Pembangunan Infrastruktur Dikebut dengan Dana Rp90 M


Jumat, 11 November 2016 - 00:22:30 WIB

PASAMAN, HALUAN — Pe­merintah Kabupaten Pasaman memacu percepatan pem­ba­ngunan infrastruktur jalan dan jembatan serta sarana prasarana penunjang lainnya dengan alo­kasi dana mencapai Rp90 miliar.

Puluhan miliar dana itu ter­tompang pada Bidang Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum selama tahun 2016. Anggaran tersebut lebih banyak jika diban­ding dengan tahun 2015 lalu, dengan besaran Rp80 miliar. 

Kepala Bidang Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum Pasa­man Alfakanif, mengatakan, keberadaan jalan dan jembatan akan memperlancar transportasi masyarakat, dengan sendirinya akan menunjang perekonomian masyarakat di Pasaman. 

“Kita membutuhkan per­baikan jalan dan jembatan untuk mempermudah transportasi me­nuju pusat kota kecamatan, sehingga dengan mudah untuk berhubungan, karena jarak an­tara nagari dan kecamatan di Pasaman sangat jauh,” kata Alfakanif.

Menurutnya, dari anggaran itu digunakan untuk kegiatan pembangunan jalan sebanyak 24 paket yang tersebar di 12 keca­matan di Kabupaten Pasaman.

Kegiatan tersebut, kata dia, didanai dengan anggaran sebesar Rp26,4 miliar. Saat ini pem­bangunan jalan sebanyak 24 paket tersebut sudah dalam proses kon­trak dan masuk tahap pelaksanaan.

“Sedangkan semua proyek jalan sudah dilelang dan diten­derkan di Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) Ka­bupaten Pasaman,” sebutnya.

Ia menjelaskan dana itu akan digunakan untuk pembangunan jembatan sebanyak 6 unit, se­banyak 5 unit pembangunan jembatan melalui proses tender, dan satu paket lagi melalui proses Penun­jukan Langsung (PL) dengan pagu anggaran sebesar Rp8,6 miliar. 

“Pembangunan jembatan tersebut seperti jembatan Lu­buak Batu Karang Silayang panjang 20 meter menganti jembatan lama menghubungkan ruas jalan Tingkarang Batas Lima Puluh Kota dengan pagu dana Rp2 miliar,” papar Al­fakanif.

Kemudian, pembangunan jembatan ruas Abam Gantiang sebanyak 5 unit anggaran Rp3,5 miliar, ruas simpang

Dingin-Tanjung Selamat se­ba­nyak 2 unit dengan anggaran Rp1,4 miliar, ruas Malampah-Kp Kajai sebanyak 2 unit dengan pagu anggaran sebesar Rp800 juta.    (h/yud)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]