Tinju Kabupaten Solok Bidik 5 Emas


Senin, 14 November 2016 - 00:32:35 WIB
Tinju Kabupaten Solok Bidik 5 Emas Para atlet tinju Kabupaten Solok tetap optimis mengikuti latihan mempersiapkan diri menghadapi Porprov, meski dengan sarana yang sangat terbatas. (WANDI MALIN)

Solok, Haluan — Ketika kabupaten dan kota  lain di Sumatera Barat tengah sibuk mempersiapkan kontingennya dengan beragam fasilitas yang mumpuni, kabupaten Solok masih saja berkutat dengan segala keterbatasan. Minimnya anggaran membuat daerah  itu harus berdamai dengan keadaan dengan memaksimalkan fasilitas yang ada untuk mempersiapkan kontingennya.

Seperti yang terlihat pa­da pemusatan latihan (Trai­ning Camp) penuh cabang tinju Kabupaten Solok di daerah Bandar Pandung So­lok. Tak ada sasana dan ring tinju yang representatif, hanya memanfaatkan peka­rangan rumah dan gang sem­pit untuk berlatih kebu­garan.

Di rumah milik pelatih tinju Kabupaten Solok Rid­wan Can ini, tepatnya di teras di depan pintu masuk, ter­gantung satu buah samsak dan satu buah bola liar yang kondisinya sudah sangat memperihatinkan. Banyak robekan pada samsak yang terpaksa harus ditutup de­ngan lakban karena terus dihajar dengan pukulan para petinju. Sementara bola liar yang dimiliki pun kon­di­sinya nyaris sama, alat lati­han yang semestinya elastis ini sudah kendor sehingga tak efektif lagi untuk me­latih kecepatan pukulan.

Yang lebih memiriskan lagi tiga pasang sarung tinju yang dimiliki pun kon­dis­i­nya juga sangat parah. Per­mukaan kulitnya sudah tak la­gi mulus, apabila me­nge­nai wajah dengan tidak te­pat akan menimbulkan luka seperti bekas sayatan senjata tajam. “Barang-barang ini dibeli waktu persiapan Por­prov ke XII di Kabupaten Limapuluh Kota pada tahun 2012 lalu. Inilah yang kami pakai untuk latihan tiap hari,” kata Ridwan yang akrab disapa Ucok ini kepa­da Haluan Minggu (13/11).

Sementara untuk ber­tanding, para atletnya ter­paksa harus gonta-ganti se­patu. Karena untuk ber­tan­ding, harus memakai sepatu khusus yang jumlahnya ha­nya dua pasang saja. “ Keter­batasan inilah yang memacu motivasi kami untuk berlatih keras. Menjadi petinju tak boleh cengeng, yang hanya bisa menyalahkan keadaan,” tegasnya.

Namun demikan, terle­pas dari segala keterbatasan itu, kata Ucok, pihaknya mengaku optimis, para atlet binaannya akan tetap men­dulang emas pada Porprov ke XIV di Kota Padang mendatang. “ Dari 10 atlet yang kita persiapkan ini, insya Allah  kita targetkan lima emas untuk Kabupaten Solok,” kata Ucok di­dam­pingi Zulmasdiawarman, pemerhati tinju sekaligus bapak angkat para atlet tinju tersebut.

Target Ucok bukan tanpa alasan, dari berbagai pertan­dingan yang diikuti, seperti pada kejurda sarung tinju emas di Kabupaten Agam pada beberapa bulan lalu, meski mengutus tiga atlet­nya, sukses menggondol dua emas dan satu perak.

“ Melihat potensi yang kita miliki saat ini, kami tetap optimis dengan target lima emas tersebut,” kata Ucok.

Untuk biaya selama ini, kata Ucok, pihaknya lebih banyak mengadu kepada bapak angkat yang selama ini telah banyak membantu secara materi.  Sementara ketika ditanya terkait perha­tian yang diberikan Pengcab Pertina Kabupaten Solok selama ini, Ucok enggan berkomentar banyak. “ Tugas saya hanya melatih dan mem­persiapkan atlet, urusan  bantuan Pengcab Pertina, kan bisa dilihat dari apa yang ada saat ini. Biarlah rabab saja yang menyam­paikan,” ujarnya.

Terpisah, Ketua KONI Kabupaten Solok Rudi Hori­zon menyebutkan, untuk menghadapi Porprov yang tinggal hitungan hari ini, pihaknya menegaskan akan melengkapi perlengkapan dan kebutuhan tim tinju ini.

 Karena menurutnya, tinju merupakan salah sa­tu cabor prio­ritas di Ka­bu­paten So­lok yang harus diper­ha­tikan.” Proposalnya sudah masuk, kita harap dalam dua hari ke depan sudah bisa dicairkan,” kata Rudi.

Rudi beralasan ter­lam­batnya pencairan dana un­tuk persiapan Porprov ini, lantaran adanya persoalan yang dihadapi KONI  selama ini. Namun demikian hal itu tidak lagi menjadi halangan, karena proposal pencairan dana KONI juga sudah di tangan Bupati. “Kita paham dengan semua keluhan yang dihadapi oleh seluruh cabor saat ini karena terlambatnya pencairan dana. Semoga Senin sudah bisa dicairkan, karena kemaren bapak Bu­pati keluar daerah,” pungkas Rudi. (h/ndi)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM