MENUJU WORLD HALAL TOURISM 2016

Pemprov Rekrut Pemandu Wisata


Jumat, 11 November 2016 - 00:50:04 WIB
Pemprov Rekrut Pemandu Wisata

PADANG, HALUAN — Pem­prov Sumbar berencana akan merekrut sejumlah pemandu wisata dengan berbagai macam kemampuan berbahasa, selain Bahasa Inggris. Hal ini untuk menjaga agar wisatawan bisa betah dan tidak kecewa ketika berkunjung ke Sumbar.

“Saat ini untuk pemandu wisata yang bisa berbahasa Inggris itu sudah kita siapkan. Namun, kalau memang ada wisatawan Arab atau negara lainnya yang datang ke Sumbar kita siapkan. Banyak pemuda kita yang bisa berbahasa Arab,” papar Wakil Gubernur Sumbar, Nasrul Abit, usai memimpin upacara peringatan Hari Pah­lawan, 10 November 2016 di depan Kantor Gubernur Sum­bar, Kamis (10/11).

Selain itu kata Nasrul Abit, Pemprov Sumbar juga tengah meningkatkan infrastruktur penunjang pariwisata daerah. Hal ini untuk mempersiapkan Sumbar sebagai World’s Best Halal Destination dan kategori World’s Best Halal Culinary Destination.

Pemilihan kategori terse­but dimulai sejak 7 hingga 25 November mendatang, yang diikuti oleh Abu Dhabi, Dubai, Malaysia, Iran, Palestina dan Turki, Sumbar menjadi salah satu provinsi yang ada di da­lamnya.

“Siap atau tidak siap Sum­bar harus siap. Karena sam­pai sekarang saja sudah ada pening­katan kun­jungan wi­sata 30 persen ke Sum­bar. Dan itu me­ru­pakan sebuah potensi besar untuk Sum­bar yang harus diper­ta­hankan dan tentunya harus tetap di­ting­katkan,” ujarnya.

Bukan tanpa alasan lanj­ut­nya, ka­rena se­la­ma ini ia telah me­lakukan lang­kah-langkah perce­patan dan evaluasi ber­sama pihak-pihak ter­kait seperti ASITA, PHRI, Kepala SKPD terkait, MUI serta Bu­pati/ Walikota.

“Dalam lang­kah-langkah per­cepatan tersebut, kami beserta pi­hak terkait sudah mengimbau seluruh masyarakat untuk pe­duli terhadap pariwisata, selain itu langkah lain yang sudah kami ambil mencari investor yang ingin berinvestasi di Sum­bar, seperti yang sudah kami lakukan beberapa waktu lalu ke Abu Dhabi,” terangnya.

Ia juga menjelaskan, untuk memberikan kenyamanan bagi para wisatawan, terutama wisa­tawan dari negeri Arab yang berkunjung ke Sumbar, segala bentuk pen­du­kung seperti ma­kanan dan hal lainnya akan di­berikaan serti­fi­kat halal yang di­keluarkan oleh MUI. ”Dengan ada­nya serifikat tersebut, sudah men­­jadi sebuah jaminan bagi para wisatawan yang akan berkunjung untuk men­da­pat­kan rasa aman,” ujarnya.

Sebelumnya Sumbar ber­ha­sil me­me­nangi em­pat dari 15 ka­tegori dalam Kom­petisi Pariwisata Halal Nasional 2016 yang di­laks­a­nakan oleh Kementerian Pari­wisata Republik In­do­ne­sia. (h/isr)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Ahad, 22 Maret 2020 - 06:05:41 WIB

    Wali Kota Padang Dorong Pemprov Sumbar Tutup Sementara BIM

    Wali Kota Padang Dorong Pemprov Sumbar Tutup Sementara BIM PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Wali Kota Padang Mahyeldi Ansharullah mengusulkan kepada Pemerintah Provinsi Sumatera Barat untuk menutup sementara jalur penerbangan Internasional sebagai upaya pencegahan Covid-19..
  • Kamis, 09 Januari 2020 - 18:14:04 WIB

    Wow, Pemprov Sumbar akan Sulap Muaro Batang Arau Jadi Magnet Kapal-kapal Pesiar

    Wow, Pemprov Sumbar akan Sulap Muaro Batang Arau Jadi Magnet Kapal-kapal Pesiar Pemprov Sumbar bakal mengembangkan pelabuhan Muaro Batang Arau menjadi ikon baru untuk menarik wisatawan dan menggairahkan roda perekonomian masyarakat. Pelabuhan yang merupakan jalur transit dari Eropa ke Jawa itu bakal disu.
  • Kamis, 06 Desember 2018 - 10:31:48 WIB

    Pelajari Penertiban Hiburan Malam, Pemko Kunker ke Pemprov Jakarta 

    Pelajari Penertiban Hiburan Malam, Pemko Kunker ke Pemprov Jakarta  PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Keberhasilan Pemprov DKI Jakarta menutup tempat hiburan malam bermasalah tanpa menimbulkan polemik dan kegaduhan mendapat apresiasi dari berbagai pihak. Salah satunya dari Pemko Padang..
  • Kamis, 06 Desember 2018 - 10:31:48 WIB

    Pelajari Penertiban Hiburan Malam, Pemko Kunker ke Pemprov Jakarta 

    Pelajari Penertiban Hiburan Malam, Pemko Kunker ke Pemprov Jakarta  PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Keberhasilan Pemprov DKI Jakarta menutup tempat hiburan malam bermasalah tanpa menimbulkan polemik dan kegaduhan mendapat apresiasi dari berbagai pihak. Salah satunya dari Pemko Padang..
  • Kamis, 22 Maret 2018 - 02:30:51 WIB
    SOAL MEGATHRUST

    BMKG Ingatkan Pemprov

    BMKG Ingatkan Pemprov PADANG, HALUAN — Ancaman gempa dahsyat belum surut di Sumbar mengingat potensi Megathrust Mentawai masih harus disikapi oleh Pemprov Sumbar.  Melihat kondisi itu, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG)  meng.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM