Heboh, Kucing Emas Masuk Rumah Warga


Sabtu, 12 November 2016 - 14:57:38 WIB
Heboh, Kucing Emas Masuk Rumah Warga KUCING EMAS--Seorang warga berpose dengan Kucing Emas (Pardofelis temminckii) yang sudah diamankan oleh pihak BKSDA Sumbar. DONI

PADANG, HALUAN - Diduga karena maraknya pembalakan liar di hutan membuat populasi hewan liar yang menghuni tempat tersebut menjadi terganggu. Hewan pun terpaksa akan turun ke permukiman masyarakat untuk mencari makanan.

 

Setidaknya ini yang terjadi di Kampung Baru, Kecamatan Lubuk Begalung, Padang. Seekor kucing emas atau masyarakat setempat menyebut kucing ameh (Pardofelis temminckii) masuk ke rumah Ice (40) Sabtu (12/11) pukul 08.00 WIB.

 

Ice yang panik berusaha menyelamatkan diri dan keluar dari dari rumah tersebut, warga setempat yang mengetahui kejadian itu pun penasaran dengan penampakan kucing hutan tersebut.

 

"Saya menemukan hewan tersebut tidak jauh dari kandang burung di rumah ini," ucap wanita paruh baya tersebut.

 

Menurut Kepala Satuan Polisi Kehutanan (Kasat Pol Hut) Badan Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Zulmi Gusrul, pihaknya mendapatkan laporan dari warga setempat bahwa seekor hewan mirip harimau memasuki dan mengganggu warga di kawasan Kampung Baru tersebut.

 

"Mendapat laporan itu, kami langsung ke lokasi untuk mengamankan hewan yang diprediksi berumur lima tahun tersebut," ungkap Zulmi.

 

Zulmi berujar, hewan tersebut sebenarnya tidak mengganggu dan membahayakan warga. Untuk itu pihaknya melakukan pembiusan terhadap hewan tersebut dan dilepaskan kembali ke hutan.

 

"Pembiusan kami lakukan dengan cara mengumpan hewan tersebut menggunakan daging segar, setelah terpancing kita langsung eksekusi dan amankan," pungkasnya.

 


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM