Irfendi Arbi Tandatangani Ikrar Forum Tiga Pilar


Jumat, 11 November 2016 - 00:38:51 WIB
Irfendi Arbi Tandatangani Ikrar Forum Tiga Pilar Bupati Limapuluh Kota bersama Forkopinda gelar acara tabur bunga di makam Pahlawan Situjuh Batur, Rabu (9/11). (ZUL)

LIMAPULUH KOTA, HALUAN — Peringatan Hari Pahlawan 10 November 2016 berlangsung di GOR Singa Harau, Ketinggian Sarilamak, Limapuluh Kota, Kamis (10/11) kemarin. Rangkaian  hari bersejarah tersebut, juga dila­kukan pembacaan dan penan­datanganan ikrar Forum Tiga Pilar serta ziarah ke Taman Makam Pahlawan Lurah Kin­cia, Situjuah Batua dan tabur bunga. Rombongan ziarah dipimpin Dandim 0306/50 Kota, Letkol Inf. Heri Su­mitro.  

Naskah kesepahaman Fo­rum Tiga Pilar itu, ditan­datangani Bupati Limapuluh Kota, Irfendi Arbi, Dandim 0306/50 Kota Letkol Inf. Heri Sumitro, Kapolres Limapuluh Kota, AKBP Bagus Surop­ratomo Oktobrianto dan Ka­pol­resta Payakumbuh, AKBP Kuswoto. Penandatanganan naskah disaksikan unsur for­kopinda lainnya serta Wakil Ketua DPRD, Sastri Andiko dan Deni Asra.

Bupati Limapuluh Kota, Irfendi Arbi seusai upacara kepada wartawan mengatakan, forum tiga pilar ini merupakan salahsatu upaya peningkatan koordinasi, komunikasi dan sinergitas antara TNI, Polri dan Pemerintah Daerah dalam memberikan jaminan kea­manan dan kenyamanan di Luak nan Bungsu ini.

“Kita yakin, dengan tiga pilar ini dapat dibangun kemit­raan TNI/Polri dan peme­rintah daerah dalam upaya pencegahan dini terhadap situasi keamanan dan keter­tiban masyarakat. Tiga Pilar itu, diharapkan bisa menjadi ujung tombak dalam men­deteksi kejadian atau ancaman keamaman, ketertiban dan konflik yang ada di daerah,” tutur Irfendi.

 Sebelumnya Bupati Lima­puluh Kota, Irfendi Arbi sela­ku inspektur upacara mem­bacakan amanat Menteri So­sial RI, peringatan hari berse­jarah ini didasarkan pada peristiwa pertempuran 10 Nopember 1945 di Surabaya. Peristiwa tersebut memberi­kan pelajaran moral bahwa warisan terbaik para pahlawan bangsa bukanlah politik keta­kutan, melainkan politik hara­pan.

“Jika meminjam ungkapan Bung Karno, semangat kepah­lawanan itu adalah semangat rela berjuang, berjuang mati-matian dengan penuh idealis­me dengan mengutamakan  kepentingan umum di atas kepentingan pribadi,” ujar Mensos dalam sabutan tertulis itu.

Menurut dia, dalam rang­ka mencapai perikehidupan ke­hidupan kebangsaan yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan makmur, patriotisme progresif harus mengem­bang­kan bangsa untuk mandiri dalam ekonomi, berdaulat dalam bidang politik dan berkepribadian dalam budaya.

“Sejalan dengan orientasi Trisakti tersebut, Pemerintah Presiden Joko Widodo dan Wakil presiden HM Jusuf Kalla hadir dengan mena­warkan visi transpormatif terwujudnya Indonesia yang berdaulat, mandiri dan ber­kepribadian berlandaskan gotong royong,”’paparnya.

Usai upacara dilakukan penyerahan piala dan tabanas bagi pemenang lomba puisi yang masing-masingnya juara pertama Joni Saputra dari SMAN 1 Keamatan Gunuang Omeh, disusul Sri Sudasti Ayu Rezki asal SMAN 1 Keca­matan Harau dan Hanifah Rusydah dari SMAN 1 Keca­matan Mungka yang masing-masingnya merebut juara 2 dan 3.

Selesai acara, Bupati Irfen­di sempat menaiki menara patung pejuang peristiwa Situjuah di Situjuah Batua, guna melihat langsung pe­ngerjaan rehab bangunan bersejarah tersebut.

Selain itu bupati juga menyerahkan bantuan kepada tiga orang warga Kecamatan Situjuah Limo Nagari yang menjadi korban musibah kebakaran. (h/zkf) 


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Ahad, 22 Maret 2020 - 19:01:16 WIB

    Mahyeldi Bertemu Irfendi Arbi di Limapuluh Kota, Ada Apa Ya?

    Mahyeldi Bertemu Irfendi Arbi di Limapuluh Kota, Ada Apa Ya? LIMAPULUH KOTA, HARIANHALUAN.COM -- Hujan deras pada Minggu (22/3/2020) sore, tidak menyurutkan niat Walikota Padang, Mahyeldi untuk berkunjung ke rumah dinas Bupati Limapuluh Kota yang berada di Kota Payakumbuh. Kedatangan o.
  • Selasa, 04 Februari 2020 - 20:06:14 WIB

    Bupati Irfendi Tinjau Pelaksanaan Tes SKD CPNS

    Bupati Irfendi Tinjau Pelaksanaan Tes SKD CPNS LIMAPULUH KOTA, HARIANHALUAN.COM - Bupati Limapuluh Kota Irfendi Arbi bersama sejumlah kepala OPD di jajaran pemkab setempat, meninjau pelaksanaan Tes Seleksi Kemampuan Dasar (SKD) hari pertama Calon Pegawai Negeri Sipil (CPN.
  • Senin, 14 Oktober 2019 - 15:05:31 WIB

    Irfendi Arbi: Satu OPD Harus Miliki Satu Inovasi

    Irfendi Arbi: Satu OPD Harus Miliki Satu Inovasi LIMAPULUH KOTA, HARIANHALUAN.COM -  Dalam rangka penguatan dan pengembangan inovasi daerah, kita perlu mewujudkan One Agency Five Innovation/Satu Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Satu inovasi. Sebab inovasi daerah merupaka.
  • Selasa, 16 Juli 2019 - 20:48:52 WIB

    Dukung Program KKBPK, Monalisa Irfendi Raih Manggala Karya Kencana

    Dukung Program KKBPK, Monalisa Irfendi Raih Manggala Karya Kencana LIMAPULUH KOTA, HARIANHALUAN.COM -Ketua Tim Penggerak (TP) PKK Kabupaten Limapuluh Kota Ny. Monalisa Irfendi Arbi menerima Anugerah Manggala Karya Kencana tahun 2019 dari Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BK.
  • Senin, 10 Juni 2019 - 17:45:37 WIB

    Irfendi Arbi Imbau ASN Tingkatkan Kinerja

    Irfendi Arbi Imbau ASN Tingkatkan Kinerja LIMAPULUH KOTA, HARIANHALUAN.COM - Bupati Limapuluh Kota, Ir.H. Irfendi Arbi, M.P mengingatkan Aparatur Sipil Negara (ASN) di daerah ini untuk selalu meningkatkan kinerja serta menjaga kedisiplinan setelah libur hari raya Idu.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM