DIRESMIKAN WAWAKO EMZALMI

Gedung Serbaguna Gratis untuk Umum


Senin, 14 November 2016 - 00:41:50 WIB

PADANG, HALUAN —Se­buah gedung serbaguna dengan ukuran 10 X 15 meter milik Anak Nagari Pauh IX Kecama­tan Kuranji, di kawasan Perum­nas Belimbing, kini bisa diman­faatkan masyarakat secara gratis.

Gedung yang dibangun se­ca­ra swadaya dan menghabiskan dana sekitar Rp1 miliar itu, diresmikan pemakaiannya oleh Wakil Walikota (Wawako) Pa­dang, Emzalmi, Minggu (13/11).

“Kita memberikan apresiasi kepada warga dan Anak Nagari Pauh IX Kecamatan Kuranji yang mampu membangun ge­dung serbaguna ini,” ujar Wa­wa­ko Emzalmi saat peresmian yang dihadiri Camat Kuranji Rachmadeny Dewi Putri, Ketua LPM Kuranji, Irwan Basir, Ketua KAN Pauh IX, H Ahmad AS, Ketua FKAN Pauh IX, Evi Yandri Rajo Budiman dan para ninik mamak.

Meski gedung itu tidak disewakan kepada warga, kata Emzalmi, namun bagi yang ingin memakai gedung ini untuk berbagai kegiatan, tetap diminta partisipasinya. Anggap saja sebagai sumbangan untuk biaya perawatan.

Dan diharapkan, kebera­daan gedung serbaguna itu dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin untuk berbagai mas­yarakat, seperti pertemuan, seminar, diskusi, pelantikan pengurus organisasi dan acara resepsi pernikahan.

“Agar gedung serbaguna ini bisa terpelihara dengan baik, perlu dibentuk badan penge­lolanya. Silahkan para ninik mamak, kemanakan dan anak nagari berembuk. Nanti koor­dinasi saja dengan camat atau lurah,” ucap Emzalmi mem­berikan saran.

Dalam sambutannya, Em­zalmi juga menyampaikan se­jum­lah program pemba­ngunan Kota Padang yang melibatkan Kuranji. Seperti pembangunan jalur dua Bypass dan rencana pelebaran jalur Siteba-Gurun Laweh-Kalumbuk-Korong Ga­dang-Kuranji hingga ke Gunung Nago di Kecamatan Pauh.

Untuk pelebaran jalan dari Siteba ke Gunung Nago dengan panjang mencapai 15 km itu, Pemko telah menyiapkan ang­garan puluhan miliar rupiah pada APBD 2017. Termasuk untuk biaya ganti rugi tanah dan bangu­nan serta pengaspalan nantinya.

“Setelah saya tanya kepada Dinas PU, untuk program pele­b­aran jalan Siteba-Kuranji-Gunung Nago itu minimal bu­tuh lebar jalan 15 meter. Semen­tara jalan yang ada saat ini sekitar 8 meter. Pertanyaannya, apakah warga mau membebas­kan tanahnya untuk pelebaran jalan tersebut? Jika bersedia, Insya Allah tahun depan sudah bisa dimulai pembangunannya,” kata Emzalmi yang juga merupa­kan putra asli Kalumbuk Kecamatan Kuranji itu men­jelaskan.

Sementara Ketua LPM Keca­matan Kuranji, Irwan Basir Dt Rajo Alam juga mengucap syukur dengan adanya gedung serbaguna tersebut. Sebab, segala kegiatan pertemuan pemuka adat dan nagari serta berbagai kegiatan masyarakat lainnya bisa dipusatkan di gedung itu.

“Gedung serbaguna ini mi­lik kita bersama. Untuk itu, mari kita jaga dan kita pelihara secara bersama pula. Kalau perlu, kita jadikan simbol kekompakan masyarakat dan anak nagari Pauh IX Kecamatan Kuranji,” ujar Irwan Basir. (h/vie/rel)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Ahad, 16 Juni 2019 - 23:29:52 WIB

    Belum ada Solusi, Rencana Gedung Parkir Baru di Padang Masih Tunggu Investor

    Belum ada Solusi, Rencana Gedung Parkir Baru di Padang Masih Tunggu Investor PADANG, HARIANHALUAN.COM - Minimnya lahan parkir di Kota Padang, Dinas Perhubungan (Dishub) rencananya akan segera bangun gedung parkir di pangkalan angkot samping Polresta Padang. Namun, saat ini pemko Padang masih mencari i.
  • Rabu, 27 Februari 2019 - 12:20:00 WIB

    Pemko Padang Berencana Bangun Gedung Parkir di Samping Polresta

    Pemko Padang Berencana Bangun Gedung Parkir di Samping Polresta PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Minimnya lahan parkir di Kota Padang, Dinas Perhubungan (Dishub) rencananya akan segera bangun gedung parkir di pangkalan angkot samping Polresta Padang. Rencana tersebut saat ini sedang dalam pemb.
  • Rabu, 31 Oktober 2018 - 11:25:50 WIB

    Padang Butuh Gedung Parkir

    Padang Butuh Gedung Parkir PADANG, HARIANHALUAN.COM – Manajemen perparkiran di Kota Padang terus menjadi sorotan karena masih banyaknya ruang milik jalan nasional dan provinsi yang beralih fungsi menjadi area parkir. Solusi seperti gedung parkir (par.
  • Rabu, 20 Desember 2017 - 01:42:37 WIB

    500 pedagang Dipindahkan ke Gedung Inpres

    500 pedagang Dipindahkan ke Gedung Inpres PADANG, HALUAN - Sekitar 500 pedagang yang tersebar di Pasar Raya Padang sejak Minggu-Senin (17-18/12) mulai dipindahkan ke gedung inpres II, III dan IV. .
  • Jumat, 02 Desember 2016 - 00:53:31 WIB

    Tak Lagi Memadai, Gedung Dewan Diusulkan Pindah

    Padang, Haluan—Kalangan anggota DPRD Kota Padang mengusulkan, kantor DPRD Kota Padang dipindahkan sementara waktu ke Gedung Bagindo Azis Chan karena kantor DPRD yang saat ini berlokasi di Jalan Sawahan dinilai tak memadai.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM