MENGURAI KEMACETAN DI PESSEL

Pemkab Diminta Siapkan Lahan


Senin, 14 November 2016 - 00:41:14 WIB
Pemkab Diminta Siapkan Lahan Kondisi pasar tradisional di Kenagarian Surantih, Kecamatan Sutera, Kabupaten Pessel selalu macet setiap pekannya. (OKIS MARDIANSYAH)

PAINAN, HALUAN —  Hingga saat ini, kondisi jalan di pasar tradisional di Kenagarian Su­rantih, Kecamatan Sutera, Ka­bupaten Pesisir Selatan (Pessel) yang buka setiap hari Minggu tak pernah luput dari kemacatan. Kondisi ini diperparah lagi de­ngan banyaknya kendaraan yang parkir tidak pada tempatnya.

Warga sekitar, mendesak pemerintah setempat untuk me­nyediakan lahan parkir khusus guna mengurai kemacatan yang terjadi di lokasi tersebut.

“Hampir setiap pekan, saat Pasar Surantiah dipadati pe­ngunjung, terjadi penumpukan ken­daraan. Baik roda dua mau­pun roda empat. Akibatnya, macet tidak dapat terelakkan pada ruas jalan nasional Padang-Bengkulu tersebut,” ucap Desri Maryeni, salah seorang warga kepada Haluan.

Seharusnya, harap Desri, Pemerintah Kabupaten Pessel, menyediakan lahan parkir khusus untuk kendaraan para pengunjung dan pedagang. Karena kalau tidak ada tempat parkir yang layak, maka kondisinya akan selalu macet seperti ini. “Apalagi pasar Surantih ini selalu ramai setiap pekannya (Minggu, red),” ung­kapnya lagi.

Hal senada juga dikeluhkan Teguh (28), warga asal Kambang. Ia menyebut, setiap kali akan melewati pasar tradisional Su­rantih tersebut, pasti kerap ter­jebak macet, karena banyak kendaraan yang diparkir disisi ba­dan jalan. Bahkan para pedagang yang membuka lapak da­ga­ngan­nya juga kerap memakai bahu jalan.

Dihubungi terpisah, Camat Sutera Fachrudin mengatakan, ia membenarkan jika kondisi pasar tradisional Surantih, hingga saat ini belum memiliki lahan khusus sebagai tempat parkir. Sebagian dari mereka (pengunjung pasar) kerap memarkirkan ken­daraannya pada bahu jalan serta halaman-halaman rumah warga yang dikelola perorangan.

“Ya, karena memang tidak ada lahan khususnya, makanya mereka masih mengandalkan bahu jalan dan halaman rumah warga sebagai area parkir. Jadi wajarlah kalau kendaraan terlihat menumpuk dan semrawut,” katanya.

Kendati demikian, pihaknya berjanji akan segera menanggapi keluhan masyarakat dan pe­ngen­dara untuk segera mengajukan permohonan perbaikan maupun penataan pasar tradisional ke Pemkab setempat.

“Sebenarnya banyak yang mesti kita benahi dipasar ini, tidak dari segi parkir saja, sarana dan prasarananya sudah sepa­tut­nya kita perbaiki. Karena pasar tra­disional Surantih ini, meru­pakan penopang ekonomi ma­syarakat di Kecamatan Sutera, semoga saja bisa terealisasi demi kenyamanan dan ketertiban kita semua saat melakukan aktivitas jual beli nantinya,” tutupnya. (h/mg-kis/hel)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM