KEMBALI RAIH AKREDITASI A

FK Unand Komit Pertahankan Mutu


Jumat, 11 November 2016 - 00:36:39 WIB
FK Unand Komit Pertahankan Mutu PANITIA Akreditasi FK Unand membentuk huruf A dengan tangan masing-masing, tanda keberhasilan FK Unand meraih akreditasi A dari LEM-PTKes, Kamis (10/11). (ISHAQ)

PADANG, HALUAN – Dekan Fakultas Ke­dok­teran Universitas Andalas (FK Unand), Masrul, menegaskan komitmen institusi tersebut dalam mempertahankan standar kualitas pendidikan tinggi yang dijalankan saat ini. Komitmen itu ditegaskan setelah FK Unand kembali meraih akreditasi A, setelah dinilai oleh Lembaga Akreditasi Mandiri Pendidikan Tinggi Kesehatan (LAM-PTKes) Indonesia.

“Akreditasi A kembali didapatkan, setelah se­belum­nya juga diraih pada 2004 dan 2011. Ini sudah kali kedua FK Unand mem­per­ta­hankannya. Tapi, yang paling berat justru mempertahankan ini. Jadi, konsentrasi kami adalah menjaga ritme pen­didikan tinggi yang ber­lang­sung saat ini di FK Unand. Artinya ini soal keber­lanju­tan,” kata Masrul dalam konferensi pers di Ruang Sidang FK Unand, Kamis (10/11).

Masrul menjelaskan, dari 83 fakultas kedokteran yang ada di Indonesia, hanya 17 fakultas saja yang te­rak­re­ditasi A oleh LAM-PTKes, dan salah satunya adalah FK Unand yang menerima hasil itu pada Selasa 8 November 2016 lalu. Prestasi ini me­nurut­nya bukan semata soal kebanggaan. Namun, lebih pada sebuah tantangan untuk mempertahankan prestasi itu sendiri.

“Unand tengah berproses untuk menjadi Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hu­kum (PTNBH). Untuk me­raih­nya, 80 persen fakultas harus terakreditasi A. Unand mematok FK sebagai salah satu fakultas yang mesti mempertahankan akreditasi tersebut. Sehingga, harapan itu menjadi tantangan ter­sen­diri bagi FK,” lanjutnya.

Ketua Panitia Persiapan Akreditasi FK Unand 2016-2021, Detty Iryani, dalam konferensi pers yang dihadiri seluruh anggota panitia ter­se­but menerangkan, dalam masa persiapan penilaian, panitia telah bekerja keras untuk memenuhi segala per­sy­a­ratan untuk meraih nilai tinggi, dalam penilaian yang dilakukan oleh tim asesor yang berasal dari Universitas Indonesia (UI), Universitas Gadjah Mada (UGM) dan Universitas Diponegoro (Un­dip) tersebut.

“Panitia diserahi 3 Bo­rang berisi tujuh poin standar yang harus dipenuhi. Antara lain borang pelaksanaan pen­didikan, kualitas dan pe­la­yanan akademik, serta s­a­rana-prasarana. Setelah do­kumen kami lengkapi, dila­kukan asesmen lapangan oleh asesor. Hasil asesmen dikirim ke LAM-PTKes yang kemu­dian melakukan sidang ma­jelis. Hasilnya, akreditasi A untuk FK Unand. Selain itu, program pendidikan sarjana dan program pendidikan profesi juga juga diberi nilai A” kata Detty.

Sementara itu, Wakil Dekan III FK Unand, M Hidayat, juga mengatakan bahwa dalam penilaian, diser­ta­kan pula penilaian dan kerjasama yang dilakukan fakultas dengan rumah sakit jejaring yang ada di Sumbar. Antara lain ke RSUD Paria­man, RS HB Saanin Padang, RS Ahmad Mukhtar Bukit­tinggi, serta RSUP Dr M Djamil Padang sebagai je­jaring utama. (h/isq)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat, 22 Mei 2020 - 19:41:21 WIB

    BEM KM FKG Unand Gelar Aksi Amal Peduli Sesama

    BEM KM FKG Unand Gelar Aksi Amal Peduli Sesama HARIANHALUAN.COM - Departemen Pengabdian Masyarakat BEM KM FKG UNAND melakukan kegiatan amal yang bertajuk DENTARITY (Dentist Iftar and Charity). Kegiatan ini dilakukan BEM FKG Unand 1 kali setahun pada bulan Ramadhan..
  • Rabu, 13 Mei 2020 - 22:50:52 WIB

    Tim KKN Tematik Kelompok 22 FK Unand Serahkan Bantuan Ratusan APD

    Tim KKN Tematik Kelompok 22 FK Unand Serahkan Bantuan Ratusan APD Tim KKN Tematik dari kelompok 22, Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Andalas (Unand) yang terdiri dari program studi pendidikan dokter, psikologi dan kebidanan menyerahkan bantuan berupa ratusan Alat Pelindung Diri (APD) ba.
  • Selasa, 14 April 2020 - 20:24:35 WIB

    Solidaritas Mulyadi Terhadap Pejuang Nafkah Harian di Tengah Pandemi Covid-19

    Solidaritas Mulyadi Terhadap Pejuang Nafkah Harian di Tengah Pandemi Covid-19 PADANG, HARIANHALUAN.COM - Anggota DPR RI dapil Sumatra Barat (Sumbar) II Mulyadi memiliki jiwa solidaritas yang tinggi terhadap masyarakat. Bahkan di tengah pandemi virus covid-19 atau corona ini, Mulyadi berupaya terus meny.
  • Rabu, 16 Oktober 2019 - 17:12:05 WIB

    Wah Keren!! Bendi Online Padang Akan Diaktifkan Lagi

    Wah Keren!! Bendi Online Padang Akan Diaktifkan Lagi PADANG, HARIANHALUAN,COM - Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kota Padang berencana akan kembali mengaktifkan bendi online. Namun kali ini bendi online tidak akan mempunyai aplikasi tersendiri, melainkan bergabung de.
  • Rabu, 14 Februari 2018 - 09:35:45 WIB

    Pengurus FKSB Padang Dikukuhkan

    Pengurus FKSB Padang Dikukuhkan PADANG, HARIANHALUAN.COM--Walikota Padang Mahyeldi Ansharullah mengukuhkan kepengurusan Forum Kelompok Siaga Bencana (FKSB) Kota Padang masa bakti 2018-2023 di Palanta Rumah Dinas Walikota, Minggu kemarin..

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]