Pegawai Pertanahan Mentawai Jarang Ngantor


Kamis, 10 November 2016 - 00:38:56 WIB

MENTAWAI HALUAN - Kantor Pertanahan Kepulauan Mentawai yang beralamat di Jalan Raya Tuapeijat, km 10, Desa Bukit Pamewa, Kecamatan Sipora Utara sering tutup dan disinyalir tidak berjalan sebagaimana mestinya.

Hal itu dikeluhkan keba­nyakan warga masyarakat se­tem­pat yang hendak melakukan pengurusan sertifikat tanah ke kantor pertanahan tersebut.

“Sudah sering didatangi, namun  Kantor Pertanahan tak pernah terbuka. Seperti bukan kantor saja. Warga berhak mendapatkan pelayanan publik dari pemerintah, satpamnya saja tidak ada siapa yang harus kita tanya,” keluh Ricky, warga Tuapeijat, Sipora Utara kepada Haluan,  baru-baru ini.

Suparman, Sekretaris Desa Bukit Pamewa, mengakui, kon­disi bobroknya kinerja pihak terkait. Menurutnya, kehadiran petugas di Kantor Pertanahan Mentawai tak menentu. Kadang ada, namun lebih banyak tidak ada.

“Memang benar, petugas di kantor itu lebih banyak tidak ada ketimbang hadir. Biasanya pe­tugas hanya datang dari Padang sekali seminggu. Paling lama berada disini hanya dua hari, kemudian kembali lagi ke Pa­dang. Intinya mereka selalu ada minimal sekali seminggu, namun tidak diketahui jadwal pastinya,” kata Suparman saat ditemui Haluan di ruang kerjanya.

Suparman mengatakan, ham­pir semua masyarakat yang me­lakukan urusan ke kantor ter­sebut, yang kurang berun­tung bisa bertemu dengan petu­gasnya selalu mampir ke Kantor Desa Bukit Pamewa sekedar bertanya, yang mana lokasinya masih berdekatan, yakni cuma 50 meter..

“Kalau masyarakat tak men­dapati petugas disana, biasanya mereka selalu datang pada kami. Sebab tak ada lagi tempat mereka bertanya, karena disana mereka tak bertemu dengan penjaga kantor atau satpam. Kami selaku perangkat desa selalu menerima apabila ada masyarakat yang menanyakan keberadaan petugas pertana­han,” tukasnya.

Tak hanya itu, Suparman membeberkan petugas jaga yang merangkap sebagai penja­ga kebersihan di Kantor Perta­nahan hanya datang sekali seminggu. “Saya tak kenal dengan petugas jaga. Namun yang saya tahu, yang bersang­kutan biasanya datang setiap hari Minggu untuk melakukan tugas kebersihan di kantor itu. Di luar itu biasanya tak pernah kelihatan,”  pungkasnya.

Meski demikian, Suharman berharap adanya petugas yang benar-benar memiliki hati nura­ni untuk mengabdikan diri di Kabupaten Kepulauan Men­tawai, bukan hanya sekedar makan gaji buta.

“Apabila petugas Kantor Pertanahan merasa tidak mam­pu mengabdi atau melayani mas­yarakat Mentawai, lebih baik urus surat pindah ke daerah lain saja. Siapa tau penggantinya ke depan akan lebih berhati nurani dalam melayani mas­yarakat. Selain itu, Kepala Daerah dalam hal ini Bupati, harus menegur pejabat Kantor Pertanahan. Kalau tidak, maka mereka akan terus semena-mena terhadap masyarakat,” harapnya. (h/red/hel)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 31 Maret 2020 - 12:14:51 WIB

    Corona Meluas, Kemenag Sumbar Minta Segera Bayarkan Gaji TPG dan Pegawai

    Corona Meluas, Kemenag Sumbar Minta Segera Bayarkan Gaji TPG dan Pegawai PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kakanwil Kemenag) Sumbar merasa khawatir terhadap penyebaran virus Corona atau Covid-19 yang terus meningkat. Oleh karena itu, dia menghimbau seluruh jajara.
  • Senin, 17 Februari 2020 - 11:03:12 WIB

    TPP 'Disunat' Pemko Sawahlunto, Pegawai RSUD 'Ngadu' ke DPRD

    TPP 'Disunat' Pemko Sawahlunto, Pegawai RSUD 'Ngadu' ke DPRD SAWAHLUNTO, HARIANHALUAN.COM - Seratusan pegawai Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Sawahlunto mendatangi Dewan Perwakilan Rakyat Daerah setempat, Senin 17 Februari 2020, mengadukan terkait Tunjangan Penambah Penghasilan (TP.
  • Selasa, 11 Februari 2020 - 16:13:10 WIB

    BNNK Sawahlunto Tes Urine Pegawai BDTBT ESDM

    BNNK Sawahlunto Tes Urine Pegawai BDTBT ESDM SAWAHLUNTO, HARIANHALUAN.COM - Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Sawahlunto, lakukan sosialisasi dan tes urine Narkotika kepada pegawai Balai Diklat Tambang Bawah Tanah ESDM Sawahlunto, Selasa 11 Februari 2020. Dari 91 pega.
  • Rabu, 30 Oktober 2019 - 08:32:40 WIB

    Semangat HLN ke-74, Giliran GM PLN Sumbar Melayani Pegawainya

    Semangat HLN ke-74, Giliran GM PLN Sumbar Melayani Pegawainya PADANG, HARIANHALUAN.COM - PLN UIWSB mengundang beberapa pegawai yang bertugas di lini terdepan pelayanan untuk mengikuti acara peringatan Hari Listrik Nasional (HLN) ke 74 di kantor induk Padang. Hal ini merupakan bentuk apr.
  • Rabu, 23 Oktober 2019 - 22:10:12 WIB

    Kepedulian Mentawai Kepada Non PNS, Ribuan Pegawai Honorer Terima Kartu Taspen

    Kepedulian Mentawai Kepada Non PNS, Ribuan Pegawai Honorer Terima Kartu Taspen MENTAWAI, HARIANHALUAN.COM – Rasa haru bahagia terpancar dari wajah pegawai Non PNS (Honorer) di Pemerintahan Kabupaten Mentawai saat acara penyerahan Kartu Peserta Taspen di Aula Kantor Bupati setempat, Senin (21/10). Mere.

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM