PRIORITASKAN HAFIZ ALQURAN JABAT ESELON DUA

Solok Menuju Kota yang Diberkahi


Kamis, 10 November 2016 - 01:08:53 WIB
Solok Menuju Kota yang Diberkahi Walikota Solok Zul Elfian, SH, MSi.

SOLOK,HALUAN — Untuk menempati jabatan eselon dua di Pemerintah Kota Solok, tidak cukup hanya dengan me­menuhi jenjang kepangkatan dan lulus seleksi assessment dengan nilai ter­tinggi saja, melainkan juga harus hafal Alquran, minimal satu juz.

Walikota Solok Zul Elfian, SH, MSi di ruang kerjanya, Selasa (8/11) mengatakan, kebijakan memberikan prioritas bagi hafiz Alquran menduduki jabatan strategis itu dalam rangka mewujudkan Kota Solok sebagai kota yang diberkahi. Sebuah kota yang pen­duduknya memiliki karakter baik,beriman,bertaqwa dan saling ingin berbuat baik antara yang satu dengan yang lainnya.

“Kota Solok tahun 2020 kita rancang menjadi pesanten be­sar,dimana santrinya adalah selu­ruh warga kota. Layaknya seorang santri,warga kota  saling berlomba untuk saling memberi manfaat. Antara pendatang dengan pendu­duk pribumi hidup rukun dan saling membantu, persis seperti kehidupan kaum muhajirin de­ngan kaum ansyar di Kota Madi­nah pada zaman Rasulullah,” ujar Zul Elfian optimis.

Lebih jauh pemegang sabuk hitam dan II kukkiwon taekwondo ini menjelaskan,agar Kota Solok diberkahi Allah, langkah awal yang harus dilakukan adalah membangun sumber daya manu­sia dan memperbaiki mentalitas Aparatur Sipil Negara. Dan tentu saja tanpa menepikan pemba­ngunan infrastruktur dan pem­bangunan lainnya.

Untuk memperbaiki menta­litas Aparatur Sipil Negara itu, harus dimulai dari  pimpinan. Oleh karena itu, jabatan eselon dua seperti asisten, staf ahli, sekretaris DPRD, kepala dinas dan kepala badan harus dipegang oleh orang yang memiliki  hati yang sukarela dan iklas dalam melayani.

“Hati yang sukarela dan iklas adalah hati yang paling hebat dalam memberikan pelayanan yang berkualitas. Dan hati yang sukarela dan iklas itu biasanya ada pada hafiz Alquran. Maka dari itu kita akan berikan prioritas pada hafiz Alquran untuk me­mimpin,” kata Zul Elfian beralasan.

Pada prinsipnya, alumni Ma­gister Administrasi Publik UGM ini berkeinginan seluruh warga kota memiliki hati yang sukarela dan iklas dalam memberikan pelayanan. Tidak hanya Aparatur Sipil Negara saja yang dituntut  melayani dengan iklas, akan tetapi seluruh warga, termasuk tukang parkir.

Untuk membangun warga ber­karakter santri, Pemko Solok sudah sejak beberapa waktu lalu sudah meluncurkan program dokter rohani. Puluhan dai dan mubaliq diterjunkan di kelura­han-kelurahan untuk membina dan menguatkan iman dan taqwa masyarakat. Khusus untuk pelajar, dilaksanakan program Mabit (malam bina iman taqwa).           

Pemko Solok juga membenahi kinerja pelayanan kesehatan. Kebijakan ini diambil karena Pemko Solok memandang pem­ba­ngunan bidang kesehatan se­bagai investasi untuk mendu­kung pembangunan ekonomi dan memiliki peran penting dalam memberantas kemiskinan.

Mantan Ketua KAN Sa­niang­baka ini mengakui, saat ini ki­nerja paramedis di Kota Solok masih belum optimal. Masih ada masyarakat yang kepalanya men­dadak pusing dan panas tubuh­nya menjadi naik ketika ber­urusan dengan paramedis. Sehing­ga muncul nada-nada miring tentang layanan kesehatan yang mengatakan ‘dari pada berurusan dengan paramedis, lebih baik berurusan dengan paramex dan paracetamol’.

Pemerintah Kota Solok, kata Zul Elfian, sangat konsisten da­lam meningkatkan kualitas ke­sehatan warganya. Untuk itu, disamping membenahi kualitas pelayanan kesehatan,Pemko So­lok juga akan membangun rumah sakit baru.

Untuk menyangga Kota Pa­dang dalam dalam memberikan pelayanan medis, dalam waktu dekat ini akan didirikan dua buah rumah sakit di Kota Solok. Satu rumah sakit milik pemerintah daerah dan satu lagi rumah sakit swasta bernuansa hotel.

“Rumah sakit daerah akan dibangun di Kelurahan Tanah Garam,tepatnya di lokasi kantor Dinas Pertanian ,Peternakan dan Kehutanan sekarang. Sedangkan  rumah sakit  swasta bernuansa hotel akan dibangun oleh H. Nelson Septiadi  di Jalan By Pass,” kata Zul Elfian.

Dikatakannya, disamping membangun dua buah rumah sakit,Pemko Solok pada awal Desember ini akan meluncurkan aplikasi Solok Madinah Care (SMS). Melalui aplikasi ini mas­yarakat yang butuh pelayanan kesehatan cukup dengan mengi­rim SMS ke SMS call centre dan petugas kesehatan akan datang ke rumah untuk memberikan pelaya­nan medis. (h/eri)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM