PENCAPAIAN PESERTA KB AKTIF

Limapuluh Kota Peringkat Lima Sumbar


Senin, 14 November 2016 - 00:37:22 WIB
Limapuluh Kota Peringkat Lima Sumbar Bupati Irfendi Arbi foto bersama dengan petugas KB Kecamatan Guguak, dalam Jambore penggiat KB, Sabtu lalu. (ZUL)

LIMAPULUH KOTA, HALUAN — Bupati Limapuluh Kota, Irfendi Arbi berharap, kegiatan Jambore dan temu ajang kreatifitas PKB/PLKB dan kader PPKBN/PPKBJ, mampu meningkatkan pengetahuan dan motivasi penggiat KB di lapangan buat memantapkan dan mempercepat keberhasilan program Kependudukan, Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK).

Harapan itu disampaikan Irfendi ketika menghadiri Jam­bore dan temu ajang kreatifitas PKB/PLKB dan kader PPKBN /PPKBJ tingkat Kabupaten Limapuluh Kota, yang berlang­sung di arena Medan Nan Ba­paneh, Nagari Tarantang, Ke­ca­matan Harau, Sabtu (12/11).

“Jambore ini kita yakini mampu mempercepat keberha­silan program KKBPK sebagai bagian integral dari pemba­ngunan kesejahteraan masya­rakat di Kabupaten Limapuluh Kota. Sejauh mempunyai kebi­jakan, saya akan berusaha mendukung buat suksesnya program KB di daerah ini,” ulasnya. Irfendi.

Menyimak laju pertum­buhan penduduk di Limapuluh Kota, masih di atas rata-rata nasional, karena itu Irfendi mengingatkan BPPKB setem­pat beserta seluruh jajaran bekerja keras mengunjungi dan berdialog dengan keluarga-keluarga untuk tercapainya upaya pengendalian penduduk.

“Semua petugas kita harap­kan supaya lebih inten mem­berikan edukasi dan pence­rahan kepada setiap keluarga dan mas­yarakat tentang pen­ting­nya pro­gram perencanaan hidup sehat dan sejahtera mela­lui program kependudukan, KB dan pemba­ngunan keluarga,” tuturnya.

Irfendi juga mengapresiasi para petugas PKB/PLKB dan kader PPKBN/PPKBJ selaku kader penggiat KB yang tanpa pamrih bekerja keras di tengah masyarakat, agar target bisa tercapai, ia mengajak para petugas KB ini bekerja dengan iklas dan niat ibadah. “Kegiatan itu bila dilakukan dengan ikh­las, maka akan selesai sesuai harapan,” ulasnya.

Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Sumatera Barat, Syahruddin, dalam pa­pa­rannya menyebut, peserta KB di Limapuluh Kota sudah melebihi dari 60% atau reng­king 5 di Provinsi Sumatera Barat. Pencapaian peserta KB aktifnya juga cukup tinggi. “KB di Limapuluh Kota sudah cu­kup menggembirakan. Penca­paian peserta KB aktifnya sudah berada pada rangking 2 di Sumatera Barat.

.Sementara itu, Sekretaris Utama (Sestama) BKKBN RI Nofrizal, pada menegaskan, kader adalah pilar utama atau tumpuan untuk suksesnya pro­gram KB. Menurutnya, pro­gram KB tidak akan sukses kalau tidak di kelola dengan semangat kebersamaan atau gotong royong. Seluruh kemi­traan, baik masyarakat yang bergerak di bidang agama, tokoh adat dan akademi bagian yang tidak bisa dipisahkan dari upaya membangun peren­ca­naan hidup yang sehat.

Sedangkan Kepala BPPKB Kabupaten Limapuluh Kota dr. Tien Septino dalam laporannya menyebut jumlah ASN petugas PKB/PLKB hanya 32 orang dan tenaga harian lepas seba­nyak 52 orang yang tersebar di 13 kecamatan. Berikutnya, PPKBN sebanyak 79 orang dan PPKBJ sejumlah 632 orang. Kegiatan yang berlangsung selama 3 hari mulai Jumat sampai Minggu (11-13/11), diikuti 110 PKB/PLKB dan 130 orang PPKBN/PPKBJ dari setiap kecamatan. (h/zkf)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM