TARGET LIMA TAHUN

2.400 Gerai Minang Mart di Sumbar


Kamis, 10 November 2016 - 01:09:31 WIB

PADANG, HA­LUAN — Direktur Utama Bank Nagari Dedy Ihsan me­nga­takan, saat ini ada sekitar 2.371 nasa­bah Bank Nagari yang bergerak di bi­dang ritel/perda­ga­ngan yang siap untuk bermigrasi ke konsep Minang Mart.

Sementara itu saat ini ada 700 calon mitra Minang Mart yang sedang diverifikasi untuk menjadi mitra.Jika sudah disetujui jadi mitra, Bank Nagari bersedia membantu dalam hal pembiayaan/modal.

Demikian dikatakan Dedy Ihsan di Bank Nagari Jl. Pemuda No.21 Padang, Rabu (9/11) usai bertemu direksi dan komisaris PT Grafika, PT Jamkrida dan PT Retail Modern Minang selaku operator Minang Mart.

Dalam hal pendirian Minang Mart, tiga BUMD  berkolaborasi. Yakni Bank Nagari sebagai pendukung pembiayaan, PT Grafika sebagai pengelola dan PT Jamkrida selaku penjamin kredit.

“Kita sangat mendukung Mi­nang Mart. Kalau memang usa­hanya prospektif dan layak untuk dibiayai, kenapa bank tidak mau membiayai. Yang untung nantinya kan juga bank,” katanya.

Apalagi Bank Nagari juga punya Kredit Usaha Rakyat (KUR) dengan bunga rendah 9 persen per tahun yang bisa diman­faatkan untuk membantu pem­biayaan usaha,” ujar Dedy Ihsan.

Sementara itu dua unit gerai Minang Mart akan dibuka pada 18 November 2016 yang berlo­kasi di Lubuk Begalung dan Gurun Laweh Padang. Hingga akhir tahun 2016, akan dibuka sedikitnya 9 gerai Minang Mart.

“Sampai pertengahan 2017, kita masih fokus untuk pem­bukaan gerai/toko di kawasan Kota Padang. Sedangkan target 5 tahun ke depan adalah 2.400 unit di Sumbar,” ujar Dasril Direktur PT Grafika.

Hadir  bersama Dasril saat itu Direktur PT Retail Modern Mi­nang Syaiful Bakhri , Komisaris PT Grafika Alizar dan Muslim Harun serta Direktur Pemasaran PT Jamkrida, Rishendri.

Dikatakannya, untuk awal setidaknya ada sekitar 2.000 item  barang yang dijual di gerai Mi­nang Mart. Sekitar 30 persen dari produk yang dipasok Minang Mart ke gerai/toko, berasal dari Sumbar.

“Kita telah bekerja sama de­ngan 50 pelaku UMKM lokal untuk memasok barang,” kata Dasril.

Dikatakan Dasril, lebih dari 75 persen perekonomian Sumbar ditopang oleh UMKM. Ken­dala­nya UMKM Sumbar cendrung lebih banyak memproduksi, na­mun sulit dalam hal memasarkan.

“Keberadaan Minang Mart diharapkan mampu menjadi so­lusi. Misalnya saja untuk beras, kita melakukan kerja sama dengan gabungan kelompok tani (gapok­tan) lokal untuk memasok beras.

Apapun hasil produksi dari UMKM lokal, kita harapkan bisa kita rangkul. Besar harapan kita, keberadaan Minang Mart mampu memasarkan produk UMKM lokal,” tambahnya.

Sementara untuk produk pa­brikasi, dikatakan Dasril me­ngam­bil langsung dari pabrik atau pun distributor besar seperti Unilever dan lainnya sehingga bisa mendapatkan harga yang bersaing untuk dijual nantinya.

Dikatakannya lagi, dipastikan uang yang beredar dari usaha Minang Mart ini akan beredar di Sumbar karena sistem bukan waralaba, jadi keuntungan murni untuk pedagang.

“Selain juga pemasoknya mem­berdayakan hasil produksi lokal sehingga usaha UMKM lokal juga bisa terangkat yang pada akhirnya mampu menyerap tenaga kerja dan menggerakkan ekonomi daerah,”  terangnya.

Sementara itu Syaiful Bakhri  mengatakan, ada dua jenis konsep yang ditawarkan Minang Mart yakni yang berbentuk gerai/toko yang disebut Minang Mart dan ada juga dengan konsep gerobak.

“Untuk gudang, kami juga punya yaitu di PT Grafika. PT Ritel Modern Minang selaku operator nantinya juga akan memberikan pendampingan pada mitra Minang Mart.

Mereka yang kami berdaya­kan di PT Ritel Modern Minang semuanya adalah pemuda Mi­nang yang mempunyai kepedu­lian dan rasa sosial yang tinggi untuk kemajuan daerahnya Sum­bar,” terang Syaiful.(h/ita/atv)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 27 Januari 2016 - 04:31:00 WIB
    Angka Pengangguran Masih Tinggi

    3.715 Industri Serap 22.400 Pekerja

    PADANG, HALUAN—Ada sebanyak 3.715 jumlah industri di Kota Padang yang meliputi industri kecil, menengah dan besar. Sayangnya, jumlah tersebut belum signifikan menyerap tenaga kerja..
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM