PERINGATAN HARI PAHLAWAN 10 NOVEMBER

Mahasiswa UNP Tabur Bunga, Pemprov Sumbar Bantu Janda


Jumat, 11 November 2016 - 00:48:53 WIB
Mahasiswa UNP Tabur Bunga,  Pemprov Sumbar Bantu Janda

PADANG, HALUAN — Se­banyak 300 orang lebih ma­hasiswa Jurusan Sejarah, Fa­kultas Ilmu Sosial (FIS) Uni­versitas Negeri Padang (UNP) mendatangi Taman Makam Pahlawan (TMP) Kesuma Bang­sa, Kamis (10/11) siang ke­marin. Kedatangan mereka bu­kan untuk berdemo, melainkan aksi damai untuk menunjukkan penghargaan kepada para pah­lawan.

Berjalan dari UNP menuju TMP Kesuma Bangsa di Lolong, ratusan mahasiswa sejarah ini mengajak masyarakat dan bah­kan kaum muda untuk meng­hargai jasa pahlawan. Karena menurutnya, tanpa pahlawan, tidak akan bisa kita menikmati kemerdekaan saat ini.

Sesampainya di TMP Kesu­ma Bangsa, mereka duduk melingkar sambil membaca puisi dan menyanyikan lagu “Gugur Bunga” untuk me­nge­nang jasa pahlawan.

”Banyak dari sifat pahlawan yang memang harus kita tiru. Bagaimana mereka berjuang dan mengorbankan jiwa raga mereka untuk Indonesia,” kata Koordinator Lapangan aksi, Afrizen Fernandes kepada media usai aksi.

Saat ini kata Afrizen, banyak dari masyarakat yang mulai tidak peduli dengan jasa para pahlawan terutama di kalangan mahasiswa yang memang harus banyak belajar dari sifat-sifat pahlawan. “Karena itu kami turun ke jalan. Kami ingin mengajak semua elemen ikut terlibat,” tukasnya.

Dilanjutkannya, setelah ak­si di TMP Kesuma Bangsa nanti aksi akan dilanjutkan dengan orasi di kampus UNP. “Ini bentuk perjuangan kita dalam menghargai jasa pahlawan,” paparnya.

Upacara Hari Pahlawan 

Upacara peringatan Hari Pahlawan, 10 November 2016 yang digelar Pemprov Sumbar bersama dengan Forkopimda berjalan dengan khidmat. Wakil Gubernur Sumbar, Nasrul Abit selaku Inspektur Upacara (Irup) dalam pidatonya mengajak masyarakat untuk menghargai jasa para pahlawan.

Momentum Hari Pahlawan ini kata Wagub juga harus menjadi momentum untuk me­ningkatkan rasa kepedulian sosial. Selama ini kepedulian sosial yang dicita-citakan N­ega­ra belum terwujud sepe­nuhnya.

“Untuk itu melalui pe­ri­ngatan Hari Pahlawan ini kita tingkatkan rasa kepedulian sosial. Kalau kita mampu bantu yang tidak mampu untuk men­ciptakan rasa keadilan sosial,” pungkasnya.

Usai upacara Pemprov Sum­bar dan Forkopimda menyem­patkan melakukan tabur bunga di TMP Kesuma Bangsa dan Teluk Bayur.

Dinsos Berikan Santunan Janda Perintis

Untuk memeriahkan pera­yaan Hari Pahlawan yang dipe­ringati setiap 10 November itu, Dinsos telah menggelar be­berapa kegiatan. Seperti mem­berikan uang kesehatan kepada 59 orang janda perintis. Dimana masing-masingnya mem­peroleh Rp2 juta.

Dari 59 janda perintis ini berasal dari, Kota Padang se­banyak 35 orang, Payakumbuh 1 orang, Agam 9 orang, Pesisir Selatan 1 orang, Padang Pa­riaman 6 orang, Kota Solok 4 orang, dan Sawahlunto 4 orang.

“Bantuan kesehatan itu pun langsung diambil di PT Pos di daerah masing-ma­sing,”pung­kas Kepala Dinas Sosial (Din­sos) Sumbar, Abdul Gaffar kepada Haluan kemarin.

Selain bantuan kesehatan katanya, bagi janda perintis yang meninggal juga diberi uang pengurusan jenazah se­besar Rp2 juta.

Selain itu, Dinsos juga me­nga­dakan olimpiade pahlawan se-Kota Padang. Dimana untuk juara pertama diraih Mu­ham­mad An­dika dari SMK 9 Pa­dang, disusul Ade Mulya dan Sri Ayu Ningsi dari SMA 16 Padang dan SMK 14 Padang. “Pe­me­nang ini kita beri tabanas sebagai hadiahnya. Nanti akan kita berikan saat upacara 10 November di depan Kantor Gubernur Sum­bar,” pa­par­nya. (h/isr)

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]