PENGHARGAAN DARI IICD

Telkom BUMN Terbaik


Jumat, 11 November 2016 - 00:26:53 WIB
Telkom BUMN Terbaik Vice President Corporate Communication Telkom, Arif Prabowo.

JAKARTA, HALUAN — PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) dinilai sebagai Badan Usaha Milik Negara (BUMN) terbaik oleh In­donesian Institute for Cor­porate Directorship (IICD).

Hal dapat dilihat dari penghargaan “The Best State Owned Enterprise” dan “Top 50 Public Listed Companies”  yang diberikan IICD pada ajang Corporate Governance (CG) Conference & Awards ke-8. Iven ini mengusung tema “Enhancing Investors Trust Through Good Cor­porate Governance” di Ja­karta.

Telkom berhak menya­dang predikat tersebut, ber­dasarkan skor hasil penilaian IICD yang menggunakan acuan ASEAN Corporate Governance Scorecard dalam menilai praktik tata kelola perusahaan terbuka di In­donesia.

Instrumen ASEAN CG Scorecard ini digunakan oleh negara-negara ASEAN untuk menilai praktik-praktik tata kelola yang dilakukan oleh perusahaan-perusahaan ter­buka dari masing-masing negara.

“Penghargaan ini me­rupakan pengakuan terhadap praktik tata kelola yang baik di lingkungan Telkom,” ujar Vice President Corporate Communication Telkom, Arif Prabowo dalam rilisnya, Kamis (10/11).

Pemberian CG Award IICD 2016 ini sesuai dengan hasil penilaian ASEAN Cor­porate Governance Score­card terhadap 100 peru­sahaan dengan market kapi­talisasi terbesar. Instrumen penilaian didasarkan pada ASEAN Corporate Gover­nance Scorecard yang meru­pakan inisiatif dari ASEAN Capital Market Forum (AC­MF) dan dikembangkan dari prinsip-prinsip GCG.

Instrumen ini telah dipa­kai oleh lima negara ASEAN lainnya yaitu Filipina, Thai­land, Malaysia, Singapura dan Vietnam yang meliputi: (1) hak-hak pemegang sa­ham; (2) perlakuan yang setara terhadap pemegang saham; (3) peran pemangku kepentingan; (4) pengung­kapan dan transparansi; dan (5) tanggung jawab dewan.

“Penerapan praktik-prak­tik GCG merupakan salah satu langkah penting bagi Telkom untuk meningkatkan dan memaksimalkan nilai perusahaan (corporate va­lue), mendorong pengelolaan perusahaan yang profesional, transparan dan efisien dengan cara meningkatkan prinsip keterbukaan, akuntabilitas, dapat dipercaya, bertanggung jawab dan adil sehingga dapat memenuhi kewajiban peru­sahaan kepada pemegang saham, dewan komisaris, mitra bisnis, serta pemangku kepentingan lainnya,” ungkap Arif.

Sementara pada iven Gol­den World Awards (GWA) 2016, yang diselenggarakan The International Public Relations Association (IPRA) di Doha, Qatar, Sabtu (5/11), Telkom menyabet dua kate­gori penghargan untuk ke­lompok In-house Public Re­lations (non-agency) di an­taranya, Kategori Digital Media Relations untuk prog­ram “Digital Activation to Get the The Biggest Hacka­thon Event in the World Went Viral”, dan Kategori Social Media for PR untuk program “From Social Media to Social CRM:  Reinventing The Costumer Relations”.

Ajang ini melibatkan 19 juri dari berbagai negara yang memberikan penilaian ter­hadap makalah program ko­munikasi perusahaan. Peng­hargaan berskala global ini diperoleh atas keberhasilan Telkom menerapkan digital media relations untuk ber­bagai program komunikasi perusahaan, salah satunya melalui kampanye program The Indonesian Hackathon Merdeka 2.0 yang menjadi viral di media sosial. Selain itu, Telkom juga dinilai ber­ha­sil dalam memanfaatkan media sosial sebagai salah satu saluran komunikasi kor­porasi.

Penghargaan yang dipe­roleh dalam IPRA GWA 2016 ini merupakan salah satu bukti bahwa Telkom telah melaksanakan peren­canaan dan pengelolaan di­gital engagement secara opti­mal dalam praktik kehuma­san perusahaan. (h/dj)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM