PERMUDAH AKSES INFORMASI MASYARAKAT

Pemko Luncurkan Aplikasi PPID


Kamis, 10 November 2016 - 00:40:53 WIB

PADANG, HALUAN — Seluruh SKPD se-Kota Pa­dang tidak ada alasan lagi untuk menyembunyikan data dan informasi kepada masya­rakat yang mem­bu­tuhkan.

Kemarin, Rabu (9/11) Pemerintah Kota Padang secara resmi merilis aplikasi PPID yang nantinya akan dikelola oleh pejabat PPID di masing-masing SKPD.

Disamping itu, Aplikasi PPID ini juga bisa menjadi wadah bagi masing-masing SKPD untuk memberikan informasi terkait program, pelayanan, kegiatan dan in­formasi yang dibutuhkan oleh masyarakat.

“Dengan adanya UU No 14 tahun 2008 tentang keter­bukaan informasi publik, Pemerintah Kota Padang dan jajarannya wajib memberikan informasi secara transparan kepada masyarakat. Melalui Aplikasi PPID ini, masya­rakat bisa mendapatkan in­formasi yang dibutuhkan karena system penyebaran informasi sekarang sudah terpusat di Aplikasi PPID,” kata Asisten III Pemko Pa­dang. Corry Saidan kepada Wartawan, Rabu (9/11).

Ditekankannya, kepada seluruh SKPD yang ada di Kota Padang saat ini wajib meng-update informasi ten­tang SKPD secara rutin.

Kabag Humas Pemko Padang, Mursalim menga­takan dirilisnya Aplikasi PPID ini, berarti pejabat PPID di masing-masing SK­PD harus lebih giat menye­barkan Informasi publiknya.

Seluruh Pejabat PPID masing-masing SKPD meru­pakan admin dari aplikasi PPID ini.

Sedangkan untuk pengawasan, akan dipegang langsung oleh Humas Pemko Padang. Jika ada pejabat PPID yang tidak me­ma­n­faatkan aplikasi ini, akan ada sanksi yang menanti.

Untuk masyarakat yang ingin tahu apa isi informasi yang telah disediakan oleh Pemko Padang dan Jaja­rannya, dapat mengaksesnya di website www.­ppid.­pa­dang.go.id.

Sementara itu Komi­sio­ner Komisi Informasi Sum­bar, Yurnaldi menyambut baik aplikasi PPID ini dan menekankan agar Pemko Padang memberikan per­hatian khusus kepada pejabat PPID.

Pasalnya, sampai saat ini tidak ada anggaran untuk pejabat PPID yang nantinya bekerja secara online maupun bergerilya ke tengah ma­syarakat.

Ia juga mengatakan tugas berat bagi Pejabat PPID nantinya adalah menyusun dan memprogramkan daftar informasi public yang akan dirilis ke masyarakat.

Jika suatu waktu ada per­mintaan dari masyarakat untuk meminta informasi yang dirahasiakan, maka pejabat PPID harus merunut kepada aturan yang berlaku. (h/mg-ang)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM