INGGRIS VS SKOTLANDIA

Laga Krusial Southgate


Jumat, 11 November 2016 - 00:27:29 WIB
Laga Krusial Southgate Ga¬reth Southgate.

LONDON, HALUAN —  Sebuah partai sarat gengsi kembali digelar pada ajang kualifikasi piala dunia 2018 zona Eropa. Di grup F,  sebuah partai bertajuk Derby Brittania Raya akan mempertemukan Inggris dan Skotlandia di Wembley Stadium pada hari Sabtu (12/10) 02.45 WIB.

Hingga pertandingan pe­kan ketiga kemarin, Inggris masih kokoh di puncak kla­semen Grup F dengan p­e­ro­lehan 7 poin. Mereka ung­gul tiga poin dari calon lawan mereka, Skotlandia yang saat ini berada di peringkat 4 dengan mengoleksi empat poin. Oleh karenanya tiga poin dalam laga ini akan memperkokoh posisi mereka di puncak klasemen.

Selain demi me­nga­man­kan posisi, laga kontra Skot­landia ini akan menjadi laga yang sangat krusial bagi pelatih Interm Inggris, Ga­reth Southgate. Pelatih ber­usia 46 tahun itu santer dika­barkan akan dipermanenkan oleh FA sebagai manajer The Three Lions jika mereka menang pada laga ini. Untuk itu Southgate akan me­mas­tikan anak asuhnya tidak terpeleset lagi seperti saat mereka ber­hadapan dengan Malta.

Inggris sendiri punya sejarah yang sangat bagus saat melawan Skotlandia, di mana skuat Tiga Singa ini memenangkan empat dari lima pertandingan terakhir mereka kontra The Tartan. Selain itu terakhir kali me­reka menelan kekalahan atas tetangga mereka ini terjadi pada 17 tahun yang lalu, di mana mereka kalah 1-0 pada ajang kualifikasi Euro 2000, sehingga Inggris punya mo­dal yang sangat bagus untuk menghadapi Skotlandia pa­da akhir pekan nanti.

Karteker Pelatih Inggris, Gareth Southgate, mencium bakal terjadinya atmosfer panas di laga ini .Oleh ka­rena itu, ia meminta anak asuhnya untuk bisa me­ngontrol emosi ketika turun ke lapangan akhir pekan ini.

“Apa pun yang terjadi dengan hasil, itu tidak men­cerminkan performa mereka. Mentalitas mereka dalam sebuah laga seperti ini sudah tidak dipertanyakan lagi dan spirit mereka juga tidak diragukan lagi,” jelas South­gate, seperti dilansir Reuters, Selasa (8/11).

Southgate sendiri tidak punya masalah cedera yang berarti jelang laga ini. Ia hanya tidak bisa memainkan Dele Alli yang terkena ce­dera. Selain itu ia juga men­dapat sokongan amunisi baru dengan pulihnya Jack Wil­shere di lini tengah me­reka.

Setelah skema 4-2-3-1 tidak berfungsi saat melawan Mal­ta, Southgate ke­mung­kinan akan kembali men­coba skema 4-3-3 di mana Harry Kane akan men­jadi penyerang tunggal pada laga ini. Di lini tengah, ia ke­mungkinan akan mencoba kombinasi Wayne Roo­ney, Jack Wil­shere dan Jor­dan Hen­der­son, di mana Joe Hart ma­sih menjadi pi­lihan uta­­ma South­gate di bawah mis­tar gawang Ing­gris.

Di kubu tim ta­­mu, pelatih Tim­nas Skot­lan­dia Gordon Stra­chan dika­bar­kan siap men­curi poin di Wembley pada hari Sabtu nanti. Ia disebut bisa mem­bawa kom­posisi tim ter­kuat­nya untuk menak­lukkan tim tuan ru­mah pada per­tan­dingan nanti.

Dengan skema 4-2-3-1, Strachan kemungkinan ma­sih memainkan Chris Mar­tin sebagai penyerang tung­gal pada laga ini. Ia akan dibantu oleh Matt Ritchie, Robert Snodgrass dan Oliver Burke di lini serang. Gelandang Veteran Darren Fletcher akan memimpin tim dari lini tengah mereka, sedangkan duet Russell Martin dan Grant Haley akan berjaga di jantung pertahanan Skot­landia. (h/san/bln)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM