SEMEN PADANG VS PUSAMANIA BORNEO

Laga Pelampiasan


Jumat, 11 November 2016 - 00:30:11 WIB
Laga Pelampiasan Menghadapi Pusamania Borneo, Jumat (11/11) di Stadion H. Agus Salim Padang akan menjadi laga pelampiasan bagi Semen Padang. Setelah sebelumnya mengalami kekalahan dari Arema di Padang. Kekalahan dari Arema tersebut mencoreng rekor kandang Semen Padang yang tidak pernah kalah. (HUDA PUTRA)

PADANG, HALUAN — Semen Padang akan menghadapi Pusamania Borneo FC dalam lanjutan Indonesia Soccer Championship (ISC), Jumat (11/11) di Stadion H. Agus Salim Padang. Laga ini akan menjadi pelampiasan bagi Semen Padang karena gagal meraih hasil terbaik dalam tiga laga terakhirnya.

Tiga laga terakhirnya Semen Padang dua kali me­ngalami kekalahan dan seka­li imbang. Salah satu ke­ka­lahan tersebut didapat dari Arema saat bermain di kan­dang sen­diri. Ke­­kalahan ter­se­but se­kaligus meng­hentikan rekor ti­dak per­nah kalah Se­men Padang di Agus Salim.

Sementa­ra itu hasil imbang dida­pat saat bertandang ke Palembang. Semen Pa­dang berhasil menahan im­bang 10 pemain Sriwijaya dengan skor 1-1. Saat ini Semen Padang berada di peringkat kedelapan dengan 39 poin.  Jika tidak ingin posisi melorot di papan klasemen sementara ten­tunya anak asuh Nilmaizar harus meraih kemenangan atas Pusamania.

Sayangnya pada laga ini Semen Padang tidak bisa diperkuat dua pemain bek sayab andalanya yaitu Heng­ki Ardiles dan Novan Setya Sasongko. Hengki tidak bisa turun karena mengalami cidera. Sedangkan Novan terkena akumulasi kartu kuning.

Tidak hadirnya dua pe­main tersebut memang se­dikit mempengaruhi ke­kuatan Semen Padang. mes­ki Nil memiliki pengantinya yaitu Satrio Syam dan Fan­dry Imbiri. Namun kedua pemain tersebut sangat ja­rang diturunkan.

“Jika saya dipercaya oleh pelatih untuk bermain, saya akan memberikan yang ter­baik agar Semen Padang meraih kemenangan. Saya siap mengantikan peran dari Novan,” ujar Satrio Syam, Kamis (10/11).

Untuk penjaga gawang, Semen Padang tampaknya masih akan mempercayakan kepada Jandia Eka Putra. Sedangkan empat bek did­e­pannya akan diisi oleh Satrio Syam, Cassio, Hamdi dan Imbiri. Sedangkan untuk lini tengah akan ditempati oleh Irsyad Maulana, Riko Simanjuntak, Svraka dan Gil Hoon. Sedangkan lini depan sudah pasti milik Marcel yang akan dibantu oleh Nur Iskandar.

Satu kelemahan Semen Padang dalam beberapa per­tandingan terakhir ada­lah lemahnya menganti­sipa­si bola udara. Hal itu me­nye­babkan beberapa kali lawan mampu menciptakan gol. Hal itu mungkin bisa di­man­faat­kan oleh Pusamania.

“Kami mengakui kalau agak lemah dalam bola uda­ra. Terbukti lawan mampu menciptakan beberapa gol dalam beberapa pertan­di­ngan. Namun kami sudah memperbaikinya. Mudah-mudahan tidak terulang saat melawan Pu­samania nan­t­i,” jelas pe­latih Se­men Pa­dang Nil­mai­zar, Ka­mis (10/11).

Meski ber­main di  kan­dang sen­diri, Se­men Pa­dang tidak bo­leh me­man­dang remeh Pu­samania. Se­bab dalam dua per­tan­di­ngan tandangnya, Pusa­ma­nia ber­hasil meraih empat poin. Menahan imbang Pesi­pura 0-0 dan meraih ke­menangan 2-0 atas Persija.

“Kami menargetkan un­tuk meraih satu poin di Padang. Hal ini dikarenakan Semen Padang sangat tang­guh kalau bermain di Pa­dang,” ujar Asisten Pelatih Pusamania Arjuna, Kamis (10/11).

Untuk mencapai tar­get­nya tersebut, Pusamania akan bermain bertahan. “Ka­mi mengetahui Semen Pa­dang memiliki penyerang yang hebat yaitu Marcel. Namun kami tidak akan memberikan pengawalan khusus kepadanya. Orang yang terdekat yang akan memberikan pengawalan.  Kami tidak akan mengin­struksikan dua sampai tiga pemain untuk mengawalnya. Sebab akan memberikan kekosongan kepada yang lainnya,” jelas Arjuna.

Mengenai strategi lawan yang akan bertahan, pelatih Semen Padang mengatakan sudah menyiapkan strategi khusus untuk membongkar pertahanan lawan nantinya. “Namun tentunya lawan ti­dak akan hanya bertahan saja. Pastinya mereka juga akan mengandalkan sera­ngan balik. Kami akan ber­hati-hati baik dalam ber­tahan maupun menyerang,” ungkap pelatih asal Pa­yakum­buh ini.

Jika melihat statistik per­temuan kedua tim dari tiga pertandingan terakhir, kedua tim sama kuat. Ma­sing-ma­sing satu kali meraih keme­nangan dan satu pertan­di­ngan terakhir berakhir im­bang. Namun satu ke­me­nangan tersebut didapat di kandang masing-masing. Sa­tu hasil imbang dida­patkan saat Semen Padang bermain di kandang Pu­samania dalam putaran pertama ISC. (h/san)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM