Pembebasan Lahan Tol Pekanbaru-Dumai, TNI Ambil Bagian


Jumat, 11 November 2016 - 00:21:48 WIB

SIAK, HALUAN — Koramil 09/Minas Siak, Riau memfasilitasi pembebasan lahan warga setempat yang terkena pembangun jalan tol Pekanbaru-Dumai.  

“Kami beserta Camat Mi­nas dan staf kepresidenan wilayah Riau telah melak­sanakan rapat musyawarah dengan warga yang tanahnya terkena proyek pembangunan jalan tol Pekanbaru-Dumai,” kata Danramil 09/Minas Kap­ten Sabar Riswanto di Siak, Riau, Kamis.

Kapten Sabar Riswanto menjelaskan ini upaya perce­patan yang dilakukan semua pihak guna menyelesaikan pembebasan lahan pemba­ngunan jalan tol tersebut. Me­nu­rut dia dalam rapat dibahas penyelesaian permasalahan pembebasan lahan warga yang terkena pembangunan.

“Diharapkan pembangunan jalan tol Pekanbaru - Dumai  ini semua dapat berjalan lancar,” tegasnya.

Sebelumnya diberitakan Pe­merintah Kota Pekanbaru, siap menghibahkan aset jalan ling­kar luar Muara Fajar, Rum­bai se­panjang 2,3 kilo­meter yang menjadi akses masuk pin­tu tol Pekanbaru - Dumai ke Ke­menterian Peker­jaan Umum dan Perumahan Rakyat (PU­PR) guna me­nun­jang pemba­ngu­nan.

“Ini sesuai kesepakatan bersama dengan Provinsi Riau saat rapat beberapa waktu lalu,” kata Pelaksana tugas (Plt) Asisten III Bidang Peme­rinta­han Azmi di Pekanbaru, usai memimpin rapat lanjutan di­ling­kungan Pemko, Kamis.

Menurut Azmi jalan lingkar luar yang dibangun Pemko sepanjang 2,3 kilometer akan dialihkan kepemilikan asetnya dari Pemko ke Kementerian PUPR. Ini atas pertimbangan proses standar pembangunan jalan tersebut agar sama dengan tol. Sebab merupakan pintu masuk nantinya ke tol Pekan­baru - Dumai.

“Selain itu, agar bisa diang­garkan pembangunan badan jalan oleh pemerintah pusat lewat Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN). Sehingga akses masuk pintu tol Pekanbaru - Dumai seragam spesifikasinya,” terang Azmi.

Menurut dia jalan lingkar luar pintu masuk tol yang berlokasi di Muara Fajar, Rum­bai itu besarnya 70 meter. Kini sudah selesai proses Konso­lidasi Tanah (KT) dan selesai dilakukan pembentukan/pem­bu­kaan jalan.

“Kalau itu diserahkan ke Kementerian PUPR harus kita siapkan sertifikat KT, dan administrasi penyerahan aset ke pusat agar tidak ada kendala di kemudian hari,” tegasnya.

Ia menambahkan Pemko siap mempercepat proses ke­leng­kapan administrasi hibah, agar dikemudian hari tidak ada lagi sengketa atau masalah.

“Kami menargetkan semua proses hibah sudah selesai sebelum rencana  kedatangan Presiden Joko Widodo ke Pe­kan­baru dalam rangka peleta­kan batu pertama tol Pekanbaru - Dumai 9 Desember 2016,” katanya menambahkan.

Disisi lain Masperi Asisten II Setdaprov Riau Bidang Eko­nomi dan Pembangunan mem­bernarkan pengerjaan jalan tol Pekanbaru-Dumai terus digesa. Walau sebanyak tujuh persil bidang lahan di perbatasan Pekanbaru- Siak masih belum selesai ganti ruginya.

“Ada sekitar 2,8 Km lahan jalan tol mulai dari Muara Fajar hingga perbatasan Pekanbaru dan Siak dengan luas 408 hektare yang belum tuntas ganti ruginya,” ujarnya.

Dari tujuh persil lahan ini diketahui ada enam orang pemilik. Menurut Masperi masalahnya adalah tidak dite­mukan kecocokan harga ganti rugi lahan antara pemilik dan tim appraisal (penilaian).

“Agar proses pembangunan jalan tol tetap berlanjut maka proses ganti rugi diserahkan ke pengadilan,” jelasnya.

Dalam proses di pe­nga­dilan sebut dia pada Rabu 12 Okto­ber 2016 lalu sudah dilakukan mediasi. Namun tidak ada titik temu. “Meski masih ada lahan bermasalah namun ini tak akan meng­ganggu proses pem­ba­ngu­nan jalan tol sepanjang 126 Km (78 mil) yang akan diba­ngun ini akan menghubungkan Pekanbaru-Dumai dengan me­lin­tasi tiga kota. (h/ant)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 02 November 2016 - 01:02:28 WIB

    SPS Riau Tuntut Pembebasan Dahlan Iskan

    SPS Riau Tuntut Pembebasan Dahlan Iskan PEKANBARU, HA­LUAN — Pe­nolakan penahanan Dahlan Iskan yang ter­san­dung kasus hukum terkait du­gaan penjualan aset daerah di Provinsi Jawa Timur, juga disuarakan Serikat Peru­sahaan Pers (SPS) Riau..
  • Senin, 22 Agustus 2016 - 02:39:52 WIB

    Tol Pekanbaru-Dumai Terkendala Pembebasan Lahan

    Tol Pekanbaru-Dumai Terkendala Pembebasan Lahan PEKANBARU, HALUAN — Pemerintah Pro­vinsi (Pemprov) Riau hingga saat ini ma­sih menyelesaikan pembebasan lahan un­tuk pembangunan Jalan Tol Pekanbaru-Du­mai. Tercatat masih terdapat beberapa per­sil lahan yang belum dib.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM