reformasi ini. “Akan merupakan catatan sejarah baginya, jika sejak menjabat pelaksana tugas kepala dae­rah, hingga 11 Februari nanti, ia  mampu mengantarkan Payakumbuh lolos dalam P-1 Adipura,” ulas Priadi.

Kepala DTRK Paya­kum­buh, Elfi Jaya didampingi Kabid Kebersihan, Men Ap­ris, menyebut, diantara titik pantau yang akan dikunjungi tim, adalah rumah sakit, terminal, pasar rakyat Ibuah, pusat pertokoan bertingkat, sejumlah perkantoran, objek wisata, lingkungan peru­mahan,  sekolah dan Tempat Prosesan Sampah Akhir (TPA) Regional di Kelurahan Kapalo Koto Ampangan, di Kecamatan Payakumbuh Sela­tan.

Kepala KLH Paya­kum­buh Prima Yanuarita, ter­pisah, membenarkan sejum­lah titik pantau tersebut akan dikunjungi tim penilai. Pihak­nya, juga telah melakukan uji labor pada sejumlah titik dari dampak lingkungan yang diakibatkan limbah industri dan rumah sakit. Air sungai di kota ini juga telah diuji labor, dan semuanya boleh dikatakan tak tercemar dari limbah berbahaya.

Baik Kepala DTRK, Elfi Jaya, maupun Kepala KLH Prima Yanuarita, sama-sama mengajak pengelola TPA Regional, atau UPTD dari Dinas Cipta Karya Provinsi Sumatera Barat, untuk ikut berperan serta dalam pe­nilaian nanti, dengan me­ningkatkan K-3 di TPA Re­gional. Limbah di TPA Re­gional, sangat diharapkan tidak merusak lingkungan, karena akan diuji labor oleh tim penilai. (h/zkf)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Senin, 30 Maret 2020 - 19:52:09 WIB

    Mulai Hari Ini, Pengadilan Negeri Payakumbuh Gelar Sidang Online

    Mulai Hari Ini, Pengadilan Negeri Payakumbuh Gelar Sidang Online PAYAKUMBUH, HARIANHALUAN.COM -- Untuk mengantisipasi penyebaran Virus Corona atau Covid-19 di lingkungan Pengadilan Negeri (PN) Payakumbuh, maka sidang Perkara Pidana mulai dilakukan secara online menggunakan sebuah monitor y.
  • Senin, 23 Maret 2020 - 19:28:02 WIB

    Anggaran untuk Tangani Covid-19 di Payakumbuh Cuma Segini?

    Anggaran untuk Tangani Covid-19 di Payakumbuh Cuma Segini? PAYAKUMBUH, HARIANHALUAN.COM - Dalam menghadapi penyebaran virus Corona (Covid--19), Dinas Kesehatan Payakumbuh, sudah menganggarkan dana Biaya Tak Terduga (BTT) sebesar Rp 450 juta..
  • Senin, 23 Maret 2020 - 19:18:13 WIB

    Instruksi Walikota Payakumbuh Tak Digubris Pelajar, Ini yang Terjadi

    Instruksi Walikota Payakumbuh Tak Digubris Pelajar, Ini yang Terjadi PAYAKUMBUH, HARIANHALUAN.COM - Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Payakumbuh kembali menertibkan anak usia sekolah yang berada di tempat-tempat umum karena tidak mengindahkan surat edaran Wali Kota Payakumbuh, untuk .
  • Selasa, 03 Maret 2020 - 18:50:02 WIB

    Corona Masuk Indonesia, Pemko Payakumbuh Imbau Warga Tak Panik

    Corona Masuk Indonesia, Pemko Payakumbuh Imbau Warga Tak Panik PAYAKUMBUH, HARIANHALUAN.COM - Di tengah peliknya kasus Virus Corona (Covid-19) yang mulai masuk ke Indonesia. Wali Kota Payakumbuh Riza Falepi melalui Kepala Dinas Kesehatan mengatakan pihak Pemko tetap komit dan siaga dalam.
  • Selasa, 03 Maret 2020 - 18:40:55 WIB

    Iven Pacu Kuda di Payakumbuh Sukses

    Iven Pacu Kuda di Payakumbuh Sukses PAYAKUMBUH, HARIANHALUAN. COM - Walikota Riza Falepi menerima tamu Panitia Pelaksana Pacuan Kuda dan Pordasi setempat, di Aula pertemuan Randang lantai 2, Balaikota ex. Poliko, Selasa (3/3)..

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM