TAHUN 2017 MENINGKAT

Dana Desa Sijunjung Rp51 Miliar


Jumat, 11 November 2016 - 00:37:30 WIB

SIJUNJUNG, HALUAN­ - Kabar gembira bagi warga Kabupaten Sijunjung. Kenapa tidak, Alokasi Dana Desa (ADD) pada tahun 2017 mendatang bakal mengalami peningkatan dibanding tahun 2016.

“Tahun 2017 men­da­tang, Kabupaten Sijunjung akan mendapatkan dana desa lebih banyak dari tahun 2016 ini,” kata Plt Kepala Badan Pemberdayaan Ma­sya­rakat dan Pemerintahan Nagari (BPMPN) Kabupaten Sijunjung, Syahrial melalui Kepala Bidang Pe­me­rinta­han Nagari, Harry Oscar Hi­da­yat kepada Haluan melalui telepon selularnya, Selasa.

Menurut Harry Oscar Hidayat, peningkatan alo­kasi dana desa yang akan diperoleh Kabupaten Si­junjung pada tahun 2017 terlihat dalam Rancangan Undang-Undang APBN ta­hun 2017,

Dalam RUU APBN tahun 2017, sambung Kepala Bi­dang Pemerintahan Nagari, Kabupaten Sijunjung men­dapatkan alokasi dana desa sebesar Rp51 miliar le­bih. ”Berdasarkan RUU APBN 2017, alokasi dana desa untuk Kabupaten Sijunjung sebesar Rp51 miliar lebih. Peningkatan lebih kurang 27 persen dari tahun 2016,” jelas Harry Oscar Hidayat.

Meski alokasi itu baru dalam RUU APBN 2017, Harry Oscar Hidayat ber­harap, alokasi dana desa untuk Kabupaten Sijunjung tahun 2017 yang akan di­gulirkan ke nagari-nagari (60 nagari dan satu desa), tidak mengalami perubahan.

“Semoga saja tidak ada perubahan.Kalaupun ada perubahan, kita berharap dana desa yang diterima Kabupaten bertambah,” uc­ap mantan Sekertaris Keca­matan Tanjung Gadang.

Menyinggung besaran penyaluran dana desa,  me­nurut Harry Oscar Hidayat, pihaknya segera akan men­yu­sun Peraturan Bupati (Per­bup) tentang pembagian dana desa yang akan digulir­kan untuk 60 nagari dan satu desa.

Pembagian dana desa yang akan diterima setiap nagari dan desa di kabupaten berjuluk Ranah Lansek Ma­nih, tetap mengacu pada indikator yang telah di­ten­tukan Kementrian Desa, Pembangunan Daerah Ter­ting­gal dan Transmigrasi (PDTT).  ‘Besaran dana desa yang akan disalurkan ber­dasarkan jumlah penduduk, luas wilayah, tingkat ke­miskinan dan letak geo­grafis,” jelasnya. (h/azn)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis, 02 April 2020 - 17:24:09 WIB

    Wah! 180 Narapidana Dapat Asimilasi dari Kanwil Kemenkumham Sumbar

    Wah! 180 Narapidana Dapat Asimilasi dari Kanwil Kemenkumham Sumbar PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Barat sudah merilis sebanyak 180 narapidana di provinsi tersebut sudah keluar dari penjara usai menerima asimilasi di rumah. Hal ini dilakukan terk.
  • Jumat, 27 Maret 2020 - 22:37:59 WIB

    Sumbar Tambah Dana Penanganan Corona Jadi Rp200 Miliar

    Sumbar Tambah Dana Penanganan Corona Jadi Rp200 Miliar PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Pemerintah Provinsi Sumbar menambah anggaran pencegahan dan penyebaran virus Corona atau Covid-19 dari Rp25 miliar menjadi Rp200 miliar. Anggaran direalisasikan untuk penanganan Corona, isu kesehat.
  • Kamis, 26 Maret 2020 - 15:52:27 WIB

    Pemkab Pessel Alokasikan Dana Rp2,6 M untuk Penanganan Corona

    Pemkab Pessel Alokasikan Dana Rp2,6 M untuk Penanganan Corona PAINAN, HARIANHALUAN.COM - Pemerintah Kabupaten  Pesisir Selatan, mengalokasikan dana penanganan Covid-19 sebesar Rp2,6 miliar di daerah setempat. Anggaran tersebut bakal dimanfaatkan untuk pembelian sejumlah alat kesehatan,.
  • Rabu, 04 Maret 2020 - 17:54:53 WIB

    Potong Sapi Betina Bisa Dipidana, Pengawasan RPH di Pasaman Ketat

    Potong Sapi Betina Bisa Dipidana, Pengawasan RPH di Pasaman Ketat PASAMAN, HARIANHALUAN.COM - Dinas Pertanian Kabupaten Pasaman kembali mengingatkan rumah pemotongan hewan (RPH) dan pemilik ternak tidak menyembelih sapi atau kerbau betina produktif. Sebab, sanksinya cukup berat, bisa dipida.
  • Selasa, 25 Februari 2020 - 09:39:13 WIB

    Pesona  Danau Hijau Kandi Hadir Lengkapi Destinasi Wisata Sawahlunto 

    Pesona  Danau Hijau Kandi Hadir Lengkapi Destinasi Wisata Sawahlunto  SAWAHLUNTO, HARIANHALUAN.COM - Kawasan Dermaga Kandi Desa Salak Kecamatan Talawi Kota Sawahlunto, yang selama ini mati suri bahkan tidak terurus lagi, bakal kembali bergeliat menjadi salah satu destinasi wisata. Adalah PT. Bu.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM