Bobot Pekerjaan Drainase Capai 85 Persen


Jumat, 11 November 2016 - 00:37:45 WIB

PAYAKUMBUH, HALUAN — Pemko Payakumbuh melalui Dinas PU terus berupaya melakukan pembangunan drainase secara bertahap di Kota Payakumbuh.

Setiap tahun, dana pem­bangunan drainase tersebut terus dianggarkan dalam APBD kota ini, dalam rangka mengantisipasi terjadinya kerusakan jalan lebih cepat, utamanya pada musim peng­hujan.

“Hingga saat ini, bobot pengerjaan proyek pem­ba­ngu­nan drainase yang ter­dapat pada lima kecamatan di Kota Payakumbuh, rata-rata sudah mencapai 85 persen. Diperkirakan akhir No­pem­ber 2016 ini pekerjaannya akan terealisasi 100 persen,” ungkap Kepala Bidang Cipta Karya Dinas PU Paya­kum­buh, Delni Putra, yang dihu­bungi Haluan Kamis (10/11) kemarin di ruang kerjanya.

Menurut Delni Putra, pembangunan drainase dan gorong gorong di Paya­kum­buh, tahun anggaran 2016 ini dikerjakan sebanyak 43 pa­ket, meliputi sepanjang 11.­506 meter. Proyek drainase tersebut dibangun melalui dana APBD Kota Paya­kum­buh sebesar Rp8 miliar lebih.

Dikatakannya, proyek drainase dibangun dengan jenis konstruksi pakai map dan struktur bertulang. Pem­bangunannya dilakukan se­cara bertahap setiap tahun. Walau begitu pelayanan standar maksimal diper­kira­kan baru mencapai 30 per­sen. “Pada anggaran 2017 mendatang diharapkan pan­jang pembangunan drainase akan meningkat,” ulasnya.   

Pada bagian lain di­ingat­kannya, pengertian masyar­akat drainase adalah yang dibangun permanen dengan beton. Padahal drainase ga­lian yang tidak dipasang beton atau cor batu lebih baik. Drainase cor beton atau pasangan batu muara airnya akan mengalir ke sungai yang cendrung sebagai pemicu terjadinya banjir.

“Kita perlu meluruskan persepsi masyarakat tersebut, sejogyanya pembangunan drainase tidak seluruhnya harus permanen, perlu ada drainase tanah,” sebut Delni Putra menambahkan.

Saluran drainase tanah ada kelebihannya, sebab akan mampu menyerap air. Se­hingga air tanah kebutuhan masyarakat akan tercukupi. “Bila dibangun drainase per­manen di lantai dasar drai­nase sebaiknya dibuat lobang biopori, air mampu terserap oleh tanah dan tidak mengalir seluruhnya ke sungai,” ujar­nya. (h/zkf)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 08 Oktober 2019 - 14:54:57 WIB

    Bobot Kerja Capai 20 Persen, Proyek GOR Batang Agam Dikebut

    Bobot Kerja Capai 20 Persen, Proyek GOR Batang Agam Dikebut PAYAKUMBUH, HARIANHALUAN.COM - Dua bulan setelah peletakan batu pertama pembangunan Gedung Olahraga representatif yang berada dikawasan sungai Batang Agam, kini proyek tersebut terus dikebut. Sampai pekan kedua Oktober ini, .
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM