UPACARA PENUH KHITMAD

Agam dan Bukittinggi Peringati Hari Pahlawan


Jumat, 11 November 2016 - 00:39:28 WIB
Agam dan Bukittinggi Peringati Hari Pahlawan Bupati Agam Indra Catri besama Dandim 0304 Agam Letkol Salim Kurniawan Dewantara melaksanakan tabur bunga di makan pahlawan Siti Manggopoh. (RAHMAT HIDAYAT)

Agam, Haluan — Dandim 0304 Agam Letkol Salim Kurniawan Dewantara bertidak sebagai inspektur  upacara peringatan Hari Pahlawan tahun 2016 yang dipusatkan di halaman Kantor Bupati Agam, Kamis (10/11).

Upacara peringatan hari pahlawan itu turut dihadiri Bupati Agam Indra Catri dan unsur Forkopimda Agam, BUMN/BUMD, organisasi masyarakat dan pahlawan veteran. Upacara tersebut berlangsung khitmad.

Dalam kesempatan itu Dandim 0304 Agam Letkol Salim Kurniawan Dewantara, menyampaikan amanat Men­teri Sosial RI. Hari pahlawan bisa menjadi momentum d­a­lam rangka mencapai ke­hi­dupan kebangsaan yang  adil dan makmur, berdaulat se­hingga itu semuan menjadi  ketahanan bangsa.” Pe­ringa­tan hari pahlawan dapat dijadikan sebagai refleksi dari apa yang telah diper­sem­bah­kan oleh pejuang negeri berupa ke­teguhan, semangat pengor­banan, keteladanan. Itu semua bisa dijadikan semangat bagi generasi se­karang mengapli­kasikannya dengan bekerja penuh ama­nah dan tanggung jawab,” katanya.

 Sementara itu Bupati Agam Indra Catri, usai upa­cara mengajak masayarakat untuk sama  sama mengisi kemerdekaan dengan ber­par­t­isipasi dalam pembangunan. Bagi para ASN bisa di­wujud­kan dengan menunaikan tu­gas­nya dengan sebaik mung­kin, kreatif, inovatif. Se­men­tara untuk secara umum,  dilakukan dengan mem­beri­kan sumbangsih pemikiran dalam mencapai pem­bangu­nan bangsa yang lebih baik.

Dalam kesempatan itu, setelah upacara juga dila­kukan  penyerahan hadiah kepada pemenang lomba seperti, lomba dokter kecil award, lomba kader Po­syan­du berprestasi tingkat kabu­paten, kemudian penyerahan secara simbolis kartu asuransi nelayan. Tidak lupa  ke­mu­dian rombongan melakukan ziarah ke makam Pahlawan Siti Manggopoh.

Sedangkan di kota Bukit­tinggi, Kapolres Bukittinggi AKPB Tri Wahyudi, menjadi Inspektur Upacara  pada Peringatan Hari Pahlawan di lapangan Wirabraja Kodim 0304 Agam, Kamis (10/11).  Upacara selain diikuti oleh unsur Forkopimda dan pe­jabat di lingkungan Pemko Bukittinggi, juga diikuti oleh para pejuang 45.

Dalam upacara itu, AK­BP Tri Wahyudi mem­baca­kan  amanat dari Menteri Sosial Khofifah Indar Para­wangsa, yang menyampaikan peringatan hari pahlawan dapat dijadikan sebagai cer­min atau refleksi tentang pengorbanan, keteladanan, dan keteguhan untuk meng­gapai harapan masa depan dengan terus bekerja dan bekerja, dalam rangka me­wujud­kan masyarakat adil dan sejahtera sebagai cita-cita perjuangan bangsa.

Semangat kepahlawanan kata Tri Wahyudi, adalah  semangat persatuan yang bulat-mutlak dengan tiada mengecualikan sesuatu go­long­an dan lapisan. Semangat kepahlawanan adalah se­ma­ngat membentuk dan mem­bangun negara. “Kita yakin bangsa Indonesia dapat me­nga­tasi berbagai per­masala­han yang melanda, dan dapat menjadi bangsa pemenang dan  mampu bersaing dengan negara dan bangsa lain. Hal ini sejalan dengan Tema Hari Pahlawan 2016 yaitu, Satu­kan Langkah Untuk Negeri,” ujar Tri Wahyudi mem­bacakan.

Sementara itu Wakil Wa­li­kota, Irwandi mengatakan, semangat 10 November harus dikobarkan, sebagaimana per­juangan yang telah dila­kukan oleh para pahlawan yang telah membangun ne­gara ini. “Kita berhap ge­ne­rasi penerus untuk dapat memaknai hari pah­la­wan dengan tetap menganut se­mangat nasionalisme, kesa­daran berbangsa dan ber­ne­ga­ra,” harap Irwandi. (h/tot/yat)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]