SEKJEN DIJEMPUT MALAM

Besok HMI se-Sumbar Turun ke Jalan


Kamis, 10 November 2016 - 01:12:09 WIB
Besok HMI se-Sumbar Turun ke Jalan JAJARAN Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Sumatera Barat menggelar jumpa pers terkait penangkapan Sekjen HMI Pusat oleh Polda Metro Jaya, Rabu (9/11). Dalam pernyataan tersebut, HMI Sumbar menyatakan tujuh hal yang diyakini melenceng dari sistem pemerintahan saat ini. (HUDA PUTRA)

PADANG, HALUAN — Pe­nang­kapan terhadap Pasca ditangkapnya Sekretaris Jendral (Sekjen) Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Ami­­jaya Halim (31) me­nimbulkan efek domino. Kader HMI seluruh In­do­nesia bergerak, tak ter­ke­cuali Sumbar. Rencananya, Kamis (11/11) besok, kader HMI akan turun ke jalan dan berunjukrasa ke Mapolda Sumbar.

Unjuk rasa akan dimulai dengan longmarch dari Wis­ma HMI menuju  gedung DPRD Sumatera Barat di Jalan Khatib Sulaiman, Pa­dang. Seterusnya ke Polda Sumatera Barat. “Kami dari HMI Sumbar sangat me­nyayangkan penangkapan yang tidak sesuai dengan sistem yang berlaku. Apalagi penangkapan dilakukan se­cara paksa”  ujar Ketua Umum HMI Sumbar Tomi F Habibi, dalam jumpa pers­nya, Jumat (9/11).

Lebih lanjut dika­takan­nya, dalam aksi nantinya, pihaknya akan menyatakan sikap  terkait dengan aksi damai pada 411 yang dila­kukan oleh umat islam. Tindakan itu dianggap dilin­dungi dan dijamin oleh

Undang-Undang 1945, khu­sus­nya pasal 28E aya. “Setiap orang berhak atas kebebasab menyakini kepercayaan, menyatakan pikiran san sikap sesuai dengan hati nuraninya. Itu bunyi aturannya,” kata Tomi.

Tomi menyesalkan pernya­taan Presiden Jokowi terkait aktor politik yang menunggangi aksi bela Islam II. Padahal sebenarnya gerakan tersebut merupakan gera­kan murni untuk pengegakan supremasi hukum. “Hal itu me­ngindikasi bahwa presiden anti kritik,” lanjut Tomi.

HMI Sumbar juga sangat me­nya­yangkan aparat kepolisian yang bersikap represif terhadap peserta aksi dan meminta Kapolri untuk mengusut secara me­nye­luruh oknum aparat kepolisian yang diduga telah melakukan provokasi terhadap masa aksi. “HMI sangat menyayangkan sikap pimpinan Polda Metro Jaya yang mengeluarkan pernyataan ber­nada provokatif dan tendesius sehingga merugikan nama baik HMI secara organisasi,” paparnya.

Pihaknya juga mengecam penangkapan Sekjen PBHMI dan beberapa kader HMI yang dila­kukan secara paksa oleh pihak kepolisian yang tidak meng­hormati asas praduga tak bersalah. Tindakan tersebut merupakan teror yang dilakukan terhadap elemen gerakan Islam.

“Penangkapan Sekjen PBHMI Dan Kader HMI merupakan ben­tuk pembungkaman demokrasi yang tidak sesuai. HMI juga berharap pihak yang berkaitan menyelesaikan proses hukum secara tegas dan trasparan serta menolak segala bentuk penga­lihan isu terhadap kasus pe­nistaan agama yang dilakukan oleh Basuki Tjahaya Purnama,” tegas Tomi.

Untuk menyampaikan pernya­taan tersebut, HMI Sumbar me­ngimbau seluruh kader HMI agar bisa berkumpul dan ikut me­nyuarakan keresahan yang diala­mi. Pihaknya berharap, aksi da­mai yang akan dilakukan nanti­nya  bisa menjadikan peraturan serta sistem Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) yang telah ada dapat dilaksanakan sebaik-baiknya.

Ajukan Praperadilan

Terkait penangkapan dan pe­netapan tersangka lima kadernya, pengurus HMI berencana me­ngajukan gugatan praperadilan. Mereka menilai, penetapan ter­sangka tersebut bermasalah dan tidak sesuai prosedur. “Kami sedang rapat tim hukum untuk mempersiapkan beberapa lang­kah, termasuk pembelaan. Mau upaya praperadilan atau apa,” tutur Koordinator Tim Kuasa Hukum HMI, Muhammad Syukur Mandar saat dikonfirmasi di Jakarta, Rabu (9/11).

Pihaknya merasa kepolisian menjalankan proses hukum tanpa prosedur yang jelas. Terlebih, empat dari lima kader HMI yang kini berstatus tersangka itu telah ditahan. “Penahanan kan harus punya alasan. Alasan kuat. Apa­kah mau melarikan diri, me­ngu­langi perbuatan, atau menghi­langkan alat bukti. Nah, klien kami tak dalam posisi tiga hal itu,” jelas Syukur.

Menanggapi hal itu, Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Awi Setiyono menyatakan, kepolisian mempersilakan upaya hukum apapun dari HMI. Sebab, dia yakin pihaknya telah bekerja sesuai aturan hukum dan undang-undang yang berlaku. (h/mg-ina)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Ahad, 12 Mei 2019 - 11:50:44 WIB

    Acara Seharian, Ini Agenda Pelantikan Walikota-Wakil Walikota Padang Besok

    Acara Seharian, Ini Agenda Pelantikan Walikota-Wakil Walikota Padang Besok PADANG, HARIANHALUAN.COM – Puncak pesta demokrasi masyarakat Kota Padang pada Pilkada serentak lalu digelar besok, Senin (13/5) yaitu pelantikan pasangan walikota terpilih. Panitia pelaksana pelantikan yakni Pemprov Sumbar .
  • Rabu, 08 November 2017 - 01:07:53 WIB
    PASAR BELIMBING SELESAI SATU BLOK

    Besok, Ditempati 94 Pedagang

    Besok, Ditempati 94 Pedagang PADANG, HALUAN - Sebanyak 94 pedagang di Pasar Belimbing diloting, Selasa (7/11). Loting tersebut khusus untuk pedagang yang ditempatkan pada bangunan yang telah selesai dibuat satu blok..
  • Ahad, 09 Juli 2017 - 18:32:11 WIB

    Besok, Ketua DPRD Padang yang Baru Dilantik

    Besok, Ketua DPRD Padang yang Baru Dilantik PADANG, HALUAN -- Hari ini Senin (10/7), Ketua DPRD Kota Padang yang baru Elly Thrisyanti bakal dilantik menggantikan Ketua DPRD Kota Padang yang lama Erisman dalam Sidang Paripurna Istimewa..
  • Selasa, 11 April 2017 - 09:07:01 WIB

    Ingin Job? Besok ada Job Fair dengan Ribuan Lowongan

    Ingin Job? Besok ada Job Fair dengan Ribuan Lowongan PADANG, HALUAN — Kementrian Ketenagakerjaan (Kemnaker) RI, bekerjasama dengan Pemerintah Kota (Pemko) Padang melalui Dinas Tenaga Kerja dan Perindustian (Disnakerin) bakal menggelar bursa kerja (job fair) pada 12-13 April m.
  • Jumat, 18 November 2016 - 00:54:42 WIB
    PENGAMBILAN API DI PARIANGAN

    Besok, Porprov XIV Ditabuh

    Besok, Porprov XIV Ditabuh PADANG, HALUAN—Pekan Olah Raga Provinsi (Porprov) XIV ditabuh besok, Sabtu (19/11) di Kota Padang. Sesuai tradisi, rangkaian pembukaan didahului prosesi pengambilan api Porprov di Nagari Pa­ria­ngan, Kabupaten Tanah Datar.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM