Wabup Siak: Dishub Harus Tindak Tegas Parkir Liar


Jumat, 11 November 2016 - 00:20:05 WIB

SIAK, HALUAN — Wakil Bupati Kabupaten Siak, Alfedri, meminta Dinas Perhubungan (Dishub) untuk menertibkan pengelolaan parkir yang ada difasilitas umum daerah setem­pat karena masih sering dipu­ngut oleh tukang parkir liar atau perseorangan.

“Siak sudah banyak menga­dakan acara-acara baik dalam tingkat nasional bahkan inter­nasional, seharusnya itu bisa meng­genjot Pendapatan Asli daerah khususnya dibidang retribusi par­kir,” kata Wakil Bupati Siak Alfedri di Siak, Kamis (10/11).

Namun menurutnya retribusi parkir belum sepenuhnya mem­be­rikan kontribusi yang besar dalam meningkatkan PAD ka­bu­paten Siak. Meskipun diakhir pekan juga banyak pengunjung yang masuk ke daerah setempat.

Dia mengatakan Dishub Siak ha­rus bersikap tegas ter­hadap tu­kang parkir liar yang memungut bia­ya parkir pada masyarakat na­mun tidak masuk pada kas daerah.

“Banyak tempat-tempat umum yang parkirannya di­pu­ngut oleh perseorangan, namun tidak ada memberi kontribusi apa-apa untuk penambahan PAD karena tidak masuk pada kas daerah,” paparnya.

Kedepan lanjutnya, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Siak juga akan memberlakukan biaya parkir pada kendaraan yang masuk pada area tersebut. Dikatakannya hingga saat ini area parkir RSUD gratis tanpa pungutan.

“Pihak rumah sakit sudah dua ka­li mengajukan permo­ho­nan un­tuk bisa memungut bia­ya par­kir pa­da kendaraan yang masuk, se­lama ini setiap ken­daraan yang ma­suk masih bebas parkir. Itu juga ba­gus untuk menambah PAD di­bi­dang retri­busi parkir,” ungkap­nya.

Sementara itu Dinas Perhu­bungan kedepannya akan mene­rapkan wajib biaya parkir dise­tiap badan jalan dengan keten­tuan untuk kendaraan roda dua tarif Rp1.000 dan roda empat Rp2.000.

Sedangkan area wajib biaya parkir yang diterapkan pada pusat keramaian sampai saat ini hanya di Pasar Raya Belantik, Taman WFC, dan Pasar Siak. (h/ant)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 03 Februari 2016 - 02:46:50 WIB

    Bupati dan Wabup Karimun Disahkan

    Bupati dan Wabup Karimun Disahkan KARIMUN, HALUAN — De­wan Perwakilan Rakyat Da­erah (DPRD) Karimun akhir­nya mengesahkan Aunur Ra­fiq-Anwar Hasyim (ARAH) sebagai Bupati-Wakil Bupati Karimun terpilih masa bhakti 2016-2021 mendatang. Pe­ngesahan tersebu.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM