Kasus WNA Ditangkap di Solsel. Wakapolda : Kurangnya Sosialisasi Keimigrasian


Ahad, 13 November 2016 - 11:05:14 WIB
Kasus WNA Ditangkap di Solsel. Wakapolda : Kurangnya Sosialisasi Keimigrasian Warga Negara Asing dari Tiongkok yang diamankan pihak Imigrasi Padang/DOKUMENTASI HALUAN

SOLSEL, HALUAN – Terungkapnya kasus Warga Negara Asing (WNA) asal Tiongkok di Solok Selatan (Solsel) beberapa waktu lalu, membuat pengawasan serta sosialisasi lebih ditingkatkan.

 

Hal ini disampaikan Wakapolda Sumbar, Kombes Pol Nur Afiah, kepada sejumlah wartawan di Solok Selatan, Sabtu (12/11). Ia mengatakan sosialisasi keimgriasian di setiap wilayah yang ada di Sumbar masih kurang.

 

"Salah satu kendala mungkin juga karena kantor imigrasi tidak ada ditiap kabupaten dan kota sehingga susah untuk melakukan koordinasi. Sementara, WNA keberadaanya bisa ditiap daerah, apalagi wilayah kepulauan seperti Mentawai yang dikelilingi laut lepas," kata Kombes Pol Nur Afiah.

 

Jika dibandingkan sebelum diberlakukan undang-undang keimigrasian yang baru terkait WNA, katanya, pihak kepolisian masih berwenang untuk menindak setiap WNA yang melakukan pelanggaran.

 

"Dulu setiap WNA yang datang dan pergi diketahui kepolisian, sekarang kan tidak begitu lagi sebab sudah kewenangan keimigrasian sehingga kami tidak bisa menangani kecuali sudah tersangkut persoalan hukum. Seperti tindak kriminal. Sedangkan untuk penyidikan dan penyelidikan tidak bisa lagi. Paling kita koordinasi,"lanjutnya.

 

Ia berharap, pihak imigrasi lebih banyak melakukan sosialisasi di wilayah yang ada di Sumbar.

 

Sebelumnya, Kepala Dinsosnakertrans Solsel, Zulkarnaini mengatakan, perihal tersebut terjadi karena banyaknya aktifitas tambang ilegal di Solsel.

 

"Sejauh ini, WNA yang tercatat sebagai tenaga kerja di Disosnakertrans Solsel, berjumlah 2 orang, yaitu Prajan dan Nara Sumalu. Keduanya asal Malaysia yang bekerja di PT. Bi­na Pratama Sakato Jaya (BPSJ), pab­rik pengolahan inti kelapa sawit (Carmel)," katanya.

 


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM