Tokoh Minang Jabodetabek Dirikan IKM


Senin, 14 November 2016 - 00:49:08 WIB
Tokoh Minang Jabodetabek Dirikan IKM TOKOH Minang yang ada di Jabodetabek berfoto bersama usai melaksanakan deklarasi Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Induk Keluarga Minang (IKM). Deklarasi dilakukan pada Sabtu (12/11) malam di Hotel Balairung, Jakarta. (SAM)

JAKARTA, HALUAN —  Be­berapa tokoh perantau Mi­nang di Jabodetabek me­n­dirikan organisasi perantau Minang yang diberi nama Dewan Pim­pinan Pusat (DP­P) Ikatan Ke­luarga Mi­nang (IK­M). Orga­nisasi itu di­dek­larasikan Sabtu (12/11) ma­lam di Hotel Balai­rung, Jakarta.

Semula, nama organisasi yang digagas sejumlah tokoh perantau Minang di Jabo­detabek itu bernama Ikatan Keluarga Minang, tapi su­dah ada nama yang terdaftar di Menkumham maka di­ganti dengan Ikatan Keluarga Minang yang tetap disingkat dengan IKM. 

Diantara pendiri DPP IKM tersebut adalah Mayjen TNI (Purn) M. Fuad Basya, Mayjend TNI (Purn) Anas Alwi, Marsda TNI (Purn) Cahirul Akbar, H Mu­ham­mad Sagi, Hj Yemmilia, H, Nur Usman dan sejumlah nama lainnya.

Berdasarkan musyawarah para pendiri yang dihadiri oleh 37 delegasi organisasi pe­ran­tau Minang dari ber­bagai daerah dan anggota perumus sejak Sabtu pagi, menyetujui pendirian orga­nisasi, mem­bahas Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) serta ke­pe­ngu­rusan periode 2016 -2020.

Pengurus organisasi baru urang awak itu adalah H Muhammad Sagi dan H. Nur Usman sebagai pembina. Mayjen TNI (Purn) M Fuad Basya sebagai Ketua Umum, Hj Yemmilia SE MSi sebagai Sekretaris Jenderal dan May­jend TNI (Purn) Anas Alwi sebagai Bendahara Umum.

Untuk posisi Wakil Ke­tua diisi oleh Hen­dra­Muc­hlis SH. MH Marsda TNI (Purn) Cahirul Akbar, H Salman Ilyas, MBA, Dr Edial Sanif dan Syafruddin Al. Untuk Wakil Sekjen adalah Yusrizal Karana SIP MIP, Amir Jaya ST B, Armet SE Ridwan SH dan Edwel Da­tuak Gampo Alam. Wakil Berdahara Hj Sumarni Pa­to­nah dan Imseswati SE.

Mayjend  TINI (Purn) M Fuad Basya mengatakan bahwa DPP IKM hadir untuk menya­tu­kan gerak langkah IKM-IKM yang ada di da­erah. “DPP IKM memiliki hirarkis yang dari pusat hingga daerah, termasuk ranting-ranting yang ada di kecamatan-kecamatan,” kata mantan Kapuspen TNI ini.

Ditambahkannya, visi DPP IKM adalah mem­­bang­un orga­nisasi Minang yang terstruktur, hirarkis, menga­kar, bersatu, mandiri dan peduli terhadap anggota. Ke depan, DPP IKM ingin men­capai kehidupan yang aman, damai dan sejah­tera di ran­tau maupun di ranah. “Kita ingin merasa senasib se­penang­gungan,” kata Fuad Basya.(sam)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Ahad, 23 Februari 2020 - 22:57:45 WIB

    Tokoh Masyarakat dan Forkopimka Kuranji Tabuh Genderang Perang Lawan Maksiat

    Tokoh Masyarakat dan Forkopimka Kuranji Tabuh Genderang Perang Lawan Maksiat PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Komitmen tokoh masyarakat bersama Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimka) Kuranji dalam membersihkan praktek maksiat, narkoba, serta segala bentuk penyakit masyarakat (pekat) patut diacung.
  • Senin, 20 Mei 2019 - 22:13:50 WIB

    Tokoh Agama di Padang Ini Tolak People Power

    Tokoh Agama di Padang Ini Tolak People Power PADANG, HARIANHALUAN.COM-Penolakan terhadap gerakan people power, juga dilakukan oleh Pendeta Huria Kristen Batak Protestan (HKBP) yang ada di Kota Padang. Karena menurutnya gerakan tersebut meresahkan masyarakat..
  • Ahad, 03 September 2017 - 14:38:51 WIB

    Tokoh Muda Padang Perang Cuitan dengan Mantan Ketua DPR RI

    Tokoh Muda Padang Perang Cuitan dengan Mantan Ketua DPR RI PADANG, HARIANHALUAN.COM—Mantan Ketua DPR RI, Marzuki Alie, mengkritik Garuda Indonesia baru-baru ini melalui cuitannya di Twitter sehubungan dengan kerugian yang melanda maskapai milik BUMN tersebut. Cuitan politikus Demok.
  • Senin, 07 Agustus 2017 - 19:13:51 WIB

    11 Tokoh di Kota Padang Dapat Pin Emas

    11 Tokoh di Kota Padang Dapat Pin Emas PADANG, HARIANHALUAN.COM - Sebelas tokoh masyarakat di Padang mendapat pin emas pada Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Padang ke-348. Pin emas itu akan disematkan pada saat sidang istimewa peringatan HUT Kota Padang di gedung DPRD.
  • Selasa, 22 November 2016 - 01:07:23 WIB
    JELANG AKSI 2 DESEMBER

    Tokoh Agama Sumbar Dikumpulkan

    Tokoh Agama Sumbar Dikumpulkan PADANG, HALUAN — Forum Pimpinan Komunikasi Daerah (Forkopimda) Sumbar melakukan silaturahmi bersama tokoh-tokoh Organisasi Masyarakat (Ormas) Islam se-Sumbar Senin (21/11) di Auditorium Gubernuran. Dalam pertemuan ini juga .
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM