Riza Falepi Datang, Warga Senang


Jumat, 11 November 2016 - 00:30:44 WIB
Riza Falepi Datang, Warga Senang PERTEMUAN Riza Falepi, calon Walikota Payakumbuh nomor urut 2 dengan masyarakat Kubu Gadang.

PAYAKUMBUH, HALUAN — Warga Kubu Gadang, Kecamatan Payakumbuh Barat begitu antusias didatangi calon Walikota Paya­kum­buh, Riza Falepi. Kedatangan incum­bent tersebut dilanjutkan dengan diskusi di warung milik warga.

 Pertemuan dengan Walikota Pa­yakumbuh yang lagi cuti selama kampanye Pilkada Payakumbuh itu, mayoritas dihadiri oleh kaum ibu-ibu. Sebelum Riza bicara, tokoh masyarakat setempat Datuak Bandaro Pucuak memberikan kata pembuka dimana dia berterima kasih kepada Riza yang sudah mengabulkan permohonan mereka agar kelurahan mereka tidak digabung.

Datuak Bandaro Pucuak me­nam­bahkan bahwa pem­bangunan Payakumbuh harus dilanjutkan. “Riza Falepi adalah orang yang tepat untuk itu. Karena hanya Riza saat ini yang mampu untuk man­juluak anggaran ke pusat. Untuk Batang Agam saja sampai 210 miliar,” ujar Datuk Bandaro Pucuak.

Riza Falepi sendiri me­nga­takan, Kota Payakumbuh saat ini sudah  membangun.  Baik itu infrastruktur jalan, normalisasi Batang Agam, Saluran irigasi pertanian dan seterusnya. “Khu­sus untuk proyek Batang Agam, saya mau itu menjadi masterpiecenya Payakumbuh,” ujar Riza.

Pada periode kedua, Riza mengaku ingin berbuat secara langsung untuk membenahi eko­nomi masyarakat. “Mayoritas orang kita miskin karena tidak tahu cara dan jalannya. Makanya kita tun­jukkan atau  lakukan pem­ber­dayaan. Orang kita bukanlah orang yang malas dan tidak mampu bekerja, melainkan belum tahu jalan ataupun cara untuk mencapai kesejahteraan,” tambah Riza.

Ke depan, kata mantan senator DPD RI itu,  KWT tidak hanya menghasilkan yang kecil kecil saja, namun juga bisa menghasilkan yang lebih banyak. “Saat ini secara kongkret saya tawarkan menanam bawang. Kenapa bawang? Karena ini sangat menguntungkan. Dalam 1 hektar bisa menghasilkan 300-400 juta. Biasanya orang tanam bawang dengan bawang. Modalnya bisa 15 juta. Dengan pakai bibit hal itu bisa dipangkas menjadi dibawah 200 ribu saja,” ujar Riza.

Nanti kalau sudah berpeng­hasilan bagus, Riza menghimbau jangan gunakan penghasilan untuk hal yang konsumtif. “Mari sama-sama buat koperasi. Ko­perasi skala besar yang bisa mem­buat industri sehingga membuka lapangan peker­jaan bagi anak kemenakan kita. Membenahi ekonomi itu kerja berat. Alham­dulillah wakil saya orangnya muda, sehingga kerja kerja kon­ven­sional bisa saya serah­kan ke dia. Saya sendiri akan turun ke masyarakat untuk mem­benahi ekonomi masyarakat. Daripada untuk beli spanduk, lebih baik untuk bibit bawang,” pungkas Riza disambut gelak tawa para hadirin. Usai pertemuan dengan warga, calon Walikota nomor urut 2 itu  pun langsung menuju rumah pembibitan KWT setempat untuk praktek ber­tananam bawang. (h/ddg)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM