SEBELUM DIRESMIKAN 18 NOVEMBER

DPRD Akan Hearing Soal Minang Mart


Senin, 14 November 2016 - 00:55:56 WIB

PADANG, HALUAN — Komisi II DPRD Sumbar berjanji akan mengupayakan pelaksanaan hearing dengan PT RMM sebe­lum Minang Mart diresmikan 18 November mendatang.

Menurut Wakil Ketua Ko­misi II DPRD Sumbar Sabrana, hearing yang akan diupayakan DPRD tersebut guna me­nang­gapi aspirasi dari Asosiasi Pedagang Retail dan Grosir Sumbar. Diharapkan dengan hearing itu, diperoleh satu pemahaman soal kehadiran Minang Mart sehingga tidak menimbulkan polemik atau masalah di kemudian hari.

“Akan dikondisikan. Kita akan upayakan hearing atau pertemuan dengan pihak ter­kait. Kita upayakan dilak­sa­nakan secepatnya,” ucap, Sa­brana, Minggu (13/11).

Disebut Sabrana dalam per­temuan rapat yang akan diage­ndakan, DPRD nantinya akan mempertanyakan seperti apa konsep pengelolaan Minang Mart ke depan. Kemudian, dam­paknya terhadap pengusaha lokal, apakah menguntungkan atau tidak. “Kita tentu tak ingin kehadiran Minang Mart me­rugikan masyarakat, khususnya pedagang retail yang sudah ber­dagang cukup lama,” ujarnya.

Jika akan berdampak buruk pada usaha yang dijalankan masyarakat, lanjut Sabrana, DPRD akan meminta agar ada aturan atau batasan tertentu yang dibuat untuk Minang Mart.

Sementara itu, anggota Komi­si II DPRD Sumbar, Ahmad Khai­dir menyebut, sebelum peresmian mestinya pemprov sudah lebih dahulu melaporkan bisnis plan Minang Mart pada DPRD.

“Tapi sayangnya itu tak dila­kukan. Pemprov sama sekali belum menyampaikan ke Komisi II tentang Minang Mart ini,” ucap Ahmad Khaidir

Ia menuturkan, pemerintah harus menjelaskan konsep Mi­nang Mart ini ke  DPRD karena semua  berhubungan erat dengan masyarakat. Di sini, pemerintah akan bermain bisnis pada daerah yang sama dengan yang di­usa­hakan oleh masyarakat.

Ahmad Khaidir menuturkan, retail adalah bidang yang banyak digeluti oleh masyarakat. Mulai dari kelas kecil hingga sekelas pengusaha. Saat pemerintah ikut terjun di bidang itu, mesti ada penjelasan tujuannya apa, kemu­dian keuntungan untuk pere­konomian masyarakatnya akan seperti apa. Jika hal tadi tak dilakukan, dikuatirkan ini ber­dampak tidak baik atau bisa menimbulkan gejolak dengan pedagang atau pengusaha retail yang ada.

“Dari pihak DPRD, per­mintaan pelaksanaan hearing itu akan kita akomodir. Saya akan sampaikan di rapat internal ko­misi, kita usahakan sebelum 18 November peluncuran Minang Mart, hearing sudah terlaksana,” pungkasnya.

Sebelumnya, Ketua Asosiasi Pedang Ritel dan Grosir Sumbar, Sepriadi mengatakan, saat ini banyak pengusaha retail yang telah membangun usahanya tak setuju dengan kehadiran Minang Mart. Suara penolakan semakin gencar saat PT Retail Modern Minang (RMM) masuk sebagai pengelola. Menurut Sepriadi jika Minang Mart dikelola oleh PT RMM, ini bisa menimbulkan kecemburuan. Hal itu karena, Minang Mart dikelola oleh PT RMM yang notabene menggan­deng pemerintah. (h/len)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 08 April 2020 - 10:27:55 WIB

    DPRD Padang Harapkan PDAM Beri Keringanan Tagihan Air Warga

    DPRD Padang Harapkan PDAM Beri Keringanan Tagihan Air Warga PADANG, HARIANHALUAN.COM - Merebaknya virus Corona (Covid-19) membuat pemerintah memberikan keringanan kepada masyarakat, salah satunya dengan menggratiskan tagihan listrik bagi pelanggan 450 VA dan diskon 50 persen bagi pela.
  • Rabu, 08 April 2020 - 10:04:50 WIB

    RSUD Rasyidin Rumah Sakit Rujukan Corona, Ini Pesan DPRD pada Pemko Padang

    RSUD Rasyidin Rumah Sakit Rujukan Corona, Ini Pesan DPRD pada Pemko Padang PADANG, HARIANHALUAN.COM - DPRD Kota Padang berharap Pemerintah Kota Padang betul-betul memastikan kesiapan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Rasyidin Kota Padang dalam menampung pasien wabah corona, terutama kesiapan soal keter.
  • Rabu, 08 April 2020 - 09:33:36 WIB

    Cegah Corona, DPRD Padang Imbau Warga Isolasi Diri di Rumah

    Cegah Corona, DPRD Padang Imbau Warga Isolasi Diri di Rumah PADANG, HARIANHALUAN.COM - Pemerintah Kota Padang bersama DPRD Kota Padang, terus berusaha memutus mata rantai penyebaran wabah Covid-19 yang melanda Kota Padang. Untuk itu, masyarakat diharapkan tenang dan tidak resah. Seba.
  • Selasa, 07 April 2020 - 16:29:13 WIB

    DPRD Minta Pemko Padang Tingkatkan  Sosialisasi Bahaya Covid-19

    DPRD Minta Pemko Padang Tingkatkan  Sosialisasi Bahaya Covid-19 PADANG, HARIANHALUAN.COM - DPRD Kota Padang meminta Pemerintah Kota Padang,, untuk melakukan sosialisasi sampai ke pelosok kota untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19. .
  • Selasa, 07 April 2020 - 16:07:35 WIB

    DPRD Padang Minta Penimbun Masker Ditindak Tegas

    DPRD Padang Minta Penimbun Masker Ditindak Tegas PADANG, HARIANHALUAN.COM - Anggota DPRD Kota Padang Budi Syahrial Selasa (7/4) menilai, instruksi Walikota Padang Mahyeldi Ansharullah yang menegaskan jika warga tidak memakai masker keluar rumah maka kena denda oleh petugas,.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM