Siberut Tengah Dambakan Dermaga


Senin, 14 November 2016 - 00:39:18 WIB

PADANG, HALUAN — Masyarakat Siberut Tengah, Kabupaten Kepulauan Mentawai men­dam­bakan adanya dermaga, untuk men­jem­batani kebutuhan masyarakat antar pulau.

Hal ini disampaikan disam­paikan sejumlah warga kepada Wakil Gubernur Sumb­ar, Nas­rul Abit saat mengunjungi da­erah ini, beberapa waktu lalu.

Salah seorang warga Sai­bi Siberut Tengah, Martapulung (51) berharap, pada pe­me­rintah provinsi bisa me­ngang­garkan dana untuk pem­ba­ngunan dermaga di Siberut Te­ngah ini. Pasalnya, keberadaan dermaga ini sangat dinanti dan dibutuhkan oleh masyarakat.

“Setidaknya, jika sudah ada dermaga, hubungan kami antar pulau bisa semakin mudah. Tidak hanya itu, kami juga butuh dermaga di Siberut Utara dan Selatan. Saat ini, jangankan untuk ke Padang, untuk ke antar keca­matan saja kami sudah ke­su­litan,” jelasnya saat kun­jungan Wakil Gubernur Sum­bar dan Biro Pembangunan, A.Yani serta sejumlah SKPD terkait.

Harapan senada juga di­sam­paikan Anjelo (65). De­ngan keterbatasan akses ini, jelas membuat mereka keku­rangan informasi dari luar. Bahkan hasil pertanian me­reka hanya bisa dijual dengan harga murah, kadang malah dibar­ter dengan sesama warga.

“Kami sudah memulai bercocok tanam disini. Na­mun harga pupuk sangat mahal, kadang mau beli pu­puknya malah tidak ada ka­rena tidak ada yang memasok,” ulasnya.

Untuk keluar masuk Saibi, warga masih meng­gunakan boot kayu melalui aliran sungai dengan jarak tempuh 15 menit. Itupun baru sampai laut lepas. Belum lagi perjalanan ke Siberut Utara atau Selatan yang memakan waktu lebih kurang sejam setengah.

Sekretaris Kecamatan, Jasri Onarelius mengatakan, lebih kurang 800 orang ma­syarakat Siberut Tengah ma­sih menggunakan boot untuk perjalanan antar pulau. De­ngan dermaga dari kayu yang dibuat swadaya masyarakat sebagai tempat perhentian.

“Kami tentu ingin der­maga permanen ada di Sibe­rut Tengah, agar lalu lin­tas masayarakat bisa berjalan maksimal,” harapnya.

Sementara itu, Dinas Per­hubungan Komunikasi dan Informasi Provinsi Sumbar melalui Kabid Laut Sarman mengatakan, rencana pem­bangunan dermaga di Siberut Tengah sudah mencuat pada 2014 lalu. Lahan sudah terse­dia di Subelen Saibi. Namun, pembangunannya masih ter­kendala status fungsi kawasan hutan pada lahan yang akan dibangun dermaga, hingga menyebabkan rencana itu kembali mentah.

“Lahannya sudah ada. Tapi masih berstatus hutan lindung. Kami bersama tim yang tergabung dari Pe­me­rintah Kabupaten Kepulauan Mentawai dan pusat sudah turun kelapangan, namun karena personal tim tersebut sudah berganti jabatan, maka perlu dibentuk lagi tim baru,” ungkapnya.

Ia menjelaskan, agar la­han tersebut bisa digarap harus mendapat izin Ke­men­terian Kehutanan dengan prosedur mengganti status fungsi lahan dari hutan lin­dung menjadi hutan pro­duksi. Misalnya, lahan yang terpakai seluas 1 hektare maka dicarikan lahan peng­ganti seluas itu.

Untuk mengurus hal ini menurutnya, sangat mem­bu­tuhkan waktu dan akan me­ma­kan waktu yang cukup lama na­mun demikian ia tetap me­nar­getkan tahun 2018 ma­syarakat Siberut Tengah sudah memiliki Der­maga.

Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit berjanji, per­soalan status fungsi kawasan pela­buhan di Siberut Tengah akan langsung dibicarakan dengan kementerian terkait. Dan untuk percepatan pem­ba­ngu­nan Men­­t­awai, ia akan me­ngu­sul­kan ke pusat agar ada perla­kukan khusus untuk Ke­pulauan Mentawai, karena Mentawai termasuk kabu­paten tertinggal kategori 3T (ter­­luar, termiskin dan teri­solir).

“Kami dari provinsi akan perjuangkan hingga ke pusat, agar Siberut Tengah ini bisa memiliki dermaga,” ujarnya

Menurut Wagub, untuk percepatan pembangunan Mentawai perlu adanya siner­gitas antara Pemerintah Ka­bupaten, Provinsi dan Pusat. “Untuk Mentawai, kita perlu main keroyok, baik antar pemerintahan maunpun lin­tas SKPD, biar cepat dan tepat sasaran,” ujarnya. (h/rin/hel)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM