SOPD Berubah, Beban Direktur RSUD Bertambah


Kamis, 10 November 2016 - 00:40:03 WIB

PADANG PANJANG, HALUAN — Perubahan Susunan Organisasi Perangkat Daerah (SOPD) yang dilakukan serentak diseluruh Indonesia akan berdampak terhadap keberadaan Direktur Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD).

Termasuk juga RSUD Kota Padang Panjang. Pasalnya, Di­rektur RSUD akan menjadi eselon IV dan berada di bawah Dinas Kesehatan.

Anggota Komisi IX DPR-RI, Suir Syam, ketika mengunjungi RSUD Kota Padang Panjang, Senin (7/11) kemarin menga­takan, Ko­misi IX yang mem­bidangi kese­hatan, kerap kali mendapatkan laporan tentang keberadaan Direk­tur RSUD mela­kukan kun­jungan lapangan.

“Saat ini, Direktur RSUD sedang galau. Hal itu terjadi me­nyeluruh di Indonesia, saya sering mendapatkan pengaduan tentang itu. Contohnya saja di Padang Panjang. Nanti Direktur RSUD akan menjadi eselon IV dan berada di bawah Dinas Kesehatan. Belum lagi, tugas direktur yang harus membuat kredit poin untuk capaian naik pangkat, sehingga urusan direktur RSUD menjadi pekerjaan tambahan bagi dokter,” terang Suir Syam.

Sebagai solusi, Komisi IX telah berupaya menyampaikan keluhan Direktur RSUD kepada Kemen­terian Dalam Negeri dan Ke­menterian Kesehatan, karena wewenang RSUD berada di dua kementerian tersebut. “Apalagi, jika RSUD nantinya berbentuk UPT, tentunya akan banyak ba­gian pelayanan dan administrasi yang akan terpangkas,” ungkap mantan Walikota Padang Panjang ini lagi.

Terkait peningkatan status RSUD Kota Padang Panjang yang akan ditingkatkan dari tipe C menjadi tipe B. Suir Syam me­minta manajemen rumah sakit untuk memikirkan kembali ren­cana ter­sebut, karena masih ba­nyak hal-hal yang perlu dibenahi oleh RSUD Kota Padang Panjang.

Menanggapi itu, Direktur RS­UD Kota Padang Panjang, dr.Ar­doni menyampaikan, pihaknya memang telah melakukan kon­sultasi dengan persatuan Direktur RSUD untuk penyesuaian pada SOPD yang dilakukan  perom­bakan secara nasional tersebut.

“Sesuai dengan kebijakan yang dilakukan oleh Kementerian Dalam Negeri dengan Keme­netrian Kesehatan. Untuk posisi RSUD mungkin belum dilakukan penyesuaian. Tetapi, untuk ke depannya kita juga belum tau seperti apa kebijakan tersebut dilaksanakan,” ujar Ardoni.

Jika memang akan menjadi UPT, lanjut Ardoni, dirinya tentu akan kembali menjadi dokter umum dengan beban tugas mela­yani pasien dan menemani dokter spesial melakukan pemeriksaan terhadap pasien. Setelah itu, baru melaksanakan tugas sebagai Direktur RSUD. Karena itu akan menyangkut tentang angka kredit poin dan sejumlah penugasan dalam profesi dokter. (h/mg-pis)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Senin, 24 Oktober 2016 - 01:30:12 WIB

    Ranperda Pembentukan SOPD Disahkan

    AGAM, HALUAN — Pemeritah Kabupaten Agam dan DPRD setempat, menemui kata sepakat dalam Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) Kabupaten Agam tentang pembentukan dan susunan perangkat daerah Kabupaten Agam tahun 2016, dalam Ra.
  • Kamis, 29 September 2016 - 02:55:48 WIB

    Perda SOPD Bawa Konsekuensi Perubahan

    Perda SOPD Bawa Konsekuensi Perubahan LIMAPULUH KOTA, HALUAN — Pasangan Bupati-Wakil Bupati Limapuluh Kota Irfendi Arbi-Ferizal Ridwan, mengu­capkan terima kasih atas dukungan dan kerjasama pimpinan dan segenap anggota DPRD atas lahirnya Rancangan Peraturan Da.
  • Jumat, 09 September 2016 - 02:14:13 WIB

    Penyusunan SOPD Disesuaikan Tipologi Daerah

    Penyusunan SOPD  Disesuaikan Tipologi Daerah LIMAPULUH KOTA, HALUAN — Bupati Lima­puluh Kota, Irfendi Arbi menegaskan, kebutuhan bidang dan seksi pada pe­rangkat daerah disesuaikan dengan tipologi perangkat daerah. Ranperda ini tentu sudah melalui analisis cost and .
  • Rabu, 24 Agustus 2016 - 12:40:52 WIB

    SOPD Padang Pariaman Mulai Dibahas

    PADANG PARIAMAN, HALUAN — Susunan Organisasi Pemerintah Daerah (SOPD) Padang Pariaman, sesuai Peratu­ran Pemerintah nomor 18 tahun 2016 mulai dibahas Pemkab Padang Pariaman bersama DPRD setempat. Sementara itu para pimp.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM