Memperingati 10 November, Murid SD Ini Belajar Keberagaman Agama di Taman Makam Pahlawan Padang


Kamis, 10 November 2016 - 13:57:05 WIB
Memperingati 10 November, Murid SD Ini Belajar Keberagaman Agama di Taman Makam Pahlawan Padang BELAJAR DI MAKAM PAHLAWAN--Sejumlah murid Sekolah Dasar (SD) membersihkan sampah di Taman Makam Pahlawan Kusuma Bangsa, Padang, Kamis (10/11). RIVO SEPTI ANDRIES

PADANG, HALUAN—Belajar tidak hanya tentang membaca buku, tetapi juga melihat kondisi lapangan terutama tentang jejak sejarah dan keberagaman agama.

 

Hal inilah yang diterapkan oleh puluhan murid Sekolah Dasar (SD) 29 Gantiang Utara, Padang Timur, Kota Padang mengunjungi Taman Makam Pahlawan Kusuma Negara, Padang, Kamis (10/11).

 

Aksi murid tersebut dimulai dengan membersihkan sampah di sekitar makam, dan dilanjutkan penjelasan dari guru tentang sejarah kemerdekaan yang diperjuangkan oleh pahlawan.

 

“Dalam rangka hari pahlawan, anak-anak bisa mengerti bagaimana para pahlawan merebut kemerdekaannya. Bahkan anak ini juga baru tahu ternyata para pahlawan juga mempunyai agama yang berbeda,” terangnya Guru SD 29 Mutia Hariani.

 

Ia menambahkan, murid SD yang datang ke makam bisa lebih mengenal keberagaman agama yang dianut oleh para pahlawannya. Tapi tetap dapat bersatu dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia.

 

“Tadi mereka bertanya tentang banyaknya agama para pahlawan yang terlihat dari batu nisan. Dan kami menjelaskan bahwa meski agamanya berbeda tapi mereka rela berkorban nyawa, meninggalkan keluarga, dan tetap bisa bersatu membela tanah air,” paparnya.

 


Editor : Rivo Septi Andries


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM