BPBD Hentikan Pencarian Gempar


Senin, 14 November 2016 - 00:50:32 WIB
BPBD Hentikan Pencarian Gempar Anggota Tim SAR menyusuri aliran Batang Kuantan, Sijunjung untuk mencari Gempar, pemuda yang diketahui hilang setelah perahu yang ditumpanginya terbalik. Namun, upaya tersebut tak berhasil. Gempat tidak ditemukan. (OGI)

SIJUNJUNG, HAluan — Se­telah berusaha secara maksimal untuk melakukan pencarian se­lama lima hari, akhirnya BPBD Kabupaten Sijunjung me­mutus­kan untuk menghentikan pen­ca­rian terhadap Gempar (16), korban tenggelam di Ba­tang Kuantan, Selasa (9/11) lalu. Penghentian pencarian ini me­mu­­puskan hara­pan keluarga yang ingin Gempar ditemukan selamat.

Gempar hanyut saat sedang berusaha menyeberang sungai dengan menggunakan perahu kecil. Saat menyeberang sungai, Gempar ditemani rekannya Ikhsanul Ade Putra (21) warga Kenagarian Pematang Panjang. Tak lama kemudian, perahu yang mereka tumpangi terbawa arus sungai dan oleng serta terbalik. Akhirnya, kedua rekan kerja tersebut terseret arus Ba­tang Kuantan.

Teman korban berhasil me­n­ye­lamatkan diri dengan ber­pegangan kuat pada perahu yang sedang berada di tepi sungai, sementara korban yang diduga tidak bisa berenang tersebut hilang dan hanyut terseret arus.

warga setempat bersama Tim Sar BPBD Kabupaten Si­jun­jung dibantu Tim Kelom­pok Siaga Bencana (KSB) Koto Panjang dan Batu Gando mela­kukan pencarian hingga ke daerah Pintu Batu Kenagarian Padang Tarok, Kecamatan Ka­mang Ba­ru. Namun, Tim SAR BPBD Sijunjung dan Tim KSB belum mendapatkan hasil mes­kipun telah menyusuri sepan­jang ali­ran Sungai batang Kuantan

Kepala Pelaksana BPBD Si­jun­jung Hardiwan SP di­dam­pingi Kasie Pencegahan dan Pen­ang­gulangan Bencana Ver­ya­n­toni dan Plt Kasie Keda­ru­ratan dan Logistik Arif bu­di­man menjelas­kan bahwa piha­k­nya melakukan pencarian te­rakhir pada hari Minggu (13/11) dan untuk se­lanjutnya akan dihentikan.

“Pencarian sudah di­la­ku­kan dengan menyisir di se­pan­jang aliran sungai batang kuant­an hingga ke Pintu Batu. Bah­kan, kita sudah berkoordinasi dengan warga yang tinggal disepanjang aliran sungai di Kabupaten Kuantan Singingi, Provinsi Riau untuk memantau dan mem­berikan informasi jika seandai­nya menemukan jasad korban hanyut. Sampai hari kelima ini, belum ada tanda-tanda ke­be­rada­an satu korban yang di­laporkan hilang,” ungkapnya.

Pihaknya juga me­nam­bah­kan, kondisi medan juga men­jadi salah satu faktor yang mem­pengaruhi pencarian. Arus sungai yang deras dengan be­ba­tuan berukuran besar, men­yulitkan pencarian ditambah lagi debit air yang semakin bertambah akibat curah hujan yang terjadi akhir-akhir ini. “Pencarian ini sangat berisiko, sehingga perlu kehati-hatian, dan kita juga tidak bisa mela­kukan penyelaman karena kon­disi air yang keruh dan derasnya arus bawah sungai” lanjut Hardiwan.

Sementara itu, beberapa orang tokoh masyarakat setem­pat an pihak keluarga sempat melakukan ritual untuk men­e­mu­kan jasad Gempar yang hingga sore menjelang malam kemarin, belum ada tanda-tanda akan ditemukan. Pihak keluarga berharap jasad anggota keluarga mereka tersebut segera di­temu­kan dan dimakamkan secara layak. (h/ogi)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 22 Januari 2020 - 16:46:15 WIB

    Cuaca Ekstrem, BPBD Payakumbuh Siapkan Program Penanggulangan Bencana

    Cuaca Ekstrem, BPBD Payakumbuh Siapkan Program Penanggulangan Bencana PAYAKUMBUH, HARIANHALUAN.COM - Cuaca ekstrim yang melanda kota Payakumbuh akhir-akhir ini membuat Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Payakumbuh, melakukan pengawasan ekstra, demi kenyaman masyarakat. Pasalnya, di.
  • Selasa, 17 Desember 2019 - 19:13:49 WIB

    Henry Chaniago Ditunjuk Jadi Plt Kepala BPBD Sijunjung, Seperti Apa Sih Sosoknya?

    Henry Chaniago Ditunjuk Jadi Plt Kepala BPBD Sijunjung, Seperti Apa Sih Sosoknya? SIJUNJUNG,HARIANHALUAN.COM - Bupati Sijunjung, Yuswir Arifin menunjuk Kepala Bagian Perekonomian Setdakab, Henry Chaniago sebagai pelaksana tugas (Plt) Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sij.
  • Rabu, 11 Desember 2019 - 15:35:37 WIB

    Antisipasi Bencana, BPBD Siagakan Petugas di Posko

    Antisipasi Bencana, BPBD Siagakan Petugas di Posko PARIAMAN,HARIANHALUAN.COM - Terkait cuaca ekstrem yang terjadi beberapa waktu belakangan, BPBD Kota Pariaman siagakan petugas di posko-posko yang sudah ditentukan lengkap dengan peralatan untuk memudahkan dan memperlancar tug.
  • Ahad, 15 September 2019 - 16:41:10 WIB

    Mahasiswa IAIN Bukittinggi PPL di BPBD Agam

    Mahasiswa IAIN Bukittinggi PPL di BPBD Agam AGAM, HARIANHALUAN.COM - Delapan orang mahasiswa Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah (FUAD) IAIN Bukittinggi melaksanakan Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) di BPBD Kabupaten Agam..
  • Selasa, 30 Juli 2019 - 22:29:28 WIB

    Rencana Aksi PRB BPBD Agam Dimonitor Tim StIRRRD UGM

    Rencana Aksi PRB BPBD Agam Dimonitor Tim StIRRRD UGM AGAM,HARIANHALUAN.COM-–TIM Strengthened Indonesia Resilience Reducing Risk From Disasters (StIRRRD) Universitas Gajah Mada (UGM) Yogyakarta, melakukan monitoring rencana aksi (action plan) PRB BPBD Kabupaten Agam, di Aula K.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM