KEWENANGAN DIAMBIL PROVINSI

Tetap Prioritaskan Program SLTA Gratis


Jumat, 11 November 2016 - 00:45:19 WIB

Padang, Haluan — Meskipun penyelenggaraan  tingkat SLTA diserahkan ke provinsi pada 2017, namun komitmen menjadikan sekolah gratis bagi siswa SLTA  tetap dikawal  serius, bahkan diprioritaskan.

Anggota Komisi III DP­RD Kota Padang Yendril Kamis (10/11) menegaskan,  dengan berpindahnya kewe­nangan tingkat SLTA ke provinsi  pada 2017,   bukan berarti melegalkan berbagai pungutan di sekolah yang bisa membebankan orang tua siswa.

Menurutnya, jika peme­rin­tah provinsi tidak sanggup men­jadikan sekolah gratis tingkat SLTA di Kota Padang, dengan alasan  ketidaksiapan anggaran. Maka,  pemerintah setempat  dapat memberikan subsidi sesuai aturan yang berlaku. 

Ini bertujuan, agar seko­lah gratis bagi siswa SLTA diprioritaskan  dan komitmen bersama dipertahankan.

Pemerintah Kota Padang dapat memanfaatkan APBD 2017, untuk meningkatkan anggaran beasiswa pen­didi­kan serta bantuan pendidikan bagi masyarakat kurang mam­pu. Namun yang perlu ditegaskan,   bantuan pen­didikan   diterima oleh yang berhak.

”Hal tersebut, hendaknya salah satu upaya memper­baiki kualitas pendidikan Kota Padang,” jelasnya.

Sektor pendidikan meru­pakan, prioritas yang harus diakomodir oleh pemerintah setempat. Apalagi, angga­rannya sudah jelas disusun dalam Kebijakan Umum Ang­garan (KUA) serta Prio­ritas dan Plafon Anggaran Sementara (PPAS) APBD 2017.

“Penggunaan anggaran untuk SLTA,  memang bera­da di bawah nauangan pro­vinsi terhitung 1 Januari 2017. Namun komiten me­ma­jukan sektor pendidikan, tetap dipertahankan,” kata­nya.

Wakil Wali Kota Padang Emzalmi mengatakan, pe­ning­katan dan pemerataan mutu pendidikan di setiap tingkat pendidikan akan tetap menjadi prioritas pada 2017.

Prioritas tersebut, dia­rahkan pada pemberian pen­didikan gratis untuk Sekolah Dasar (SD), Sekolah Mene­ngah Pertama (SMP), Seko­lah Menengah Atas (SMA) dan Sekolah Menengah Ke­juruan (SMK) sederajat.

”Selain itu juga ada pem­berian beasiswa bagi siswa dan mahasiswa berprestasi dari keluarga kurang mam­pu,” katanya.(h/ade)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]