Warga Padang Tak Perlu Mengungsi, Zona Bebas Tsunami Akan Ditetapkan


Sabtu, 12 November 2016 - 13:41:01 WIB
Warga Padang Tak Perlu Mengungsi, Zona Bebas Tsunami Akan Ditetapkan Kawasan zona merah Tsunami di Kota Padang/Dokumentasi Haluan

PADANG, HALUAN—Bencana itu tak pernah bisa diduga datangnya, baik gempa, banjir maupun tanah longsor. Karena itu, kesiapsiagaan seluruh elemen masyarakat harus terus ditingkatkan, terutama mereka yang tergabung dalam Forum Kesiap Siagaan Bencana (KSB).

 

Salah satunya melalui latihan rutin dengan mengundang perwakilan dari seluruh KSB di Kota Padang. Harapannya, anggota KSB yang berada di garda depan saat bencana ini, selalu siap siaga membantu warga dan tidak gagap saat terjadi bencana.

 

“Kegiatan ini sudah dilaksanakan Oktober lalu dan diikuti sekitar 160 peserta. Materi pelatihannyan tak melulu kesiapsiagaan saat terjadi bencana, tetapi juga upaya pengurangan resiko bencana,” ujar Kepala BPBD dan PK Padang, Rudy Rinaldy, Jumat (11/11) di Padang.

 

Dikatakan, program pengurangan resiko bencana ini perlu diberikan sebagai kewaspadaan dini. Diantara kegiatan yang dilakukan adalah pemasangan zona bebas tsunami, bentuknya berupa tanda batas kawasan yang dilanda tsunami.

 

Penetapan batas itu merujuk pada Peta Landaan Tsunami yang diterbitkan 2010 silam atau disebut juga Peta Padang Konsesus. Jarak batas landaan tsunami ini dari pantai tak selalu sama.

 

Berbeda antara kawasan pantai yang dominan berdiri gedung perkantoran bertingkat dengan kawasan yang dominan pemukiman atau dan lainnya.

 

“Bagi kawasan yang padat gedung bertingkat, otomatis tsunami akan menghantam gedung-gedung itu dulu, sehingga air yang sampai ke pemukiman warga tidak terlalu deras arusnya. Jadi batas landaan tsunami agak jauh dari pantai,” terangRudy.

 

Berbeda dengan kawasan pemukiman yang berada di sekitar pantai, batas landaan stunami tentu sangat dekat. Namun jarak pastinya masih dalam kajian tim BPBD Padang. Pada batas landaan tsunami itu, akan dipasang baliho atau spanduk yang menyebutkan “Anda Berada di Kawasan Bebas Tsunami”.

 


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Senin, 30 Maret 2020 - 18:21:26 WIB

    Mulai Malam Ini, Warga Kota Padang Dilarang Keluar Rumah

    Mulai Malam Ini, Warga Kota Padang Dilarang Keluar Rumah PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Berbagai langkah dilakukan Pemko Padang untuk mencegah penyebaran virus corona atau Covid-19. Teranyar, Wali Kota Padang Mahyeldi Ansharullah melarang warga beraktivitas di luar rumah pada malam ha.
  • Senin, 30 Maret 2020 - 08:22:41 WIB

    Asmaul Husna Bergema, Mahyeldi Ajak Warga Dekatkan Diri Kepada Allah

    Asmaul Husna Bergema, Mahyeldi Ajak Warga Dekatkan Diri Kepada Allah PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Pandemi virus Corona telah menyebar hingga ke Sumatera Barat. Wali Kota Padang, Mahyeldi Ansharullah mengajak warganya untuk mendekatkan dri kepada Allah..
  • Sabtu, 28 Maret 2020 - 18:50:06 WIB

    Perangi Corona, Mahyeldi Ajak Warga Baca Doa Qunut Nazilah

    Perangi Corona, Mahyeldi Ajak Warga Baca Doa Qunut Nazilah PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Di tengah wabah virus Corona, Wali Kota Padang, Mahyeldi Ansharullah mengajak warganya untuk lebih dekat dengan Allah. Termasuk memanjatkan doa Qunut Nazilah..
  • Jumat, 27 Maret 2020 - 20:01:46 WIB

    UPDATE: Dua Warga Padang Positif Corona, Salah Satunya Petugas Medis

    UPDATE: Dua Warga Padang Positif Corona, Salah Satunya Petugas Medis PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Enam warga Sumatra Barat dipastikan positif terinfeksi korona, dua diantaranya diketahui berasal dari Kota Padang. Kedua orang positif korona di Padang adalah seorang petugas medis dan seorang yang.
  • Kamis, 26 Maret 2020 - 21:18:51 WIB

    Satu Warga Positif, Kota Padang Tetapkan KLB Korona

    Satu Warga Positif, Kota Padang Tetapkan KLB Korona PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Pemko Padang menetapkan status Kejadian Luar Biasa (KLB) virus Corona atau Covid-19, Kamis (26/3/2020). KLB ditetapkan oleh Wali Kota Padang Mahyeldi Ansharullah setelah salah satu warganya diteta.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM